Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


7 Manfaat Daun Pegagan dan Cara Mengkonsumsinya

Tumbuhan pegagan atau sering disebut dengan daun tapak kuda memiliki nama latin Centella Asiatica merupakan salah satu jenis tumbuhan liar yang kerapkali tumbuh di tanah lembab dan terlebih lagi hidup di daerah pesawahan.

Walaupun dikatakan tumbuhan liar, bukan bearti pegagan tidak memilik manfaat bagi kesehatan. Buktinya, beberapa negara seperti China, Afrika, India dan lainnya menggunakan pegagan sebagai tumbuhan obat untuk mengatasi beragam penyakit, termasuk Indonesia.

Ketahui manfaat dari daun pegagan di artikel ini.

Nah, jika anda belum mengetahui manfaat pegagan bagi kesehatan, artikel ini mungkin berguna untuk anda.

1. Penghilang Stres Berlebihan

Senyawa kimia bernama triterpenoid adalah senyawa utama pada bagian daun pegagan. Khasiatnya dapat memberikan efek menenangkan suasana stres berlebihan. Selain itu, triterpenoid juga dapat membentu merevitalisasi pembuluh darah sehingga sirkulasi peredaran darah menjadi lancar.

2. Mengurangi Resiko Jantung Koroner

Peran aktif senyawa bramoside dapat mengurangi resiko terkena serangan stroke dan penyumbatan pembuluh nadi koroner. Cara kerjanya yaitu dengan melancarkan sirkulasi peredarah darah di seluruh tubuh.

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Daun pegagan juga seringkali dipercayai sebagai makanan bagi otak. Nyatanya hal itu benar adanya karena kandungan senyawa brahminoside. Senyawa ini merupakan sumber protein bagi sel otak dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecerdasan IQ dan daya ingat.

4. Menyamarkan Stretch Mark

Tingginya kandungan vitamin E dan senyawa terpenoid akan merangsang produksitivitas kolagen pada kulit. Sehingga, tanda stretch mark pada kulit akan berangsung menghilang jika anda menggunakannya secara rutin.

5. Sumber Antioksidan

Sebuah penelitian di Brazil membuktikan bahwa air rebusan daun pegagan sangat tinggi senyawa antioksidan dan bersifat sitotoksik. Adapun senyawa tersebut antara lain flavonoid, fenolat dan sebagainya. Kedua senyawa ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Berdasarkan laporan yang pernah diterbitkan dalam jurnal Medicine, ekstrak daun pegagan dapat mengurangi jaringan parut pasca operasi dan mempercepat proses penyembuhan akibat lika bakar, terkena knalpot kendaraan dan sebagainya. 

Mengingat khasiatnya, tak heran jika daun pegagan telah dijadikan sebagai bahan baku pembuatan selep, sabun, cairan antiseptik, cream pemutih dan sebagainya.

7. Melancarkan Sirkulasi Peredaran Darah

Kandungan senyawa triterpenes pada bagian daun memiliki khasiat anti peradangan untuk mengurangi pembengkakan serta melancarkan sirkulasi peredaran darah akibat dari varises dan gangguan penyakit pembuluh darah lainnya seperti kolesterol.

Untuk mengkonsumsi daun pegagan dilakukan dengan cara direbus terlebih dahulu seperti petunjuk berikut ini:
  • Sediakan 8 lembar daun pegagan segar dan cuci bersih
  • Rebus dengan 2 gelas air dengan api sedang hingga mendidih
  • Angkat dan tunggu hingga dingin
  • Minum air rebusan pegagan sebanyak 1 gelas
  • Aturan minum sebanyak 1 gelas di waktu pagi dan 1 gelas 1 malam hari
  • Cukup dikonsumsi 3 hingga 4 kali dalam seminggu
Catatan: jika penyakit telah sembuh, hentikan penggunaan. Untuk menjaga kesehatan, cukup dikonsumsi 1 minggu 1 kali saja.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 7 Manfaat Daun Pegagan dan Cara Mengkonsumsinya

0 komentar: