Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Tahapan Stadium Kanker Payudara 1, 2, 3, 4 (Wanita Wajib Tahu)

Pertumbuhan sel kanker payudara hingga berkembang menjadi tumor sebesar 1 cm dapat dikatakan tergolong lambat yakni membutuhkan waktu antara 8 hingga 12 tahun lamannya. 

Namun, tahapan selanjutnya ketika kanker memasuki stadium 1, perkembangan sel kanker justeru semakin agresif tak terkendali.

1. Stadium 1 (Stadium Awal)

Pada tahap ini telah tampak benjolan yang muncul di sekitar payudara, ukurannya masih kecil seperti bisul, tidak lebih dari 2 hingga 2,25 cm dan belum ada gejala signifikan yang dirasakan oleh penderita. Sifat sel kanker tidak menyebar dan masih berada pada satu titik. 

Gambar kanker payudara berdasarkan stadium tingkatan penyakit

Tingkat kesembuhan kanker payudara stadium 1 sebesar 70% atau dapat sembuh secara sempurna jika sel kanker masih berupa tumor kecil. Untuk meningkatkan persentase angka kesembuhan, anda tak perlu takut ketika gejala awal muncul maka segeralah lakukan konsultasi ke dokter ahli.

2. Stadium 2

Gejala yang ditimbulkan mulai dirasakan oleh si penderita dengan intensitas sering seperti munculnya rasa nyeri di sekitaran payudara.

Pada tahap stadium 2 kanker payudara telah terjadi penyebaran metastase pada jaringan kelenjar getah bening terdekatnya pada daerah ketiak. Ada kemungkinan, jumlah benjolan lebih dari satu, namun kemunculannya masih kecil.

Dokter memperkirakan, kesembuhan penderita secara total dapat mencapai angka 30% hingga 40% tergantung dari luas penyebaran jaringan sel kanker.

Tindakan medis yang akan dilakukan yakni pengangkatan jaringan sel kanker terutama pada daerah benjolan melalui jalan operasi. Selanjutnya, setelah dilakukan operasi, tindakan penyinaran pun akan dilakukan guna memastikan tidak ada lagi sel kanker yang tertinggal.

3. Stadium 3

Pada tahap ini, kondisi tumor sudah cukup besar dan sel sel kanker telah membuat struktur jaringan tersendiri hingga menyebar ke bagian organ terdekat seperti kelenjar getah bening di ketiak dan telah menyebar ke seluruh anggota badan. 

Sehingga, tindakan pengobatan pun hanya bertujuan untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Tindakan medis yang akan dilakukan pada tahap ini, pasien tetap menjalani kemotrapi dan pemberian obat antibiotik dosis tinggi untuk menghambat dan membasmi sel kanker. 

Jika telah ditemukan bahwa tumor telah merusak jaringan dan organ payudara, terkadang diperlukan tindakan pengangkatan organ tersebut atau dalam istilah medis dikenal dengan sebutan masektomi radikal.

4. Stadium 4

Stadium 4 terbagi menjadi 2 golongan yaitu stadium 4A dan 4B. Perbedaannya adalah stadium 4B sudah dikatakan dalam kondisi sangat parah yaitu suatu kondisi ketika payudara telah mengoreng. Sedangkan 4A masih terlihat merah memar.

Namun, gambaran secara keselururan tentang stadium 4 kanker payudara adalah sel sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh dan organ vital lainnya seperti tulang dada, kulit, paru paru, hati, otak, kelenjar getah bening, batang leher dan daerah terdekatnya.

Perawatan khusus pada tahapan ini sangat dibutuhkan. Upaya yang akan dilakukan seperti tahapan stadium 3 yakni menghambat dan memperpanjang usia si pasien.

Kanker payudara berkembang sangat cepat sejak si penderita di vonis pada tahapan stadium 1. Mengingat dampak buruknya bagi kesehatan hingga dapat mengancam jiwa seseorang, maka sangat diperlukan upaya pendeteksian secara dini dengan mengetahui gejala awalnya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Tahapan Stadium Kanker Payudara 1, 2, 3, 4 (Wanita Wajib Tahu)

0 komentar: