Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Waspada ! 3 dari 9 Faktor Penyebab Kanker Sering Anda Lakukan

Munculnya penyakit kanker pada tubuh seseorang berawal dari perubahan genetik atau mutasi DNA di dalam inti sel. Ketika itu terjadi, salah satu fungsi gen selaku pembawa intruksi untuk mengatur proses hidup dan matinya suatu sel akan terganggu. Akibat kesalahan instruksi dari gen tersebut, akan menyebabkan fungsi sel menjadi tidak normal dan tumbuh secara tak terkendali.

Penyebab perubahan materi genetik tersebut paling kuat dilatar belakangi oleh gen bawaan atau turunan dari anggota keluarga atau sesepuh yang pernah menderita kanker.

Dengan kata lain, jika ada anggota keluarga misalnya dari nenek, kakek atau orang tua memiliki riwayat penyakit kanker, maka anda, anak anda dan anggota keluarga lainnya memiliki peluang besar terkena penyakit yang sama.

Diantara penyebab kanker sering kita lakukan. Namun, selama ini tak pernah kita sadari.

Selain itu, ada beberapa faktor penyebab kanker lainnya yang patut di waspadai. Diantaranya:

1. Lingkungan Tempat Tinggal

Faktor lingkungan terkadang sulit untuk dihindari atau bahkan karena minimnya kepedulian terhadap kesehatan maka lingkungan disekitarnya diabaikan begitu saja.

Contoh faktor lingkungan yang dapat meningkatkan resiko terserang kanker antara lain:
  • Terlalu sering terpapar sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit
  • Aktivitas merokook atau terlalu sering menghirup asap rookok memicu pertumbuhan sel kanker di paru paru, mulut, kandung kemih dan laring
  • Terpapar radiasi ionisasi. Mereka yang bermukim di daerah pembangkit listrik tenaga nuklir, jaringan listrik bertegangan tinggi, ledakan bom atom dan sebagainya akan memacu pertumbuhan sel kanker
  • Menggunakan pengharum ruangan 

2. Infeksi Virus

Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan kanker antara lain:
  • Papilloma virus yakni virus yang dapat menyebabkan pertumbuhan kutil di organ reproduksi manusia. Diduga kuat menyebabkan kanker mulut rahim dan Mr. P
  • Virus hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati
  • Virus Epstein Bar menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan
  • Virus Sitomegalo menyebabkan sarkoma kaposi atau penyebab kanker sistem pembuluh darah

3. Infeksi Bakteri

Bukan hanya virus saja, ada beberapa jenis bakteri parasit memiliki potensi besar menyebabkan kanker. Diantaranya:
  • Bakteri Clonorchis penyebab kanker pankreas dan saluran empedu
  • Helicobacter Pylori dapat menyebankan kanker lambung karena dapat menimbulkan peradangan kronis di lambung
  • Infeksi menahun oleh bakteri Achistosoma dapat meningkatkan resiko terkena kanker kandung kemih

4. Gangguan Sistem Imun

Dalam kondisi normal, tubuh manusia dilengkapi dengan sistem pertahanan diri terhadap serangan infeksi bakteri, virus dan benda asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Ketika sistem imun bermasalah, ada pengaruh terhadap pengenalan benda asing. 

Akibatnya, benda asing yang masuk ke dalam tubuh tidak dimusnahkan dan mengendap. Kondisi ini lambat laun akan merangsang pertumbuhan sel kanker. 

Gangguan sistem kekebalan tubuh termasuk ke dalam katagori penyakit bawaan genetik atau disebabkan oleh infeksi virus seperti penyakit AIDS dan sebagainya.

5. Gangguan Hormon

Tubuh manusia memiliki ragam hormon dengan fungsi dan perannya masing masing. Salah satu hormon yang memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan sel adalah hormon esterogen. Sedangkan hormon progesteron memiliki peran untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel.

Jika kedua hormon tersebut mengalami gangguan fungsi, misalnya terjadi kelebihan hormon esterogen dan kekurangan hormon progesteron, maka akibatnya dapat meningkatkan resiko terserang kanker payudara, kanker prostat, kanker mulut rahim dan indung telur.

6. Radikal Bebas

Radikal bebas adalah gugus atom atau molekul yang memiliki elektron bebas tidak berpasangan. Radikal bebas dihasilkan proses metabolisme tubuh. Dapat dikatakan bahwa radikal bebas adalah zat sisa.

Selain itu, radikal bebas juga dapat kita temukan dari luar tubuh. Seperti paparan sinar matahari, berasal dari makanan dan minuman mengandung bahan kimia, polusi udara dan sebagainya.

Contohnya saja, ketika anda mengkonsumsi makanan mengandung kadar pengawet dan kimia sintesis, maka produksi radikal bebas di dalam tubuh akan meningkat drastis. Jika ini terjadi secara terus menerus, radikal bebas dapat merangsang perubahan materi genetik dan memicu sel kanker.

Selanjutnya adalah tanpa disadari beberapa kebiasaan berikut ini dapat meningkatkan resiko terserang kanker.

7. Stres Berkepanjangan

Stres berat berkepanjangan dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan. Syaraf syaraf tegang akan menjadikan sel hiperaktif dan dapat merubahnya menjadi ganas. Akibatnya, akan terjadi kanker.

8. Gaya Hidup

Merokook, melakukan hubungan badan di usia dini, sering berganti ganti pasangan, mengkonsumsi minuman beralkoohol adalah diantara faktor gaya hidup yang tidak sehat. Jika dilakukan beberapa penyakit kanker pun akan dirasakan seperti kanker mulut, penyakit menular, kanker hati dan sebagainya.

9. Makanan dan Minuman Yang Anda Konsumsi

Berdasarkan penelitian oleh para ahli, sekitar 80 - 90 % penyebab kanker berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Diantara makanan yang dapat menyebabkan kanker diantaranya:
  • Makanan melalui proses fermentasi, di bakar, diasap dan diasinkan
  • Minuman beralkoohol dan berprisa (soda)
  • Makanan berpengawet dan mengandung zat pewarna 
  • Makanan terpapar logam berat seperti merkuri
Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab kanker di atas, selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menghindari atau menghentikannya jika hal tersebut sering kita lakukan. 

Selebihnya, lakukan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi buah dan sayuran serta olahraga secar teratur adalah diantara banyak cara untuk mencegah penyakit kanker.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Waspada ! 3 dari 9 Faktor Penyebab Kanker Sering Anda Lakukan

0 komentar: