Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Pantangan Sakit Demam Berdarah Agar Cepat Sembuh

Penyakit demam berdarah menimbulkan banyak gejala, diantaranya berupa rasa mual berlebihan, muntah muntah dan sakit perut.

Dengan keadaan tersebut, tak semua asupan makanan dapat masuk ke dalam lambung karena sistem pencernaan si penderita tidak berkerja dengan baik. Solusinya adalah memberikan asupan makanan bernutrisi tinggi untuk menghindari resiko kekurangan cairan tubuh.

Hindari beberapa jenis makanan ini untuk mempercepat kesembuhan pasien dbd.

Selain itu, selama masa sakit sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan pantangan demam berdarah agar proses kesembuhan semakin cepat. Diantara makanan tersebut antara lain :

1. Makanan Berwarna Merah

Contohnya saja buah naga termasuk dalam katagori makanan berwarna merah yang sebaiknya dihindari. Pada dasarnya buah tersebut baik untuk penderita dbd. Namun, untuk menghindari kepanikan dari si penderita ketika muntah karena salah kaprah dianggap sebagai darah, maka makanan jenis ini harus dihindari.

2. Makanan Bersifat Asam

Makanan dengan kandungan asam dapat membuat tingkat peradangan di lambung semakin parah. Selain itu, dampaknya juga dapat meningkatkan frekuensi mual dan muntah. Makanan asam tersebut contohnya seperti jambu air, kedondong, jeruk dan lainnya.

3. Makanan Kemasan dan Cepat Saji

Pada dasarnya kedua jenis makanan ini tidak baik dikonsumsi oleh semua orang. Hal ini dikarenakan, makanan dalam kemasan cenderung memiliki kandungan pengawet dan zat adiktif yang dapat menggangu sistem kekebalan tubuh. Begitu juga makanan cepat saji biasanya diolah dengan cara tidak benar dan cenderung mengandung lemak trans dan telah mengalami perubahan sturuktur nilai gizi.

4. Makanan Pedas

Infeksi virus dengue mengakibatkan iritasi di lambung. Mengkonsumsi makanan pedas dapat membuat kondisi semakin parah karena makanan tersebut bersifat panas dan menimbulkan masalah gangguan pencernaan. Maka dari itu, selama sakit hindari makan cabai, saus pedas, merica dan sebagainya.

5. Makanan Asin

Menurunnya jumlah tombosit darah dapat mengakibatkan kekentalan darah. Sehingga si pasien sangat membutuhkan asupan cairan dan makanan bernutrisi tinggi. Mengkonsumsi makanan asin dapat meningkatkan darah menjadi kental. Untuk itu, hindari segala makanan dan minuman asin.

6. Minuman Kemasan

Selama sakit penderita demam berdarah akan mengalami dehidrasi dan kekurangan cairan. Namun, bukan bearti asupan cairan berasal dari minuman kemasan. Justeru sebaliknya jika mengkonsumsi minuman tersebut, maka dehidrasi akan semakin parah.

Diantara minuman tersebut antara lain softdrink, minuman bersoda, mengandung kadar alkohool dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis pantangan makanan demam berdarah yang harus dihindari selama sakit hingga 1 minggu setelah kesembuhan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line

Related : 6 Pantangan Sakit Demam Berdarah Agar Cepat Sembuh

0 komentar: