Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Manfaat Es Batu Untuk Wajah dan Efek Samping Bagi Kulit

Ketika cuaca panas melanda, es batu bersamaan dengan air perasan jeruk, juice buah, teh manis dan minuman menyegarkan lainnya adalah solusi terbaik untuk melegakan suasana dahaga.

Selain sebagai penghilang rasa haus, ternyata es batu dapat kita manfaatkan untuk kecantikan wajah. Walaupun trik ini hanya sederhana, namun memberikan hasil cukup memuaskan. Misalnya saja untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Belum lagi lainnya.


Lakukan hal ini secara rutin dan anda akan mendapatkan manfaatnya berikut ini !

1. Mengecilkan Pori Pori Kulit

Mereka yang memiliki pori pori terbuka lebar di kulit wajah cenderung akan mendapatkan masalah jerawat dan kulit berminyak. Menggosokkan balok es pada permukaan kulit wajah secara rutin dapat membantu mengecilkan pori pori kulit.

2. Mencerahkan Kulit

Sentuhan suhu dingin es batu pada permukaan kulit wajah dapat membantu merubah pigmen kulit secara perlahan lahan dan mengangkat sel kulit mati. Kombinasi antara campuran es batu dan buah mentimun akan menambah khasiatnya untuk mencerahkan kulit kusam.

3. Mengurangi Minyak Berlebihan di Wajah

Jika anda termasuk salah satu orang yang memiliki type kulit berminyak, maka mengoleskan es batu selama 5 menitan sebelum berada di luar ruangan dengan cuaca panas dapat menjadi solusi untuk mengatasi minyak berlebihan di kulit wajah.

4. Menyamarkan Bopeng

Ketika jerawat telah sembuh, bukan bearti masalah akan hilang. Sebagian besar akan meningkatkan masalah lainnya seperti flek hitam dan bopeng. Nah, salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan es batu dan rebusan daun binahong.


Cara menggunakannya:
  1. Sediakan 4 lembar daun binahong segar
  2. Cuci bersih dan rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih, kemudian angkat
  3. Diamkan hingga dingin
  4. Tambahkan beberapa butir balok es batu uuran kecil
  5. Jika air sudah dingin, rendam kapas wajah ke dalam air rebusan tersebut
  6. Peras kapas dan usapkan di wajah
  7. Lakukan secara berulang kali selama 10 menitan setiap harinya

5. Menyamarkan Mata Panda

Kondisi lelah karena tidur terlalu larut malam dan stres berkepanjangan dapat membuat lingkatan hitam di sekitar mata. Untuk menghilangkannya, oleskan balok es ukruan kecil setiap malam hari sebelum tidur, maka lama kelamaan mata panda akan menghilang.

6. Mencegah Penuaan Dini

Ketika kulit wajah mendapatkan suhu dingin, aliran darah akan berjalan lambat sejenak. Namun, setelahnya sensasi dingin hilang maka aliran darah akan menjadi lancar. Nah, kondisi ini sangat menjadikan proses peremajaan kulit semakin cepat.

Bahaya Es Batu Untuk Wajah

Kami sarankan jika anda ingin menggunakan es batu sebagai bahan utama untuk perawatan wajah, maka gunakan es batu yang terbuat dari air matang dan steril. 

Jika anda menggunakan es batu yang terbuat dari air mentah, maka ada ada efek samping yang akan di timbulkan seperti gatal gatal dan iritasi kulit. Bahkan, dapat membuat jerawat semakin parah.

Hal tersebut dikarenakan, es batu dari bahan air mentah mengandung kuman dan bakteri. 

Walaupun kuman dan bakteri tersebut mati karena suhu dingin, namun jika anda kenakan ke wajah maka kuman dan bakteri yang terperangkap di dalam bekuan es tersebut akan masuk ke celah pori pori kulit ketika anda mengoleskannya di wajah. Kondisi ini dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Efek samping es batu lainnya, mungkin anda akan merasakan sensasi mati rasa dalam waktu beberapa saat karena perubahan suhu. Untuk itu, oleskan es batu di wajah sebaiknya dengan gerakan melingkar dan berpindah pindah dalam durasi 2 detik.

Selain itu, jangan gunakan es batu jika kulit wajah anda baru saja terpapar sinar matahari terik atau setelah berolahraga. Hal tersebut justeru dapat membuat kulit wajah rusak dan pecah pecah mengelupas. Sebaiknya gunakan di rumah dalam kondisi santai.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Manfaat Es Batu Untuk Wajah dan Efek Samping Bagi Kulit

0 komentar: