Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


8 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Tahukah anda bahwa manfaat daun kemangi di benua Eropa dan negara India dijadikan sebagai obat untuk meredakan batuk. Pembuatan obat tersebut diolah melalui serangkaian proses oksidasi atau pengeringan hingga menjadi teh kemangi.

Dikala pergantian musim panas ke dingin, banyak dari mereka menggunakan teh daun kemangi untuk menghangatkan tubuh, meredakan batuk pilek, meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagainya dengan cara menyeduh teh kemangi dengan air panas dan dicampur sedikit gula.

Jika anda belum mengetahui khasiat daun yang seringkali dijadikan lalapan ini, coba membaca artikel ini lebih lanjut.

Itulah, kilasan tentang khasiat daun kemangi bagi kesehatan. Selain itu, masih banyak manfaat lainnya seperti:

1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Selain wortel, kemangi juga memiliki kandungan betakaroten dan vitamin A cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin dalam bentuk teh atau dimakan secara langsung sebagai lalapan, maka menjaga fungsi penglihatan anda walaupun usia semakin tua

2. Baik Untuk Kulit

Minyak atsiri dan kandungan vitamin C pada bagian daun kemangi ternyata berguna untuk menjaga elastisitas kulit dan mengangkat sel kulit mati. Buktinya, banyak produk kesehatan masa kini menggunakan minyak atsiri kemangi untuk dijadikan pembuatan lotion pelembab, minyak gosok, parfum dan sebagainya.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dan beta karoten adalah mineral penting dengan fungsi untuk menjaga ksehatan jantung. Mengkonsumsi kemangi secara berkala dipercaya dapat memperkuat kesehatan jantung anda.

4. Meningkatkan Vitalitas Pria

Manfaat daun kemangi bagi pria sangat berguna untuk memperkuat ketahanan hidup sel speerma terhadap kondisi asam ketika hendak menuju ke sel telur.

Sehingga proses pembuahan akan terjadi. Hal ini dikarenakan daun kemangi mengandung senyawa eugenol dan apigenin fenkhona mampu merangsang terbentuknya hormon estrogen dan androgen. Selain itu, khasiat dari kedua senyawa tersebut adalah dapat meningkatkan kualitas ereeksi mr. P.

5. Anti Penuaan

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, sel sel darah dan organ tubuh lainnya sehingga proses penuaan akan semakin cepat. Untuk mengurangi efek dari radikal bebas, senyawa antioksidan pada kemangi dapat mencegah itu semua.

6. Menambah Nafsu Makan

Selain untuk lalapan, kemangi sangat cocok ditambahkan pada menu masakan pepes ikan, karedok, trancam dan sebagainya. Wangi khas dari aroma kemangi dapat menggugah selera makan menjadi lebih lahap.

7. Baik Untuk Penderita Anemia

Salah satu mineral pada daun kemangi adalah zat besi. Khususnya bagi penderita anemia, zat besi sangat dibutuhkan untuk membantu hemoglobin guna membentuk sel darah merah.

8. Menyembuhkan Batuk

Seperti ulasan singkat di atas, kini banyak negara maju hingga kini telah mengekstrak kemangi dalam bentuk kapsul dan teh. Khasiatnya yaitu untuk meredakan batuk dan mengatasi penyakit infeksi saluran pernafasan bagian atas seperti pilek, amandel dan sebagainya.

Tanpa perlu diolah daun kemangi sebenarnya dapat dikonsumsi dalam kondisi mentah. Dengan catatan, pastikan daun kemangi dalam kondisi dicuci bersih dan tidak mengandung senyawa kimiawi dari pestisida.

Selain itu, cara pengolahan daun kemangi dapat dibuatkan teh dengan serngkaian proses oksidasi atau dikeringkan pada terik sinar matahari. Kemudian, untuk menikmatinya diseduh layaknya membuat minuman teh pada umumnya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

0 komentar: