Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Manfaat Buah Mengkudu dan Efek Sampingnya

Pace atau buah mengkudu sejak lama memang telah dikenal sebagai tanaman obat. Sayangnya, tak semua orang menyukai buah tersebut. Alasannya karena mengeluarkan bau tak sedap dan terasa sangat pahit. Selain itu, bentuknya juga tidak menarik untuk dikonsumsi. Bahkan, jika musim buah tiba, mengkudu dibiarkan begitu saja berserakan tanpa dimanfaatkan.

Walaupun demikian, sedikit orang memanfaatkan buah mengkudu diolah sebagai minuman jamu, jus hingga menjadi bahan baku pembuatan suplemen.

Temukan ragam khasiat buah mengkudu dan ketahui efek sampingnya diartikel ini.

Anda yang belum mengetahui manfaat buah mengkudu bagi kesehatan dapat membaca penjelasan berikut ini:

1. Membasmi Bakteri Parasit di Dalam Tubuh

Ada sejumlah bakteri parasit yang dapat menimbulkan ragam penyakit seperti diare, demam, kolera, TBC, typus dan lainnya. Bakteri tersebut antara lain bakteri E. Coli, Salmonella, S. typhi,  Staphylococcus Aureus dan sebagainya.

Kandungan senyawa antibakteri pada buah mengkudu seperti L. asperuloside, Acubin, alizarin dan beberapa zat antraquinon terbukti secara klinis sebagai zat anti bakteri.

2. Menetralisir Radikal Bebas

Tingginya kandungan vitamin C pada bagian buah memiliki khasiat sebagai sumber antioksidan alami dan dapat membantu menetralisir partikel partikel terkecil berbahaya yang diproses dari sisa metabolisme tubuh.

3. Memperbaiki Sel Rusak

Senyawa fitokimia bernama terpenoid dapat membantu metabolisme tubuh dalam proses sintesa organik dan mempercepat proses pembulihan sel sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas, pasca operasi, infeksi virus dbd dan sebagainya.

4. Meracuni Sel Kanker

Ada sejumlah senyawa alami yang memiliki peran aktif dalam mencegah dan membasmi sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Diantaranya kandungan senyawa terpenoid, asam ursolat dan limonen bermanfaat untuk mencegah proses pembelahan sel kanker ganas, menginduksi sel kanker untuk melakukan apoptosis (membunuh dirinya sendiri) dan menstimulasi kelenjar tymus pada tubuh memproduksi sel limfosit T dengan tujuan untuk menghancurkan sel abnormal.

5. Anti Tumor

Damnacanthal adalah sejenis anthraquinon pada buah mengkudu memiliki sifat anti tumor. Cara kerja dari senyawa ini adalah menghambat dan menghentikan aliran darah ke jaringan tumor. Dengan begitu, perkembangan tumor akan terhenti dan pada akhirnya sel sel penyebab tumor akan hancur dengan sendirinya.

6. Menyembuhkan Penyakit Kardiovalkuler

Penyakit kardiovalkuler adalah penyakit yang berkaitan dengan gangguan sistem pembuluh darah. Seperti stroke, jantung, tekanan darah tinggi, penumpukan kolesterol dan sebagainya. Berkat kandungan senyawa antioksidan seperti flavonoid, terpenoid, dan sejumlah mineral serta vitamin penting lainnya dapat mengatasi itu semua.

Cara Mengolah Buah Mengkudu

Cara mengolah buah mengkudu yang salah dapat meninggalkan aroma bau menyengat dan tidak enak untuk diminum. Tips di bawah ini, dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut.

Menjadi Minuman Segar / Jamu:
  1. Sediakan 2 buah mengkudu matang mengkal
  2. Kupas kulitnya dan buang bijinya, yang diambil bagian daging buahnya saja
  3. Cuci hingga bersih
  4. Sirami daging buah mengkudu dengan air hangat
  5. Blender hingga halus bersamaan dengan 1/4 gelas air matang
  6. Untuk menghilangkan rasa pahit, anda dapat menambahkan 2 sdm madu murni / 2 sdm gula aren
  7. Minum secara rutin
Menjadi Kapsul:
  1. Sediaan 4 buah mengkudu matang mengkal
  2. Ambil bagian daging buahnya saja 
  3. Potong tipis menjadi beberapa bagian dan cuci bersih
  4. Jemur hingga kering di terik matahari menggunakan wadah khusus dalam kondisi steril
  5. Jika sudah kering, blender hingga halus seperti serbuk
  6. Masukkan ke dalam kapsul, takaran dosis 1 buah kapsul yakni 250 mg, 400 mg atau 500 mg

Efek Samping Buah Mengkudu dan Dosis Minum

Walaupun memiliki ragam manfaat bagi kesehatan, nyatanya sisi lain buah mengkudu memiliki kandungan kadar kalium cukup tinggi. Jika dikonsumsi pada penderita asam urat dan memiliki masalah pada organ ginal dapat menimbulkan gangguan ginjal semakin parah.

Selain itu, bagi seorang wanita hamil dan ibu menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi jus buah mengkudu ataupun dalam bentuk kapsul. Jika dilihat secara historis, buah ini memiliki sisi negatif yaitu dapat menggugurkan kandungan.

Jika dikonsumsi sesuai aturan, efek samping tersebut tak perlu dikuatirkan. Dosis minum untuk pengobatan yakni 2 buah mengkudu segar atau 1 kapsul 400 mg dikonsumsi 2 kali sehari dan dalam 1 minggu cukup digunakan 3 kali pemakaian. Selebihnya, anda dapat berkonsultasi dengan ahli herbal.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Manfaat Buah Mengkudu dan Efek Sampingnya

0 komentar: