Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker

Kanker disebabkan oleh mutasi gen dalam sel secara tak terkendali dan mengalami pertumbuhan begitu cepat. Sel sel tersebut bersifat parasit karena dapat menghancurkan sel sehat dan dapat membuat struktur jaringan tersendiri untuk merusak organ disekitarnya serta dapat menyebar ke seluruh jaringan tubuh.

Salah satu upaya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut dan mempercepat proses kesembuhan ketika sedang menjalani pengobatan yaitu dengan cara menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu proses pembelahan sel semakin cepat.


Setidaknya ada 9 jenis makanan pantangan penderita kanker yang harus dihindari. Diantaranya:

1. Makanan Yang Mengandung Penguat Rasa

Vetsin, MSG, natrium dan sebagainya adalah penguat rasa yang sebagian besar terdapat pada makanan kemasan dan bumbu penyedap masakan. Selain dapat menurunkan kinerja fungsi otak, efek samping lainnya dapat menjadi pemacu sel kanker tumbuh lebih ganas.

2. Makanan Diolah Dengan Cara di Bakar / Panggang

Makanan hangus melalui proses di bakar atau dipanggang kecenderungan mengalami perubahan stuktur gizi seperti mengandung lemak trans, terkontaminasi dengan logam dari pemanggang dan sebagainya. Selain itu, makanan jenis ini bersifat karsinogenik yang dapat memicu sel kanker bermutasi kian agresif.

Contohnya seperti:
  • Sate
  • Ayam bakar
  • Lele bakar
  • Daging bakar
  • dan sebagainya

3. Gula atau Makanan Manis

Bukan hanya penderita penyakit diabetes saja yang harus memperhatikan takaran gula harian, penderita kanker juga wajib memperhatikan asupan gula setiap harinya. Jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan. 

Kenapa makanan manis dilarang bagi seorang sakit kanker ? Hal ini dikarenakan glukosa berlebihan di dalam tubuh dapat dimanfaatkan oleh sel kanker sebagai sumber makanan utama untuk meningkatkan proses pembelahan sel semakin cepat. 

4. Daging

Hampir semua jenis daging seperti daging sapi, babi, kerbau, kambing, unggas termasuk burung, bebek, ayam dan sebagainya tidak disarankan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan, sebagian besar besar ternak tersebut diberikan pakan ternak dan suntikan hormon untuk memacu pertumbuhan ternak semakin cepat. Selain itu daging juga mengandung tinggi lemak.

Sebenarnya masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging, tapi hanya daging ayam kampung contohnya. Asalkan ayam kampung tersebut dijamin pakannya tanpa menggunakan pakan ternak, suntik hormon dan sebagainya.

Namun, jangan mengkonsumsinya terlalu sering, tidak banyak dan pastikan hanya bagian dagingnya yang dikonsumsi, sedangkan jeroan, kulit, lemak dan sebagainya dibuang.

5. Hewan Laut

Kepiting, udang, cumi cumi, kerang, dan sebagainya termasuk ke dalam makanan yang harus dihindari penderita kanker. Walaupun bernutrisi tinggi, tapi memiliki dampak negatif bagi penderita penyakit kanker. Namun, tak semua jenis hewan laut dilarang. Yang diperbolehkan antara lain : ikan tenggiri, ikan krisi merah, ikan salmon dan lainnya.

6. Produk Olahan Hewan Laut dan Daging

Dikarenakan daging dan beberapa jenis hewan laut tidak disarankan untuk dikonsumsi, secara otomatis produk turunannya juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain :
  • Bakso
  • Soto
  • Kerupuk ikan
  • Kerupuk udang
  • Empek empek
  • Kricu
  • Kretek
  • Nugget
  • Terasi
  • Sosis
  • Ikan asin 
  • dan sebagainya.
Namun, penderita kanker masih dapat mencicipi lezatnya bakso dengan bahan utama daging ikan tenggiri. Akan tetapi tetap saja harus menghindari penggunaan penyedap rasa dalam masakan.

7. Makanan Kemasan dan Cepat Saji

Sebagian besar makanan dalam kemasan telah ditambahkan bahan pengawet makanan dan penguat rasa untuk bertahan lama. Kandungan nitrit pada makanan tersebut ketika masuk ke dalam tubuh akan dikonversi menjadi N-nitrosamine. Zat ini merupakan salah satu racun yang dapat memicu perkembangan sel kanker.

Selain itu, makanan cepat saji juga patut dihindari. Karena sebagian besar darinya berasal dari makanan kemasan dan diolah dengan cara di bakar atau di panggang.

8. Minuman Berkarbonasi dan Mengandung Alkohool

Hal ini dikarenakan, kedua minuman tersebut terdapat campuran gula sintesis dan pengawet. Yang mana akibatnya dapat menyebabkan gangguan sistem peredaran darah dan menjadi sumber makanan bagi sel kanker.

9. Buah dan Sayuran

Tak semua jenis buah dan sayuran dapat dinikmati. Seperti buah lengkeng, cabai, durian, anggur, duku, nangka, nanas dan sayuran sawi putih, kangkung, tauge dan sebagainya masuk ke dalam daftar pantangan kanker.

Kenapa tidak diperbolehkan ? Buah dan sayuran tersebut dapat menurunkan jumlah oksigen di dalam darah dan memiliki kandungan alkohool.

Penderita kanker sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus. Namun, harus tetap memperhatikan bahan dasar yang akan dimasak.

Kami sarankan kepada anda segera melakukan konsultasi dengan dokter ahli gizi dengan tujuan untuk mengetahui makanan harian yang akan anda konsumsi.

Selain itu, konsistensi untuk tidak mengkonsumsi makanan pantangan kanker hingga sembuh harus dijalani setiap harinya. Selalu berfikir positif dan yakin untuk sembuh menjadi point penting untuk mempercepat proses pengobatan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker

0 komentar: