Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Ukurannya Kecil, Tapi 9 Manfaat Buah Kiwi Sungguh Luar Biasa

Jika dilihat dari bentuk, ukuran dan warna kulitnya, buah kiwi mirip sekali dengan sawo. Namun ketika di belah menjadi dua bagian, kiwi berbeda dari buah sawo.

Tekstur bagian dalam buah kiwi sangat lembut dan ketika dibelah menjadi dua bagian tampilannya sangat eksotis dan terdapat biji berukuran kecil di sekitaran inti daging buah. Memiliki aroma wangi dan rasanya begitu menyegarkan ketika di makan.

Hampir sebagian besar kandungan buah kiwi terdiri dari senyawa antioksidan seperti flavonoid, xanthophyll, lutein, karoten dan lainnya. Selain itu, terdapat juga beberapa mineral utama yang paling banyak ditemukan pada daging buahnya, antara lain:
  • 1,5 mg Vitamin E
  • 40,3 μg Vitamin K
  • 25 μg Asam folat
  • 17 mg Magnesium
  • 14, 66 gr Karbohidrat
  • 8,9 gr Glukosa
  • 3,00 gr Serat Pangan
  • 312 mg Kalium
  • 92,7 mg Vitamin C 
  • 34 mg Fosfor
  • Dan lainnya
Sudah tahukah anda khasiat dari buah kiwi bagi kesehatan ? Jika belum, baca artikel ini.

Walaupun ukurannya kecil, namun manfaat buah kiwi untuk kesehatan sangat luar biasa. Diantaranya:

1. Membantu Program Diet

Rendahnya kandungan kalori dan lemak menjadikan buah kiwi sangat baik untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Sebuah penelitian dilakukan oleh pakar kesehatan Dr. Paul la Chance seorang profesor di Universitas Rutgers, Amerika Serikat kemudian dimuat dalam Jurnal of the American College of Nutrition menyatakan bahwa kepadatan nutrisi buah kiwi lebih tinggi dari 27 jenis buah yang ia teliti.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah kiwi adalah sumber asam amino arginin dan glutamat. Kedua zat ini memiliki sifat vasodilator di dalam tubuh manusia. Yaitu sebuah zat yang memberikan efek untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya plak pada dinding arteri.

3. Sumber Antioksidan Alami

Vitamin C dan E pada buah kiwi adalah sumber antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab penuaan sel sel dan pemicu timbulnya ragam penyakit. Mengkonsumsi buah kiwi secara teratur dapat meningkatkan kualitas kebersihan darah. Sehingga, anda lebih kebal terhadap serangan penyakit.

4. Obat Flu Alami

Vitamin C juga memiliki peran penting dalam membantu mempertahankan kondisi tubuh ketika terjadi serangan infeksi virus flu. Cara kerjanya yaitu memberikan stimulasi peningkatan kekebalan sistem imunitas. Dengan begitu, ketika sakit proses penyembuhan akan semakin cepat.

5. Meningkatkan Stamina

Khususnya untuk pria, buah kiwi sangat dianjurkan dikonsumsi secara rutin terutama 1 jam sebelum melakukan aktivitas di atas ranjang bersama dengan pasangan. Padatnya kadar nutrisi pada buah ini dapat menggantikan cairan elektrolit tubuh akibat keluarnya keringan dan cairan speerma setelah beraktivitas.

6. Mencegah Jantung Koroner

Sejumlah senyawa fitokimia pada bagian daging buah kiwi seperti flavonoid, karoten, lutein, xanthopyll dan vitamin C serta vitamin E memiliki peran sebagai antioksidan alami untuk mencegah kerusakan pada dinding pembuluh darah dengan cara mengikis plak di sepanjang pembuluh darah.

7. Mencegah Dehidrasi

Khasiat buah kiwi lainnya yaitu dapat menjaga fungsi otot dan gerak refleks sistem syaraf. Hal ini dikarenakan kiwi sangat tinggi akan kandungan kalium. Mengingat manfaatnya, buah ini sangat dianjurkan bagi mereka seorang olahragawan atau seorang pekerja berat.

8. Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Asam folat sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Oleh sebab itu, seorang wanita hamil atau ingin merencanakan kehamilannya dalam waktu dekat, mengkonsumsi buah kiwi sangat dianjurkan.

9. Mencegah Kanker

Banyaknya senyawa antioksidan pada buah kiwi memiliki peran kuat untuk mencegah terjadinya kerusakan gen dan sel akibat radikal bebas. Dengan begitu, resiko terkena penyakit kanker akan semakin berkurang. Disarankan untuk mengkonsumsi buah kiwi setelah makan makanan yang dibakar atau makanan yang mengandung karsinogen.


Bagaimana cara makan buah kiwi?

Untuk mendapatkan khasiatnya, buah kiwi dapat dimakan dengan cara memotongnya menjadi dua bagian kemudian ambil daging buahnya menggunakan sendok dan dimakan begitu saja. Atau dengan cara mengupas kulit buahnya terlebih dahulu untuk mengambil bagian dagingnya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Ukurannya Kecil, Tapi 9 Manfaat Buah Kiwi Sungguh Luar Biasa

0 komentar: