Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


8 Khasiat Akar Alang Alang dan Cara Mengolahnya

Semua orang pastinya telah mengenalinya, yaitu tumbuhan obat yang seringkali dianggap sebagai rumput dan tidak memiliki guna. Namun, bicara soal khasiatnya tak semua orang mengetahuinya.

Alang alang dapat ditemukan di mana saja, di hutan, di lapangan rumput, sisi jalan, kebun dan di lahan lahan kosong asalkan mendapatkan sinar matahari secara cukup. Sebagian besar orang menganggapnya sebagai gulma karena alang alang dapat tumbuh subur dan menyerap nutrisi makanan di sekitar tanaman utama.

Bahkan jika ia tumbuh tak perlu pikir panjang, banyak orang mencabutnya hingga memberantasnya dengan racun rumput. Buruknya citra tanaman tersebut ternyata masih memiliki sisi positif yaitu dapat memberikan manfaat begitu luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Ternyata ilalang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Diantara manfaat dan khasiat dari akar alang alang antara lain:

1. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Cara mengolahnya cukuplah mudah:
  • 100 gr Akar alang alang dalam kondisi bersih
  • 15 gr Daun meniran hijau
  • 15 gr Kunyit
  • 800 cc Air bersih
  • Rebus semua bahan menjadi satu hingga menyisakan 300 cc air
  • Saring rebusan alang alang ini, tambahkan gula batu atau 2 sdm madu murni
  • Minum secara rutin diwaktu pagi dan malam hari
Jika tensi darah sudah turun, hentikan penggunaan.

2. Menghentikan Pendarahan

Ketika daun sirih sulit ditemukan dan anda berada ditengah lapangan atau hutan, seketika itu ada teman atau anda sendiri terjatuh dan menimbulkan luka di kulit serta memang. Dalam kondisi ini anda dapat menggunakan akar alang - alang untuk menghentikan pendarahan,a anti bakteri dan meredakan rasa nyeri.

Caranya yaitu, tumbuk halus akar alang alang yang sudah di cuci bersih kemudian baluri pada bagian terluka.

3. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Adapun ramuan herbalnya antara lain:
  • 100 gram Akar alang alang segar
  • 30 gram Daun sendok kering
  • 2 Liter air bersih
  • Rebus kedua bahan di atas hingga menyisakan 300 cc. Pastikan anda merebusnya dengan api sedang
  • Konsumsi air rebusan ini setelah makan dengan dosis minum 2 kali sehari dalam 1 minggu cukup 4 kali penggunaan

5. Penghilang Dahaga dan Penurun Demam

Anda mungkin terkenjut, akar alang alang ternyata memiliki nilai jual begitu tinggi. Diantaranya dapat dijadikan jamu, minuman menyegarkan hingga sebagai bahan baku pembuatan produk serbuk alang alang dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, ilalang juga memiliki efek farmakologis dengan khasiat sebagai tumbuhan antiporetik (penurun panas) dan menghilangkan rasa haus.Wajar saja, hingga saat ini banyak minuman kesehatan dari ilalang dalam kemasan telah banyak beredar.

6. Meluruhkan Batu Ginjal

Seorang ahli herbal bernama Tuty Handayani S.Pd lulusan PGK Gizi Fapoltan IPB menyebutkan bahwa akar alang alang dapat difungsikan sebagai obat untuk meluruhkan batu ginjal. Cara mengolahnya yaitu:
  • 60 gram Ilalang segar kondisi segar
  • 30 gram Daun kejibeling basah
  • 600 cc Air bersih
  • Rebus kedua bahan hingga tersisa sebanyak 200 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari. Dalam 1 minggu cukup digunakan 4 kali saja. Jangan lupa lakukan kontrol kesehatan secara rutin untuk melihat perkembangannya.

7. Mencegah Pembekuan Darah

Hasil penelitian di Universitas Jepang, senyawa imperanene pada ilalang memberikan efek menghambat agregasi yaitu mencegah pembekuan darah pada penderita penyakit infark jantung atau serangan jantung disebabkan oleh penumpukan plak, kolesterol jahat dan sisa metabolisme tubuh.

8. Melancarkan Sirkulasi Peredaran Darah dan Efek Diuretik

Kandungan Cylindol A pada akar alang alang memiliki khasiat untuk menghambat enzim lipoksigenase. Dengan terhambatnya lipoksigenase, maka pembentukan prostaglandin yang menimbulkan rasa nyeri pada otot akan terhambat pula. Kandungan lainnya seperti Cylendrene berkhasiat dapat mencegah kontraksi pembuluh darah pada otot polos sehingga sirkulasi peredaran darah tetap lancar.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Khasiat Akar Alang Alang dan Cara Mengolahnya

0 komentar: