Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


10 Gejala Penyakit Kanker Stadium Awal Yang Sering Terabaikan

Sebagian besar penderita kanker seringkali terlambat menyadari bahwa di dalam tubuhnya terdapat sel kanker.

Tak jarang ditemukan pada sebagian besar kasus, ketika seseorang terdiagnosa bahwa tubuhnya terdapat sel kanker, hal yang sangat mengejutkan diketahui olehnya bahwa penyakit kanker sudah memasuki stadium 2 hingga 3 dan itu tergolong cukup parah.

Hal tersebut dikarenakan pada umumnya penyakit kanker tanpa menimbulkan gejala secara signifikan. Jika ada gejala pun, seringkali dianggap sebagai penyakit biasa.

Mengingat akan bahaya penyakit kanker bagi kesehatan karena dapat merusak sel sel dan jaringan sehat disekitarnya bahkan cenderung merenggut korban jiwa, maka sangat penting sekali untuk mengetahui ciri ciri penyakit kanker sejak dini agar upaya pengobatan dapat segera dilakukan.

Berikut ini adalah 8 gejala kanker stadium awal yang sering dianggap penyakit biasa:

1. Kelelahan Sepanjang Waktu

Walaupun kondisi kelelahan bukan kepastian bahwa seseorang mengidap kanker, namun hal ini dapat menjadi salah satu indikator sel kanker sedang berkembang di dalam tubuh. Apalagi jika kelelahan yang dirasakan tak kunjung hilang sepanjang waktu. Kelelahan biasanya disertai rasa kantuk berlebihan.

2. Infeksi Rongga Mulut

Hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh. Ketika sistem pertahanan tubuh melemah akibat perkembangan sel kanker semakin agresif, maka seseorang akan semakin sering mengalami infeksi rongga mulut seperti sering mengalami sariawan, radang tenggorokan, pembengkakan amandel, bau mulut dan sebagainya.

3. Sering Mengalami Sakit Kepala dan Demam

Merasakan pusing dan sakit kepala terlalu sering bisa jadi indikasi kuat bahwa seseorang menderita kanker. Namun, persentasenya berkisar hanya 65% karena penyakit lainnya juga memiliki gejala serupa.

Ilustrasi Pembelahan Sel Kanker
Seorang penderita kanker sering mengalami pusing dan sakit kepala dipicu karena mutasi sel kanker semakin agresif. Dikarenakan sel kanker dianggap sebagai benda asing di dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh melakukan perlawanan dengan cara meningkatkan suhu tubuh. Alhasil, si penderita juga akan sering mengalami demam.

4. Penurunan Berat Badan

Jika berat badan menurun ketika menjalani program diet, maka hal ini dikatakan normal. Namun, ketika beban tubuh turun secara signifikan hanya dalam waktu beberapa bulan terakhir tanpa sebab, maka kondisi ini patut dicurigai bahwa sel kanker menyerap nutrisi tubuh sehingga menyebabkan tubuh menjadi kurus.

5. Benjolan Lunak

Penyakit kanker awal mulanya berasal dari sel abnormal. Dari sel abnormal ini terus menerus akan membelah diri tak terkendali. Kemudian membentuk jaringan. Ketika jaringan telah terbentuk, maka sel kanker akan menyatu dengan daging.

Karena laju pertumbuhan sel tak terkendali, maka jaringan di dalam tubuh akan menonjol keluar. Benjolan dapat berbentuk seperti bisul kecil dan pada akhirnya akan membesar terasa lunak atau keras dan menimbulkan luka lesi.

6. Gangguan Buang Air Kecil

Gejala kanker berikut ini biasanya terjadi pada seorang pria, yaitu ketika ada perasaan selalu ingin buang air kecil. Bukan hanya itu saja, terkadang atau seringkali air seni keluar menetes tak terkendali. Kondisi bisa jadi menandakan ciri ciri kanker prostat.

7. Rasa Sakit dan Berdenyut

Ketika benjolan kecil mulai kelihatan, pada umumnya si penderita akan merasakan sakit pada daerah tersebut. Apalagi jika benjolan tersebut ditekan. Tak hanya itu saja, jika si penderita mengidap jenis kanker kelenjar getah bening di leher dan payudara, ia pun akan merasakan seperti deyutan nadi pada benjolan tersebut dan jika dilihat denyutan itu akan tampak aktif.

8. Batuk Berkepanjangan dan Nyeri Dada

Ada beberapa jenis kanker seperti tumor paru paru dan leukimia memberikan gejala berupa rasa nyeri di dada dan batuk berkepanjangan. Terkadang rasa nyeri akan dirasakan secara meluas hingga ke bawah lengan dan bahu.

9. Perubahan Tak Lazim di Tahi Lalat

Normalna, tahi lalat hanya memiliki satu warna atau dua warna saja yaitu kecoklatan, hitam kecoklatan, dan sebagaina. Akan tetapi jika tahi lalat diserta gatal, mengeluarkan cairan, nyeri dan memiliki banyak warna, hal tersebut merupakan petanda kanker kulit.

10. Sakit Ketika Menelan

Ketika kita sedang batuk atau radang tenggokan, rasa sakit menjadi hal biasa. Namun, ketika rasa sakit dirasakan pada saat menelan sering terjadi apalagi disertai dengan gejala lanjutan seperti muntah muntah dan penurunan berat badan, maka kondisi ini bisa jadi indikasi penyakit kanker tenggorokan dan nesofaring.

Perlu anda ketahui bahwa, jika anda menemukan salah satu atau beberapa gejala penyakit kanker yang telah kami sebutkan di atas terjadi pada diri anda, maka bukan serta merta diri anda di vonis pasti mengidap kanker.

Jika terlalu sering terjadi, indikasi kuat kemungkinan itu bisa terjadi. Maka dari itu, untuk memastikan apakah di dalam tubuh anda terdapat sel kanker aktif, sangat dianjurkan bersegera melakukan konsultasi ke dokter ahli dan melakukan uji laboratorium seperti pemeriksaan sampel darah, CT Scan dan sebagainya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 10 Gejala Penyakit Kanker Stadium Awal Yang Sering Terabaikan

0 komentar: