Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1 Tanpa Disadari

Kanker kelenjar getah bening adalah suatu penyakit sangat berbahaya disebabkan oleh mutasi sel  abnormal pada jaringan kelenjar getah bening.

Dikatakan sangat berbahaya dikarenakan mengingat jaringan tersebut merupakan pusat sistem daya tahan tubuh yang berisi sekumpulan sel sel darah putih. Dapat pula dikatakan, jaringan kelenjar getah bening seperti pabrik sistem imun berfungsi untuk menghalau infeksi kuman, virus, bakteri dan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Dapat dibayangkan, apa yang akan terjadi jika pusat sistem imunitas tubuh kita mengalami gangguan ? Tentu saja, dapat menganggu kondisi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan seperti tubuh akan sangat rentan terserang penyakit hingga dapat merenggut jiwa si penderitanya.

Ketahui gejala awalnya agar peluang sembuh semakin besar.
Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di Leher
Terlambat dalam pengobatan dapat mengakibatkan sel kanker menyebar dan menginfeksi ke jaringan tubuh lainnya.

Untuk itu kenali beberapa ciri ciri dan gejala kanker kelenjar getah bening stadium awal berikut ini:

1. Pembengkakan Kelenjar

Tubuh manusia terdapat sekitar 600 jaringan kelenjar getah bening yang tersebar di seluruh bagian tubuh seperti pangkal paha daerah selangkangan, perut, daerah diafragma paru paru, leher, bawah ketiak, di bawah daun telinga dan lainnya.

Pembengkakan adalah gejala utama yang mudah dikenali. Pada umumnya, kanker kelenjar getah bening sebagian besar terjadi pada bagian tubuh tertentu saja seperti daerah sekitaran leher, bawah ketiak dan sekitaran dada.

Benjolan dapat mnyerupai bisul atau bengkak seperti luka memar. Jika ditekan terasa lunak dan awalnya tidak sakit.

2. Rasa Berdenyut di Benjolan

Munculnya benjolan dan pembengkakan juga akan menimbulkan gejala lainnya seperti rasa berdenyut denyut namun tidak sakit. Gejala ini akan dirasakan oleh penderitanya jika sel kanker tumbuh di daerah sekitaran leher, dada dan bawah ketiak. Denyutan juga dapat diamati secara fisik. Ciri cirinya berdenyut lebih cepat dari denyutan nadi.

3. Sering Mengalami Infeksi Rongga Mulut

Sel kanker akan menginvasi sistem sirkulasi peredarahn darah dan mempengaruhi sel limfosit yang akan disirkulasikan ke seluruh tubuh. Akibatnya, kekebalan tubuh penderita akan menurun dan sangat rentan dengan serangan penyakit infeksi.

Diantara, si penderita akan sering mengalami sariawan, radang tenggorokan, batuk pilek dan sebagainya.

4. Demam Tinggi, Linu Otot dan Sakit Kepala

Ketika daya tahan tubuh menurun, demam dapat terjadi akibat infeksi dan gangguan sirkulasi peredaran darah. Demam tinggi bisa mencapai 37 derajat celcius. Selain itu, si penderita juga akan merasakan keringat dingin terutama di waktu malam, otot otot terasa lemas dan linu serta sakit kepala berkunang kunang selama demam terjadi.

5. Kelelahan

Gangguan pada salah satu jaringan kelenjar getah bening akibat pertumbuhan sel kanker dapat menganggu kualitas darah yang membawa sari makanan dan kadar oksigen. Kelelahan dapat terjadi sepanjang waktu walaupun tanpa aktivitas bearti.

6. Perut Terasa Penuh

Jika sel kanker terdapat pada jaringan kelenjar di dekat pankreas dan organ perut maka akan menimbulkan gangguan pencernaan dan menimbulkan masalah lainnya di organ sekitarnya. Perut kembung terkadang akan dirasakan sepanjang waktu.

Selain beberapa tanda tanda di atas, gejala lainnya berupa penurunan berat badan tubuh dalam kurun waktu beberapa bulan dan nafsu makan menurun adlaah gejala sakit kanker secara umum.

Ketika menemukan salah satu atau beberapa tanda tersebut pada diri anda, maka kami menyarankan segeralah lakukan medical check up untuk mengetahui apakah gejala sebut sebagai benar adanya atau tidak. Jangan takut mengunjungi dokter, karena semakin dini sel kanker terdeteksi maka anda memiliki peluang besar untuk sembuh secara total.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1 Tanpa Disadari

0 komentar: