Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


11 Faktor Penyebab Kanker Serviks Paling Utama

Kanker serviks atau lebih dikenal dengan sebutan kanker leher rahim adalah suatu penyakit disebabkan oleh pertumbuhan sel sel abnormal pada organ reproduksi wanita, tepatnya terjadi pada serviks uterus atau pintu masuk ke arah dinding rahim antara rahim dan liang senggama.

Pada mulanya perkembangan sel kanker di mulut rahim cukup lama yakni membutuhkan waktu antara 5 hingga 10 tahun. Hingga menunjukkan gejala serius barulah si penderita akan merasakan dan menyadari bahwa ia terkena kanker serviks.

Dengan mengetahui penyebabnya anda dapat menghindari resiko terserang kanker serviks.

Kanker mulut rahim pada umumnya terjadi pada wanita usia 30 tahun hingga 50 tahun. Namun, belakangan ini usia bukan lagi mejadi faktor pasti penyebab kanker ganas ini. Setidaknya adalah beberapa faktor penyebab kanker serviks yang harus diwaspadai oleh wanita, diantaranya:

1. Infeksi HPV

Hampir sebagian besar penderita kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV atau human papilloma virus. Setidaknya ada beberapa varian virus papilloma yang seringkali ditemukan dan menyebabkan sel normal bermutasi menjadi sel kanker, diantaranya HPV tipe 16, 18, 45 dan 56.

Gejala awalnya cukup mudah dikenali yaitu ketika bibir luar mulut rahim ditumbuhi kutil, maka sangat berkemungkinan besar bahwa ini adalah petanda kanker rahim.

2. Sering Berganti Pasangan

Perilaku menyimpang turut menjadi salah satu penyebab utama dari sebagian kasus yang ditemukan. Wanita yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan badan sangat rentan terserang virus papilloma.

3. Seorang Perokok

Zat adiktif dan senyawa kimia berbahaya pada rokook dapat menimbulkan ragam permasalahan bagi kesehatan. Salah satunya dapat meningkatkan resiko kanker.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan bertahun tahun dapat menjadi penyebab kanker serviks seperti :
  • Menggunakan sembarangan air ketika membasuh organ kewanitaan. Mewaspadai hal ini, ketika anda buang air kecil di toile umum sedangkan kondisi airnya kotor sebaiknya tidak menggunakannya. Ada baiknnya menggunakan air dalam kemasan botol
  • Sering menggunakan celana dalam kotor secara berulang kali. Seorang wanita wajib mengganti celana dalam mereka secara rutin, paling tidak 1 hari minimal 2 kali.

5. Menikah di Usia Muda

Ketika seorang wanita menikah di bawah usia 18 tahun, maka ia memiliki peluang 2 kali lebih rentan terserang kanker ganas ini.

Hal ini dikarenakan, peralihan dari masa anak anak ke usia dewasa akan melibatkan berbagai macam perubahan secara signifikan pada mulut rahim. Perubahan tersebut diantaranya munculnya hormon esterogen yang membuat sel sel pada dinding liang senggama menjadi tebal, perubahan jaringan epitel dan sebagainya.

Ketika masa perubahan ini belum terlalu sempurna dengan adanya benda asing masuk atau cairan speerma di dalamnya, maka kondisi ini akan mengangu sel sel epitel dan terkadang dapat membuatnya menjadi abnormal hingga terbentuknya sel kanker.

6. Penggunaan Antiseptik

Antiseptik deodoran biasanya digunakan bertujuan untuk menghilangkan bau tak sedap. Namun, kandungan kimia di dalamnya dapat membuat iritasi kulit dan dapat merangsang pertumbuhan sel abnormal. Menggunakan antiseptik tak ada salahnya ketika masa menstruasi datang, namun pastikan produk tersebut terbuat dari bahan alami dan lolos izin edar.

7. Dampak Negatif Pembalut

Ketika masa menstruasi datang, pembalut kerapkali menjadi solusi agar aktivitas diluar ruangan dapat berjalan lancar. Anda perlu mewaspadai ketika memilih pembalut wanita, serbuk pembeku dan bahan pembuatan pembalut terkadang tidak hieginis. Pilihlah produk yang memiliki licensi izin edar dan terbukti aman.

8. Kehamilan Terlalu Sering

Hasil penelitian ahli kesehatan membuktikan bahwa wanita yang memiliki banyak anak terutama dengan jarak kelahiran terlalu dekat dapat meningkatkan resiko terserang kanker serviks.

9. Defisiensi Gizi

Kekurangan nutrisi pada wanita seperti kurang asupan asam folat , beta karoten dan vitamin A juga dapat meningkatkan perkembangan jaringan tidak normal di mulut rahim.

10. Efek Pil KB

Pil KB digunakan untuk mencegah kehamilan. Namun, ada efek samping yang ditimbulkan. Mengkonsumsi pil KB dalam jangka panjang juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Mengingat dampaknya, anda harus memikirkan alternatif lain untuk mencegah kehamilan seperti penggunaan kontrasepsi IUD.

11. Gen / Riwayat Keturunan

Penyakit kardiovaskuler seperti jantung, diabetes termasuk kanker dapat diturunkan melalui faktor genetika. Ketika ada anggota keluarga dari ibu, ayah, kakek dan nenek terserang penyakit tersebut maka resiko terserang penyakit yang sama menjadi 2 kali lipat.

Setelah anda membaca beberapa faktor penyebab kanker serviks di atas, diantaranya disebabkan karena faktor kebiasaan buruk dan prilaku menyimpang.


Jika ada suatu tanda keanehan seperti organ kewanitaan mengeluarkan cairan lendir berwarna putih berbau, maka segeralah untuk melakukan konsultasi ke dokter kandungan atau dokter penyakit dalam untuk mencegah hal buruk terjadi.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 11 Faktor Penyebab Kanker Serviks Paling Utama

0 komentar: