Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Waspada ! Ternyata Daun Kemangi Dapat Menimbulkan Efek Samping

Kandungan daun kemangi terdiri dari vitamin B6, vitamin A, vitamin C, vitamin E, forfor, zat besi, senyawa flavonoid, eugenol dan sebagainya. 

Sejumlah vitamin, mineral dan senyawa fitokimia tersebut memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia diantaranya sebagai antioksidan alami, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan batuk, manambah nafsu makan dan sebagainya.

Daun kemangi ternyata memiliki efek samping. Anda harus mengetahui informasi ini.

Disamping itu, daun kemangi ternyata memiliki efek samping bagi kesehatan jika digunakan tidak sesuai aturan atau dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Beberapa efek samping daun kemangi antara lain:

1. Gangguan Pernafasan dan Jantung Berdebar

Senyawa eugenol pada daun kemangi ternyata dapat memberikan beberapa efek samping bagi tubuh kita seperti jantung berdebar dan nafas menjadi pendek. Untuk itu, konsumsi secukupnya terutama bagi penderita penyakit jantung.

2. Menurunkan Kesuburan Wanita

Kebalikannya, bagi seorang wanita yang hendak merencakan kehamilan dalam waktu dekat disarankan tidak mengkonsumsi daun kemangi dalam bentuk apapun karena dapat menurunkan masa subur bagi sel telur.

3. Penurunan Kadar Gula

Daun kemangi memang memiliki sifat hipoglikemiks. Sehingga baik untuk penderita penyakit diabetes. Akan tetapi, jika dikonsumsi dalam jumlah besar maka penurunan kadar gula di dalam darah mungkin saja dapat terjadi secara signifikan. 

Resiko bagi mereka yang memiliki gula darah normal dapat menimbulkan gejala mual, pusing dan kelelahan. Selain itu, bagi seorang diabetes ada baiknya mengkonsumsi daun kemangi tidak bersamaan dengan obat penurun gula darah.

Jika dikonsumsi tidak terlalu sering, misalnya hanya seminggu 2 kali maka tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Selain itu, apabila anda hendak menjadikan daun kemangi sebagai lalapan maka pastikan daun kemangi dalam kondisi bersih dan bebas dari pestisida. Jika ini diabaikan maka residu pestisida akan meningkatkan radikal bebas di dalam tubuh dan cenderung mengakibatkan ragam penyakit.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Waspada ! Ternyata Daun Kemangi Dapat Menimbulkan Efek Samping

0 komentar: