Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


8 Cara Mencegah Kanker Serviks Pada Wanita Sejak Dini

Salah satu cara untuk mencegah kanker serviks sejak dini pada diri seorang wanita adalah dengan melakukan vaksinasi HPV. 

Vaksinasi HPV diberikan dengan tujuan untuk mencegah infeksi virus papilloma yang menjadi penyebab utama kanker serviks. Sangat disarankan terutama bagi seorang wanita yang memiliki faktor resiko keturunan untuk mendapatkan vaksin ini sebelum memasuki usia remaja atau usia produktif. 

Lakukan beberapa hal ini untuk mencegah munculnya sel kanker pada rahim

Selain solusi di atas, ada beberapa cara mencegah kanker serviks yang perlu anda lakukan. Diantaranya:

1. Konsumsi Sayuran 

Brokoli, kembang kol dan kerabatnya adalah beberapa diantara jenis sayuran hijau yang dapat mencegah pertumbuhan kanker di serviks. Cara ini adalah langkah alami untuk meminimalisi resiko terserang serviks kanker.

2. Jaga Kebersihan Organ Reproduksi

Mengganti pakaian dalam secara rutin 1 hari minimal 2 kali, menggunakan air bersih untuk membasuh miss V, tidak menggunakan sabun dengan kadar PH tinggi untuk membasuh organ kewanitaan adalah diantara kebiasaann baik yang dapat mengurangi resiko terserang kanker mulut rahim. 

3, Hindari Pembalut Wanita Berbahaya

Anda harus jeli dalam masalah ini. Sebab, tak semua jenis pembalut wanita aman digunakan. Sikapnya, pilihnya produk pembalut yang terbuat dari bahan alami dan tidak menggunakan bahan kimia. Pastinya produk tersebut lolos izin edar dan mendapat sertifikat aman untuk digunakan.

4. Jauhi Aktivitas Sekssual di Usia Muda

Penelitian membuktikan bahwa aktivitas sekksual di bawah usia 18 tahun dapat meningkatkan resiko 2 kali lebih rentan terkena kanker serviks. 

Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh peralihan dari masa anak anak ke usia dewasa akan melibatkan beragam perubahan secara signifikan pada mulut rahim, salah satunya adanya perubahan jaringan epitel. Jika proses transisi ini belum sempurna kemudian ada benda atau cairan asing seperti speerma yang masuk dari liang senggama maka sel sel epitel terkadang dapat bermutasi menjadi sel kanker. 

5. Hindari Kelahiran Dalam Jarak Dekat

Waktu kehamilan dan kelahiran antara anak sebelumnya dengan kehamilan sekarang ada baiknya direncanakan. Melahirkan dengan rentang waktu cukup dekat dapat menggangu kesehatan organ reproduksi karena liang senggama belum terlalu pulih dan siap untuk menerima janin keluar.

6. Hindari Rookok

Pada dasarnya kegiatan merookok dapat mengganggu kesehatan dan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti menjadi penyebab kanker mulut, nesofaring termasuk kanker mulut rahim. 

7. Hindari Pil KB

Pil KB memang dapat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Namun, menggunakan pil KB secara tidak teratur dan dikonsumsi dalam jangka panjang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Solusi lainnya, anda dapat menggunakan alternatif lain seperti menggunakan kontrasepsi IUD.

Baca : gejala kanker serviks stadium awal

8. Lakukan Pap Smear

Pap Smear adalah metode screening untuk mendeteksi sel sel kanker di leher rahim sejak dini. Pemeriksaan dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi apakah ada kelainan sel pada rahim. Jika ada, maka akan segera dilakukan pengobata. Menurut para dokter, Pap Smear sebaiknya dilakukan sejak usia 21 tahun ke atas.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Cara Mencegah Kanker Serviks Pada Wanita Sejak Dini

0 komentar: