Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Cara Mencegah Kanker Prostat di Usia Muda

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker ganas yang paling ditakuti oleh semua pria. Bagaimana tidak, pertumbuhan sel kanker yang tak terkendali dapat merusak jaringan kelenjar prostat dan sekitarnya. Selain itu, dampak buruknya juga akan menimbulkan permasalahan keharmonisan rumah tangga hingga berujung pada kematian.

Di negara Indonesia sendiri, angka prevalensi kanker prostat cukup tinggi yaitu 11 per 100.000 penduduk. Menurut data WHO, angka tersebut menjadi faktor penyebab kematian ketiga terbanyak pria di Indonesia


Untuk menghindari hal buruk tersebut terjadi, ada beberapa faktor yang dapat anda lakukan untuk mencegah resiko terserang kanker prostat, diantaranya:

1. Kurangi Konsumsi Daging dan Lemak Hewani

Mengkonsumsi daging terlalu sering tidak baik bagi tubuh, karena pada umumnya daging mengangung kadar lemak tinggi yang dapat menggangu sirkulasi peredaran darah karena menumpuknya kolesterol pada pembuluh darah, termasuk pada pembuluh darah menuju ke Mr. P.

2. Minum Air Putih Secara Teratur

Kebiasaan ini dapat mencegah pengentalan darah melancarkan saluran percernaan dan membuat sirkulasi peredarah darah menjadi lancar. Selain itu, manfaat minum air putih dapat tempat pembuangan urin menjadi bersih dan mencegah kanker prostat di usia muda.

3. Konsumsi Makanan Kaya Zink

Uniknya organ prostat membutuhkan jumlah mineral zink terbanyak dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Kekurangan zink dapat meningkatkan resiko pembesaran prostat karena kelebihan hormon steroid.

Untuk menghindari resiko tersebut, anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan zink, seperti gandum, kepiting, biji labu. jamur tiram, daging domba, lobster, cumi cumi dan sebagainya.

4. Kurangi Kafein dan Hindari Alkohool

Kafein pada kopi dapat meningkatkan produksi urin dan selalu memiliki keinginan untuk berkemih. Bau kopi pada air seeni juga dapat dapat memicu iritasi saluran kemih atau tekanan pada uretra. Jika berlarut, dapat meningkatkan resiko pembesaran prostat. Begitu juga dampak buruknya 

5. Konsumsi Likopen

Likopen adalah salah satu golongan antioksidan yang sangat kuat untuk mencegah dan memperlambat beberapa jenis kanker seperti kanker prostat dan kanker payudara. Anda dapat menemukan likopen pada buah berwarna merah seperti tomat, buah naga, jambu merah dan sebagainya.

6. Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin dapat membuat sistem peredaran darah menjadi lancar, sehingga dapat mencegah tubuh kita terhindari dari segala macam penyakit seperti terhindari dari penyakit degeneratif. Aktivitas olahraga juga dapat menjaga stamina dan mencegah kanker prostat.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Cara Mencegah Kanker Prostat di Usia Muda

0 komentar: