Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Cukup 6 Cara Alami Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel

Satu satunya cara jitu untuk memutihkan gigi dalam waktu hitungan menit adalah dengan melakukan flossing dan bleacing di dokter gigi. Kedua cara tersebut dilakukan untuk membersihkan karang gigi dan mengurangi pigmen warna kuning yang menempel pada gigi.

Namun, anda harus siap dengan pengeluaran tambahan selain kebutuhan pokok bulanan yang telah direncanakan.

Selain dengan cara tersebut, cara lainnya untuk menghasilkan gigi putih dalam waktu singkat yaitu dengan menggunakan produk pemutih gigi. Sayangnya, sebagian besar produk ini memiliki kandungan zat asam dan peroksida. Sangat beresiko menimbulkan pengeroposan enamel gigi dan sebagainya.

Lakukan salah satu atau beberapa cara berikut ini. Lihat hasilnya, gigi tampak putih dengan cepat.

Sehingga selain mengunjungi dokter gigi. cara memutihkan gigi secara alami sangat dianjurkan. Walaupun hasilnya tidak sesingkat itu, namun aman tanpa menimbulkan masalah dikemudian hari. Beberapa diantaranya antara lain:

1. Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah makanan dengan kandungan banyak serat dan kalsium. Serat pada buah ketika dikunyah akan membersihkan sisa makanan yang menempel di sela gigi. Sedangkan kalsium dalam memberikan nutrisi pada gigi.

Selain itu, buah dan sayur dapat merangsang kelenjar ludah untuk memproduksi air liur dalam jumlah banyak. Air liur ini merupakan salah satu antibakteri yang alami yang dikeluarkan oleh mulut. Sehingga memakan sayur dan buah setelah makan, terutama makan siang itu sangat baik.

Beberapa jenis buah dan sayur yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain jeruk, semangka, pir, apel, sunkist, strawberry, wortel, mentimun, kurma, aprikot, brokoli dan lainnya.

2. Lemon

Lemon merupakan buah dengan kandungan asam sitrat lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Zat asam sitrat tersebut dapat merubah pigmen kuning di gigi. Anda hanya cukup menyiapkan buah lemon dan belah menjadi beberapa bagian dengan bentuk bulat. Kemudian gosokkan pada gigi dan bersihkan gigi anda dengan berkumur. Lebih mudahnya, langsung dapat dikonsumsi.

3. Cengkeh

Cengkeh adalah rempah-rempah yang banyak tumbuh di negara kita yait indonesia. Cengkeh bermanfaat untuk kesehatan gigi. Maka dari itu tak heran lagi jika orang jawa jaman dahulu sering memakan sirih untuk membersihkan gigi agar gigi kuat dan sehat.

4. Garam dan Mustrad Oil

Garam  dan Mustard oil merupakan paduan bahan alami yang baik untuk kita gunakan memutihkan gigi. Caranya yaitu basahi sikat gigi dengan mustrad oil terlebih dahulu, kemuadian tempelkan garam pada sikat gigi sedikit saja. Selanjutnya, gunakan untuk menggosok gigi anda.

5. Konsumsi Susu dan Makanan Terbuat Dari Susu

Susu adalah makanan yang memiliki sumber kalsium tinggi. Kalsium ini sangat dibutuhkan untuk membuat gigi anda tampak lebih putih, menjaga produksi air liur untuk membasmi kuman dan bakteri serta menguatkan gigi.

6. Air Putih

Hal sederhana tapi jangan sampai anda lupakan yakni mengkonsumsi air putih. Air putih itu sangat baik untuk kesehatan tubuh serta gigi anda. Air putih sangat baik dikonsumsi 2 liter untuk setiap harinya. Dan mengkonsumsi air putih setelah makan sangat baik untuk gigi anda, supaya sisa makanan tidak menempel pada gigi.

Selain melakukan berbagai cara mudah memutihkan gigi secara alami diatas, anda juga harus memperhatikan hal-hal yang harus anda hindari maupun anda lakukan dibawah ini:

  • Hal yang harus dihindari

Menghindari mengkonsimsi kopi dan teh. Bukan tidak boleh, akan tetapi untuk mengurangi mengkonsumsinya. Karena jika anda terlalu sering dan banyak mengkonsumsi kopi dan teh dapat menimbulkan noda pada gigi. Selain itu, hindari pula mengkonsumsi makanan beraroma kuat dan hentikan kebiasaan merookok.

  • Hal yang harus dilakukan

Jagalah kebersihan gigi anda. Karena jika gigi telah putih, bukan bearti akan permanen putih selamanya. Beberapa faktor seperti berasal dari makanan, sisa makanan, minum kopi terlalu sering, penuaan dan sebagainya akan membuat gigi kembali menguning.

Untuk itu menjaga kebersihan gigi dengan cara menggosok gisi minimal 2 kali sehari secara benar dan teratur wajib dilakukan. Terutama 30 menit setelah makan besar.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Cukup 6 Cara Alami Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel

0 komentar: