Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Apa Itu Kanker ? Inilah Proses Terjadinya Penyakit Kanker

Apa itu penyakit kanker ?

Kanker adalah suatu penyakit disebabkan oleh pembelahan sel yang tak terkendali akibat kelainan Gen. Seringkali sel tersebut dinamai dengan istilah sel abnormal.

Perlu anda ketahui bahwa, disetiap tubuh makhluk hidup terdapat gen yang memiliki peran sangat penting untuk mengatur proses pembelahan sel dan mengatur siklus hidup dan mati suatu sel. Gen tersebut juga akan memastikan bahwa sel baru yang terbentuk adalah replika dari induknya dengan tujuan untuk menggantikan sel tua atau sel yang telah rusak agar sistem metabolisme tubuh berjalan normal.

Gambar sel kanker mengalami mutasi

Ketidaknormalan dalam proses pembelahan sel tersebut akan menghasilkan sel abnormal atau sel kanker. Sel abnormal dapat terjadi di organ tubuh manapun dilatar belakangi oleh banyak faktor dari dalam tubuh dan luar tubuh. 

Proses Terjadinya Kanker

Sel kanker pada awalnya hanya terdiri dari satu sel atau beberapa sel saja dari hasil proses pembelahan tersebut akibat kelainan Gen. Namun, jumlah sel kanker akan terus meningkat karena sel tersebut terus mengalami proses pembelahan diri. Pada akhirnya, sel kanker akan membentuk jaringan tersendiri hingga menggumpal. Kondisi ini akan memicu pembentukan tumor dan pada akhirnya akan muncul di permukaan kulit.

Pembentukan tumor terbagi menjadi 2 yaitu tumor jinak dan tumor ganas. 

Perbedaan keduanya, tumor jinak tumbuh secara lambat dan tidak mengalami proses metastasis. Sedangkan tumor ganas atau penyakit kanker berkembang sangat cepat dan dapat menyebar keseluruh jaringan tubuh (metastasis) serta merusak jaringan tubuh terdekatnya.

Tumor ganas akan tumbuh sangat cepat. Hal ini dikarenakan jaringan sel kanker telah menyatu dengan pembuluh darah sehingga sel kanker mendapatkan pasokan gizi dalam jumlah cukup.

Mekanisme Pertumbuhan Sel Kanker

Kelainan gen yang terjadi disebabkan oleh kerusakan struktur rantai DNA (Deoxyribonucleic Acid) atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan Asam Nukleat.

Di dalam asam nukleat terdapat materi genetik untuk mengatur seluruh bentuk kehidupan, mulai dari fase pertumbuhan hingga kematian. Salah satu akibatnya, kerusakan DNA dapat menyebabkan kelainan gen yang mengontrol siklus hidup dan matinya suatu sel.

Kerusakan materi genetik ini dilatar belakangi oleh banyak faktor, meliputi :
  1. Faktor genetik atau keturunan bawaan (faktor bawaan / dari dalam tubuh)
  2. faktor lingkungan seperti paparan sinar ultraviolet matahari, radiasi ioninasi dan lainnya (faktor dari luar tubuh)
  3. Infeksi virus dan bakteri parasit (faktor dari luar tubuh)
  4. Kelainan sistem kekebalan tubuh  (faktor dari dalam tubuh)
  5. Radikal bebas
  6. Gangguan hormon (faktor dari dalam tubuh) dan,
  7. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung senyawa karsinogen (faktor dari luar tubuh)
Beberapa faktor di atas dapat memicu kelainan gen hingga berakibat pada munculnya sel kanker.

Dapat pula kita katakan bahwa kanker adalah sel yang kehilangan kendali dari fungsi normalnya dan bergerak sendiri tanpa mengikuti perintah sistem kendali gen dan sistem otak.

Lebih jelasnya, simak proses pembelahan sel kanker melalui video di bawah ini:


Itulah uraian singkat tentang apa itu kanker. Semoga dengan penjelasan secara singkat ini dapat memberikan wawasan kepada kita semua.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Apa Itu Kanker ? Inilah Proses Terjadinya Penyakit Kanker

0 komentar: