Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


7 Penyebab Jerawat Batu di Pipi Dagu dan Dahi Serta Pencegahan

Dikatakan jerawat batu hal itu dikarenakan ukurannya besar dan keras jika dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Jerawat jenis ini pada umumnya hanya muncul di permukaan kulit wajah seperti di pipi, dagu, dahi dan kening.

Tapi tak menutup kemungkinan, ia akan tumbuh di daerah daun telinga dan sekitar leher.

Sebagian besar masalah ini dialami oleh remaja pada rentang usia 13 hingga 20 tahun.

Tentu saja masalah tersebut dapat merusak penampilan, menimbulkan rasa malu karena wajah adalah salah satu bagian tubuh yang terlihat oleh banyak orang.

Bukan hanya itu saja permasalahannya, kehadirannya kerapkali menggangu seperti menimbulkan rasa gatal, sangat sakit ketika disentuh, menimbulkan iritasi kulit, hingga berakibat pada peradangan kulit secara meluas karena berisi cairan nanah di dalam permukaan kulit.

Jerawat batu di dagu
Sebagian besar orang mengira, jerawat jenis ini dilatar belakangi akibat dari mengkonsumsi kacang secara berlebihan. Benarkah ?

Mari kita simak bersama uraian lebih lanjut di bawah ini untuk mengetahui penyebab pastinya.

Berikut ini adalah 7 penyebab utama jerawat batu antara lain:

1. Perubahan Hormon

Penyebab yang satu ini memang tak dapat dihindari karena semua orang akan merasakannya. Masa perubahan hormon sangat aktif biasanya akan terjadi pada usia pubertas. Selain itu, wanita hamil dan memasuki masa monoupose juga turut mempengaruhi.

Adapun hormon yang mempengaruhi perubahan bentuk kulit yaitu hormon androgen. Jumlah hormon androgen berlebihan di dalam tubuh akan memacu kelenjar microkospik di bawah permukaan kulit wajah untuk memproduksi sebum (minyak) secara berlebihan.

Produksi sebum berlebihan juga dapat dipengaruhi oleh siklus menstruasi tidak teratur pada seorang wanita.

2. Genetik

Ada beberapa jenis kulit yang telah dikelompokkan oleh pakar kecantikan. Diantaranya adalah kulit type normal, kering, berminyak, sensitif dan kembinasi dari ke empatnya.

Nah, untuk jenis kulit berminyak, sensitif dan kombinasi memiliki resiko besar terserang jerawat batu terutama di usia pubertas dan wanita haid. Faktor ini memang tidak dapat dicegah karena bawaan genetik secara turun temurun.

Ada baiknya jika anda termasuk ke dalam type kulit berminyak, sensitif dan kombinasi, maka perhatikan asupan makanan yang anda konsumsi seperti tidak mengkonsumsi makanan mengandung kolesterol, lemak, junk food dan sejenisnya.

3. Sel Kulit Mati

Sel kulit mati diduga berasal dari proses keratinisasi. Proses tersebut dipercepat dengan adanya infundibulum folikel rambut. Proses keratinisasi menghasilkan pengerasan sel kulit ari yang umum disebut dengan sel kulit mati.

Sel kulit ari yang telah mati tersebut akan menutupi folikel rambut sehingga penyumbatan terjadi.

Kondisi tersebut menjadi penyebab munculnya komedo.

Selain itu proses keratinisasi pada kulit dipicu oleh stimulasi fisik dan sinar UV. Oleh karena itu terpaparnya kulit oleh sinar matahari secara berlebih dapat memperparah jerawat anda.

Bakteri penyebab jerawat akan tumbuh cepat pada sel kulit mati tersebut. Pemcahan senyawa lipid menjadi asam lemak pada folikel yang tersumbat dapat  menyebabkan terjadinya peradangan kulit.

4. Infeksi Bakteri

Bakteri di kulit wajah dapat memecah senyawa lipid menjadi senyawa asam lemak bebas dan bersifat menimbulkan iritasi pada kulit. Pertumbuhan bakteri tersebut dapat berasal dari kurangnya menjaga kebersihan wajah, penggunaan kosmetika dan sebagainya.

5. Akibat Paparan Debu

Lingkungan sekitar juga turut mempengaruhi timbulnya jerawat. Debu yang bertebaran di sekitar kita dapat melekat di wajah tak dapat dilihat oleh mata. Jika anda bekerja di luar ruangan, disarankan untuk membasuh wajah dengan air atau tisu lembab paling tidak 3 kali sehari guna menghilangkan debu.

6. Penggunaan Kosmetik

Tak ada salahnya jika anda menggunakan kosmetik. Namun, pastikan kosmetik tersebut terbuat dari bahan alami, lolos izin edar dan tidak mengandung bahan kimia seperti mercury.

Akan tetapi, setelah menggunakan kosmetik seperti bedak atau sejenisnya, pastikan wajah anda bersih dari kosmetik ketika hendak tidur. Jika bersantai di rumah sebaiknya tidak menggunakan kosmetik.

Bahan kosmetik yang tidak dibersihkan secara sempurna, akan menyumbat pori pori. Jika berlangsung lama, sebum dan sel kulit mati akan terjebak di lapisan epidermis kulit dan menjadi masalah utama penyebab jerawat batu.

7. Kebiasaan Buruk

Sering memegang wajah atau mengeluarkan komedo dengan tangan adalah diantara kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan oleh banyak orang. Kondisi tersebut dapat menjadi pemicu munculnya jerawat batu, karena tangan yang kotor mengandung bakteri dan kuman.

8. Berasal Dari Makanan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi penyabab jerawat batu muncul di wajah diantaranya adalah makanan berminyak, pedas, berlemak dan junk food. Nah, jika anda tetap ingin mengkonsumsinya adabaiknya jumlahnya dibatasi mulai dari sekarang.

Memang dari beberapa penyebab di atas tidak dapat kita hindari, tapi diantaranya seperti no. 6, 7 dan 8, penyebab tersebut dapat kita hindari.

Apakah anda sering melakukannya ?

Jika iya, mulailah dari sekarang untuk meninggalkan kebiasaan tersebut.

Tindakan Pencegahan

Kemunculan jerawat batu di permukaan kulit wajah dapat di cegah dengan cara melakukan beberapa hal berikut ini:
  1. Minum air putih 8 gelas perhari untuk orang dewasa
  2. Basuh wajah paling tidak 2 kali sehari dengan air atau tisu pelembab
  3. Bersihkan wajah dari kosmetik sebelum tidur
  4. Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi antioksidan
  5. Jika bekerja diluar ruangan, gunakan tabir surya atau pelembab
  6. Istirahat secara teratur
  7. Hentikan kebiasaan buruk seperti memencet jerawat hingga pecah
Jika penyebaran jerawat batu di wajah dan daerah sekitarnya seperti dahi, dagu, pipi dan kening telah meluas maka kami sarankan untuk mengunjungi dokter kulit atau pergi ke klinik kecantikan untuk mendapatkan perawatan intensif.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 7 Penyebab Jerawat Batu di Pipi Dagu dan Dahi Serta Pencegahan

0 komentar: