Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


5 Jenis Pantangan Amandel Pada Anak dan Orang Dewasa

Salah satu faktor pemicu organ amandel menjadi bengkak adalah berasal dari makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri dan diolah dengan cara tidak hieginis. Bagi seorang penderita penyakit radang amandel, tentu saja makanan tersebut wajib dihindari.

Selain faktor tersebut, terdapat pula beberapa jenis makanan pantangan amandel yang masuk dalam kriteria tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit radang tenggorokan ini. Jika tetap dikonsumsi maka kemungkinan besar, amandel si penderita akan kambuh kembali.

Untuk mempercepat proses penyembuhan sebaiknya hindari makanan berikut ini.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini ulasannya.

1. Makanan Semalam

Walaupun tergolong dalam katagori makanan sehat, namun jika di diamkan dalam semalaman makanan tersebut tidak baik dikonsumsi oleh penderita penyakit radang tenggorokan seperti amandel. 

Hal ini dikarenakan, makanan yang di diamkan dalam semalaman cenderung mengalami perubahan rasa, tekstur, terkontaminasi bakteri, telah basi, perubahan senyawa gizi pada makanan dan menurunnya kandungan gizi di dalamnya. 

2. Makanan Cepat Saji

Pada dasarnya makanan instan tidak baik di konsumsi oleh penderita amandel. Bukan bearti semua makanan cepat saji tidak boleh dikonsumsi. Si penderita masih di perbolehkan untuk menikmati makanan yang masuk dalam katagori ini dengan catatan makanan tersebut tidak ada kandungan bahan pengawet makanan seperti natrium dan perisa rasa makanan terlalu berlebihan.

Contoh makanan di maksud adalah :
  • Mie instan
  • Minuman kemasan dan sachet
  • Makanan kaleng 
  • Camilan ringan dalam kemasan
Sedangkan makanan cepat saji masih diperbolehkan seperti salad, burger sayur dan sebagainya. Dengan catatan, makanan tersebut harus di olah dengan cara benar, tidak berminyak dan hieginis.

3. Minuman Kemasan

Beberapa daftar minuman kemasan seperti soft drink, alkohool, produk coca cola, sprite, minuman sachet dan sebagainya sebaiknya di hindari. Hal ini dikarenakan, minuman tersebut pada umumnya memiliki kandungan zat pengawet, perasa sintesis dan soda. Amandel sangat sensitif dengan zat tersebut dan cenderung dapat menimbulkan peradangan.

4. Makanan Pedas

Rasa pedas memang dapat menggugah selera makan, namun jika anda seorang penderita amandel sebaiknya makanan jenis ini dihindari. Sebab, rasa pedas dapat mengiritasi lapisan terluar organ tersebut dan dapat menimbulkan peradangan hingga mengalami pembengkakan.

Berikut ini adalah makanan pedas di maksud :
  • Cabai
  • Saus sambal

5. Makanan Berminyak

Makanan yang diolah dengan cara digoreng cenderung menimbulkan lemak trans. Kandungan lemak tersebut dapat menempel di selaput tenggorokan dan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Nah, iritasi selaput lendir di tenggorokan ini akan memicu peradangan amandel

Adapun beberapa daftar makanan tersebut antara lain :
  • Kentang goreng
  • Segala jenis yang di goreng
Sebenarnya, penderita penyakit amandel masih di perbolehkan mengkonsumsi makanan jenis ini. Asalkan diolah secara benar dan hieginis. Seperti, tidak menggunakan minyak untuk menggoreng secara berulang ulang. Pastinya jangan mengkonsumsi makanan jenis ini terlalu berlebihan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 5 Jenis Pantangan Amandel Pada Anak dan Orang Dewasa

0 komentar: