Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


7 Manfaat Rebusan Daun Salam dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Selama ini daun salam seringkali digunakan sebagai salah satu bumbu rempah untuk menambah cita rasa aroma wangi pada suatu masakan berkuah santan. Misalnya, pada masakan sayur lodeh, gulai, sayur sop dan sebagainya.

Selain itu, pemanfaatan daun salam juga kerapkali gunakan untuk melunakkan daging agar menjadi empuk dengan cara merebus daging dan daun salam terlebih dahulu sebelum di masak.

Ternyata, tanpa kita sadari manfaat daun salam memiliki khasiat untuk penyembuhan ragam penyakit ringan hingga berat sekalipun.


Nah, bagi yang belum mengetahui manfaatnya untuk apa saja, anda dapat membaca informasi di bawah ini lebih lanjut.

7 Manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol Darah

Kandungan daun salam terdapat senyawa flavonoid. Nah, senyawa inilah memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu mengangkat plak kolesterol di dinding pembuluh darah.

2. Pereda Nyeri

Anda dapat menggunakan daun salam sebagai obat pereda nyeri dalam bentuk minyak. Minyak tersebut dibuat dari ekstrak daun salam yang mana dapat dimanfaatkan sebagai obat gosok untuk mengatasi nyeri rematik, keseleo, asam urat dan sebagainya.

3. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung

Jika anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol, maka rebusan daun salam dengan kandungan asam caffeic, fitonutrien dan salisilat dapat mencegah resiko serangan stroke dan penyakit jantung koroner.

4. Mengusir Kuti Rambut

Senyawa asam laurat dapat membasmi hewan parasit. Jika anda memiliki masalah dengan ketombe, telur kutu dan kutu rambut, maka air rebusan dari daun salam sangat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Sebuah studi penelitian ilmiah, daun salam kaya akan kandungan vitamin C yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Ketika anda pilek, flu, batuk, ataupun demam, maka air rebusan daun salam dapat anda gunakan sebagai obat.

6. Meredakan Stres

Senyawa linalool memiliki khasiat untuk menurunkan kinerja hormon stres. Ketika anda sedang gelisah, panik, atau tidak bisa tidur nyenyak, maka 2 gelas air rebusan daun ini dapat menurunkan tingkat stres. Selain itu, anda juga dapat menghirup minyak wangi dari daun salam.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Minyak esensial adalah senyawa fitokimia pada daun salam, memberikan efek hipoglikemik ketika anda mengkonsumsinya. Hal ini kabar baik bagi penderita diabetes, karena bagian daunnya memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula.

Adapun tata cara membuat ramuan obatnya sebagai berikut:
  1. Sediakan 8 lembar daun salam agak tua
  2. Cuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih
  3. Jika air rebusan telah menyusut sekitar 2 gelas, angkat
  4. Minum air rebusan ini di waktu pagi dan malam hari setelah makan

Efek samping daun salam

Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun salam juga memiliki efek samping. Misalnya saja, ketika anda mengkonsumsi air rebusan daun salam secara terus menerus tanpa dosis yang tepat, maka akan menurunkan tekanan darah, kadar gula dan sebagainya.

Maka dari itu, ketika anda menggunakannya untuk menurunkan kadar gula dalam darah, jika sudah normal sebaiknya hentikan penggunaan. Untuk mencegah dapat anda konsumsi 1 kali dalam 1 atau 2 minggu lamanya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 7 Manfaat Rebusan Daun Salam dan Efek Samping Bagi Kesehatan

0 komentar: