Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6+ Jus Buah Untuk Penderita Maag dan Asam Lambung

Mengkonsumsi buah sangat baik bagi tubuh kita. Karena di dalamnya terdapat banyak kandungan senyawa anti oksidan, serat, vitamin dan beberapa mineral lainnya untuk menunjang sistem metabolisme tubuh agar berjalan secara normal.

Contohnya saja buah jeruk dengan tingginya kandungan anti oksidan dan vitamin C memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Akan tetapi bagi seorang penderita maag, tak semua jenis buah dapat di konsumsi.

Contohnya saja, jeruk karena bersifat asam tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita penyakit maag. Jika tetap dikonsumsi, dapat dipastikan asam lambung si penderita akan meningkat dan cenderung membuat iritasi di dinding lambung.

Jika anda seorang penderita penyakit maag, jangan kuatir !


Karena masih ada beberapa jenis buah untuk penderita maag dan asam lambung yang dapat anda nikmati. Bahkan buah ini sangat dianjurkan oleh dokter.

1. Jus Buah Alpukat

Alpukat sangat kaya akan kandungan vitamin A, B kompleks, C, D dan E. Selain itu, lemak tak jenuh pada buah ini dapat dijadikan sebagai sumber kalori bagi tubuh dan menurunkan tingkat keasaman di dalam organ lambung. Sangat dianjurkan sekali mengkonsumsi buah alpukat paling tidak dalam waktu 2 hari 1 buah alpukat.

2. Buah Pepaya

Zat aktif bernama enzim propeolitik pada buah pepaya memiliki peran penting untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan enzim papain yang dapat membantu untuk memecahkan enzim protein guna mengurangi sindrom iritasi pada dinding lambung dan usus besar. Buah pepaya juga memberikan sensasi dingin di perut.

3. Pisang

Mineral potasium pada buah pisang dapat membantu mengurangi derajat keasaman di dalam organ pencernaan. Adapun buah pisang yang disarankan untuk dikonsumsi adalah pisang susu, raja, kepok, tanduk dan pisang mas. Paling tidak konsumsi 1 buah pisang dalam sehari dapat mencegah maag kambuh.

4. Jus Jambu Biji Merah

Tingginya kadar serat, zat besi, vitamin C dan vitamin B kompleks pada buah jambu biji merah sangat berkhasiat untuk melancarkan sitem pencernaan, menstabilkan asam lambung dan membuang zat zat berbahaya di dalam usus. 

Nah, jika maag sedang kambuh maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi jus jambu biji merah 1/2 jam sebelum makan besar. Pastikan anda tidak mengkonsumsinya bersamaan dengan biji dan tidak menambahkan gula secara berlebihan ketika membuat jus.

5. Jus Buah Apel

Pektin adalah salah satu senyawa pada buah apel dengan khasiat dapat melapisi dinding lambung yang telah tipis akibat peningkatan asam lambung secara berlebihan. Selain itu, serat pada buah ini dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti sembelit. 

Jika anda hendak membuat jus apel, maka disarankan tidak mencampurkan gula dan diminum sekaligus seketika itu juga. Jika didiamkan terlalu lama, jus apel akan mengalami perubahan warna dan cenderung menjadi toxin di dalam tubuh.

6. Jus Buah Naga

Buah ini kaya akan serat, protein, kalori dan senyawa antioksidan seperti phytoalbumins. Senyawa tersebut paling dominan terdapat pada bagian biji berwarna hitam yang memiliki khasiat untuk mencegah radikal bebas, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, mencegah pertumbuhan sel kanker dan membersihkan tubuh dari zat berbahaya.

Bahkan buah ini sangat disarankan di konsumsi pasca operasi oleh dokter untuk mempercepat proses pemulihan. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dibuatkan jus buah naga tanpa campuran gula. Konsumsi jus buah naga 1 jam sebelum makan sangat baik untuk menambah khasiatnya.

Sebenarnya, masih banyak sekali jenis buah untuk penderita maag dan asam lambung antara lain :
  • Kiwi
  • Semangka
  • Kelapa muda
  • Buah tin
  • Blewah
  • Delima 
  • Gandaria
  • Kurma
  • Mengkudu
  • Persik
  • Srikaya
  • Zaitun
  • dan lainnya
Sebagai contoh buah yang tidak baik dikonsumsi oleh penderita maag adalah kedondong, jeruk, rambutan, nanas dan sebagainya. Intinya, asalkan buah tersebut tidak mengandung kadar asam, maka dapat anda konsumsi. 

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6+ Jus Buah Untuk Penderita Maag dan Asam Lambung

0 komentar: