Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal Tanpa Disadari

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa fungsi utama organ ginjal adalah sebagai tempat filterisasi darah atau tempat penyaringan darah dari zat-zat berbahaya di dalam tubuh yang bersasal dari makanan, minuman, udara, sisa metabolisme dan lainya.

Zat zat berbahaya tersebut dapat berupa unsur logam, senyawa kimia, kelebihan asam urat dan sebagainya.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika kita kehilangan fungsi ginjal atau kinerjanya menurun ?

Tentu saja ragam gangguan kesehatan pun akan terjadi seperti penyakit batu ginjal, gagal ginjal, keracunan darah dan sebagainya.

Sebelum terlambat, ketahui beberapa gejalanya diartikel ini.

Kita masih bisa mencegah dampak buruk tersebut dengan cara mengenali gejala penyakit ginjal sejak dini. Untuk lebih jelasnya, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

6 Ciri Sakit Ginjal Tahap Awal:

1. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat dan Berbusa

Ginjal juga mengatur fungsi sekresi cairan di dalam tubuh. Ketika fungsi ini bermasalah, maka sekresi cairan pun tak dapat dikontrol secara normal termasuk meningkatnya frekuensi buang air kecil. Idealnya intensitas buang air kecil paling tidak 4 hingga 8 kali perhari.

Sering buang air kecil bukan bearti vonis pasti anda menderita gangguan ginjal. Karena gejala infeksi saluran kemih juga memberikan petanda serupa. Jika sering buang air kecil menimbulkan busa, maka kondisi ini adalah tanda sakit ginjal stadium awal.

2. Mudah Kelelahan

Gangguan ginjal dapat menimbulkan anemia. Hal ini dikarenakan ginjal tidak cukup banyak memproduksi hormon eritropoietin, sehingga penderita akan mengalami kekurangan darah dan menumpuknya senyawa radikal bebas di dalam darah. Kondisi inilah yang dapat memicu kelelahan sepanjang waktu walaupun tanpa melakukan aktivitas berat sedikitpun.

3. Nyeri Pinggang

Organ ginjal terletak tak jauh dari tulang belakang kanan dan kiri. Ketika gangguan ginjal terjadi, maka daerah inilah yang pertama kali akan merasakan nyeri. Rasa nyeri dapat menjalar ke daerah sekitarnya dan terkadang menimbulkan efek kram terutama ketika berjalan.

4. Resistensi Cairan Tubuh

Resistensi bearti penolakan atau dalam dunia medis kondisi ini disebut dengan Edema. Edema dapat terjadi dikarenakan keseimbangan cairan di dalam tubuh terganggu.

Sehingga akan terjadi kebocoran protein darah yang dapat mengakibatkan cairan di dalam pembuluh darah tidak dapat di pertahankan dan cenderung menimbulkan akibat buruk seperti pembengkakan kaki, paru paru, mata, tangan, perut dan organ lainnya.

Pada stadium awal, gejala ini terkadang jarang diketahui karena pembengkakan belum terlalu nampak. Namun, seiring dengan waktu berjalan pembengkakan organ tubuh biasanya akan disertai dengan kesulitan bernafas (nafas tergesa gesa)

5. Gatal di Kulit

Penumpukan senyawa kimia, sisa sisa metabolisme dan zat toxic lainnya di dalam tubuh akan membuat darah menjadi asam. Imbasnya tubuh akan memberikan gejala berupa gatal gatal di permukaan kulit.

Memasuki stadium 2, rasa gatal akan disertai ruam merah di sekujur tubuh. Kondisi tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan karena racun di dalam darah akan semakin menumpuk. Inilah sebabnya, penderita ginjal di wajibkan cuci darah secara berkala.

6. Tingkat Konsentrasi Menurun

Jika darah mengandung radikal bebas dan senyawa kimia berbahaya, maka kadar oksigen di dalam darah pun secara otomatis akan berkurang. Akibatnya, suplai darah menuju otak akan menggangu sistem kesadaran termasuk tingkat konsentrasi akan menurun. Kondisi ini akan diperparah jika si penderita juga mengalami anemia.

Nah, itulah beberapa ciri ciri penyakit ginjal stadium awal yang seringkali tidak diketahui. Jika anda menemukan salah satu diantaranya saja, jangan menunggu waktu gejala tersebut berlangsung lama. Karena akan semakin parah jika dibiarkan. Periksakan diri anda ke dokter jauh lebih baik untuk mendapatkan pertolongan medis secara tepat.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal Tanpa Disadari

0 komentar: