Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Cara Menghilangkan Plak Gigi Yang Sudah Mengeras No. 5 Ampuh

Karang gigi terbentuk dari proses mineralisasi antara air liur dan bakteri mulut yang menempel di sela sela gigi. Proses ini berlangsung cukup lama hingga tanpa kita sadari plak di gigi telah terbentuk.

Jika dibiarkan berkepanjangan apalagi hingga menebal, karang gigi dapat menimbulkan gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti gigi berlubang, nafas tak sedap, radang gusi, dan penyakit lainnya.

Sebenarnya solusi yang tepat untuk menghilangkan karang gigi adalah berkunjung ke dokter gigi. Karena, selain dilakukannya pembersihan plak, anda juga akan mendapatkan saran dari dokter gigi tentang kesehatan gigi anda.

Anda takut atau merasa malu ?

Cari tahu caranya di artikel ini.

Ada solusi lainnya yaitu dengan menggunakan bahan bahan alami di sekitar kita. Lebih lanjut, anda dapat membaca artikel di bawah ini secara perlahan lahan.

6 cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah

1. Konsumsi buah apel

Walaupun tips pertama berikut ini berjalan sangat lambat, akan tetapi memberikan hasil sempurna untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dalam waktu 1 bulan. Mengkonsumsi buah apel secara rutin, paling tidak dalam waktu 2 hari 1 buah apel maka gigi anda akan terjaga kesehatannya.

Prosesnya cukup sederhana, ketika anda mengunyah buah apel, maka cairan buah apel bercampur dengan air liur akan melarutkan plak gigi ynag sudah mengeras. Disarankan setelah mengunyah buah apel, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa plak yang masih menempel.

Konsumsi buah apel secara rutin dan lihatlah perubahnnya.

2. Larutan garam hangat

Walaupun terbilang sangat sederhana, menggunakan larutan garam untuk menghilangkan noda karang di gigi cukup mudah dilakukan. Cara menggunakannya yaitu sediakan 1 sdt garam dapur, kemudian larutkan pada 1 gelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur.

Namun, beberapa selingan diamkan air garam hangat tersebut di dalam mulut selama 1 menitan. Selanjutnya, gosok daerah karang gigi dengan sikat gigi tanpa pasta gigi. Lakukan cara ini berulangkali 1 minggu 5 kali pemakaian.

3. Biji asam jawa

Selama ini kita hanya memanfaatkan daging buahnya saja, misalnya untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Namun, bagian biji asam jawa ternyata dapat kita manfaatkan untuk menyingkirkan plak di lapisan terluar gigi.

Cara menggunakannya:
  1. Sediakan 2 butir biji asam jawa, memarkan
  2. Sangrai hingga mengeluarkan aroma wangi
  3. Tumbuk hingga halus
  4. Berkumurlah terlebih dahulu dengan larutan garam hangat
  5. Oleskan serbuk biji asam jawa di karang gigi
  6. Diamkan selama 15 menit
  7. Bersihkan daerah plak dengan cutton but
  8. Sikatlah gigi seperti biasanya

4. Gunakan pasta gigi herbal daun sirih

Khasiat dari daun sirih untuk gigi memang sudah tidak diragukan lagi. Buktinya, orang tua tempo dulu tidak pernah menggunakan pasta gigi hanya mengunyah daun sirih hijau, hingga kini gigi mereka masih kuat dan tidak keropos.

Jika mengunyah daunnya, maka yang akan anda rasakan yaitu sensasi pahit, pedas, sepet dan tidak mengenakkan.

Jika itu masalahnya, anda dapat menggunakan ekstrak daun sirih hijau dikemas dalam pasta gigi. Gunakan pasta gigi herbal daun sirih hijau ini untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Pastikan anda menyikat gigi dengan benar dan gunakan dental floasing.

5. Gunakan minyak cengkeh

Senyawa analgesik dan anti bakteri seperti eugenol pada minyak cengkeh kerapkali gunakan oleh dokter gigi sebagai campuran semen penambal gigi. Selain itu, senyawa ini juga mampu melepaskan karang gigi yang menempel kuat.

Jika anda ingin menggunakan cara ini, langkah langkahnya sebagai berikut :
  1. Berkumurlah dengan air garam hangat terlebih dahulu
  2. Sediakan minyak cengkeh asli secukupnya dan cutton but
  3. Basahi ujung cutton but dengan minyak cengkeh
  4. Olesi plak gigi dengan cuttn but tersebut secara merata
  5. Diamkan selama 15 menitan
  6. Bersihkan karang gigi dengan cutton but bersih
Cara ini cukup aman digunakan tanpa menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Sehingga, dianjurkan untuk anda lakukan di rumah.

6. Serbuk soda kue

Ternyata bubuk soda kue atau baking soda sebagai bahan pewangi dan pelembut kue ini dapat digunakan untuk membersihkan karang di gigi. Banyak orang telah melakukannya dan memberikan hasil cukup memuaskan. 

Tertarik untuk menggunakannya ? Ikuti petunjuk berikut ini :
  1. Sediakan baking soda secukupnya dan sikat gigi
  2. Taburkan sedikit soda kue di atas bulu sikat gigi
  3. Kemudian, lakukan seperti layaknya anda sedang menyikat gigi
  4. Setelahnya, berkumurlah dengan air garam hangat
Sebagai catatan, perlu anda perhatikan cara ini memang memberikan hasil cukup memuaskan. Tak serta merta memberikan hasil secara instan. Anda harus melakukannya berulang kali. Selain itu, jangan melakukannya terlalu sering karena dapat merusak / mengikis enamel atau lapisan terluar gigi. 

Cukup dilakukan 1 minggu 3 kali pemakaian. Jika karang gigi telah hilang, maka hentikan penggunaannya.

Dari beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras di atas, manakah yang anda pilih ? Kami sarankan untuk menggunakan cara no. 4 dan 5 karena memberikan hasil cukup cepat dan tanpa efek samping. 

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Plak Gigi Yang Sudah Mengeras No. 5 Ampuh

0 komentar: