Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


5 Cara Membuat Masker Kopi Sendiri Untuk Bekas Jerawat

Selain enak diminum, ternyata kopi memiliki ragam manfaat di dalam dunia kecantikan. Kandungan kafein pada biji kopi murni dapat berfungsi sebagai vasorestrictor yakni berguna untuk membantu mengencangkan dan mengecilkan pori pori kulit serta mengangkat sel kulit mati.

Tak hanya sampai disitu saja, mineral organik lainnya seperti potasium, zat besi dan magnesium juga berguna untuk kecantikan terutama dalam membantu menyegarkan kulit wajah, menghilangkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya bagi wajah, kita dapat menggunakan biji kopi sebagai bahan utama untuk membuat masker wajah dan mengkombinasikannya dengan bahan bahan alami lainnya.

Anda dapat menemukan beberapa resepnya diartikel ini.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat masker kopi sendiri untuk menghilangkan bekas jerawat:

1. Masker Kopi dan Lemon

Dua bahan alami ini sanagt cocok untuk kamu yang memiliki masalah komedo dan jerawat yang membandel. Karena kopi mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sedangkan lemun yang kaya akan vitamin C nya mampu memberikan nutrisi pada kulit. Sehingga kulit bebas komedo dan jerawatpun bukan lagi mimpi.

Nah, untuk membuat masker dari kopi dan lemon ini mudah sekali. Kamu cukup mencampurkan kedua bahan tersebut kemudian oleskan pada wajah yang telah bersih. Kemudian tunggulah sampai mengering, lalu bilaslah sampai bersih. Usahakan untuk mengaplikasikannya secara teratur dan konsisiten.

2. Kopi dan Madu

Kopi bertindak sebagai scrub sedangkan madu bertindak sebagai penutrisi ke dalam kulit, mulai dari nutrisi vitamin sampai dengan mineral alami. Sehingga jerawat yang menjengkelkan pada wajahmu itu anda akan cepat memudar dan wajah akan tampak lebih cerah dan segar.

Cara membuatnya:
  1. Sediakan 2 sdm biji kopi bubuk dan madu murni
  2. Campurkan keduanya hingga membentuk cream
  3. Usapkan wajah anda dengan handuk hangat
  4. Oleskan secara merata pasta kopi madu ke seluruh wajah
  5. Diamkan selama 30 menit
  6. Bilas wajah dengan air bersih

3.  Kopi dan Susu

Perpaduan antara kopi dan susu ini juga sangat cocok untuk menjaga kulit agar tetap awat muda, mencegah keriput, dan kulit akan tampak kenyal bernutrisi. 

Untuk mengaplikasikannya pada wajah, kamu cukup mencampurkan bubuk kopi dengan susu secukupnya hingga membentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah secara merata, tunggulah hingga mengering, baru cuci sampai bersih. Ingat ya, lakukan dengan rutin agar hasilnya lebih maksimal.

4. Kopi dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat terkenal dalam dunia kecantikan. Jadi sudah jelas jika perpaduan antara minyak zaitun dengan kopi ini merupakan perpaduan yang cocok sekali untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah, terutama maslaah jerawat.

Untuk membuat masker kopi sendiri dengan minyak zaitun, kamu cukup mencampurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun secukupnya. Kemudian aplikasikanlah pada wajah, tunggulah hingga mengering baru cuci sampai bersih. Lakukanlah dengan rutin ya!

5. Kopi dan Yogurt

Selain cukup baik untuk kesehatan, ternyata yogurt juga berperan dalam menjaga kesehtaan kulit. Kandungan asam laktat pada yogurt tersebut mampu membuat kulit tampak lebih sehat, cerah berseri. Apalagi kalau dipadukan dengan kopi, pasti hasilnya jauh lebih maksimal.

Perpaduan kopi dan yogurt memang pas benget deh untuk kulit kamu yang berjerawat. Kamu bisa membuatnya menjadi masker wajah, yang tentunya sangat aman untuk digunakan pada kulit. Kamu cukup mencampurkannya dengan merata dan dioleskan pada wajah. Tak perlu ribet, mudah sajakan caranya.

Khususnya untuk type kulit sensitif, sebaiknya tidak menggunakan panduan no. 5. Karena, sebagian kecil dari mereka yang telah menggunakannya kurang cocok terhadap kulit.

Layaknya sebuah perawatan di klinik kecantikan, kini anda dapat membuat masker wajah dengan kopi sendiri di rumah tanpa ribet. 

Gunakan cara tersebut selama 1 bulan pemakaian dalam 1 minggu maksimal 4 kali dan pastikan anda menggunakan biji kopi murni untuk membuat masker bukan kopi kemasan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 5 Cara Membuat Masker Kopi Sendiri Untuk Bekas Jerawat

0 komentar: