Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


5 Buah Yang Mengandung Asam Folat Terbanyak Untuk Ibu Hamil

Asam folat memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh kita diantaranya sebagai salah satu komponen pembentukan struktur DNA, membantu memproduksi sel darah merah dan mempertahankan keutuhan sel sel yang baru dibentuk.

Terutama bagi ibu hamil, asam folat atau dalam dunia medis dikenal dengan nama vitamin B9 memberikan peran begitu penting untuk membantu tumbuh kembang janin di dalam rahim, mencegah terjadinya keguguran selama kehamilan dan bayi lahir cacat serta manfaat lainnya.

Tak hanya itu, ketika tubuh kita kekurangan asam folat maka akan berakibat buruk bagi kesehatan seperti meningkatnya resiko serangan jantung, depresi, mutasi sel berujung pada penyakit kanker dan sebagainya.

Vitamin B9 ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh, melainkan bersumber dari makanan yang kita konsumsi seperti susu, buah, sayur, daging dan sebagainya.


Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B9 harian, buah yang mengandung asam folat terbanyak di bawah ini dapat anda konsumsi setiap harinya. Diantaranya sebagai berikut.

Buah buahan apa saja yang mengandung asam folat?

1. Bit

Sebenarnya bit termasuk ke dalam jenis umbi umbian. Namun lebih dominan disebut sebagai buah. Kandungan asam folat buah bit tergolong tinggi yaitu sebesar 136 microgram (mcg) dari sertiap 100 gram. Jika anda ingin mengkonsumsinya, maka harus diolah dengan cara yang benar seperti tidak memasaknya terlalu lama karena hal itu akan menghilangkan nutrisi.

2. Buah Alpukat

Alpukat sangat direkomendasikan oleh dokter kandungan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil setiap harinya. Setiap 100 gram buah alpukat terdapat 110 mcg asam folat di dalamnya. Jika mengkonsumsi 1 buah alpukat setiap hari itu bearti sekitar 30% kebutuhan asam folat harian telah terpenuhi.

3. Labu Siam

Vitamin B9 pada labu siam cukup tinggi yakni sebesar 93 mcg per setiap 100 gram. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda dapat mengolahnya menjadi masakan seperti sayur lodeh ataupun ditumis.

4. Jagung

Menempati urutan ke 4, jagung juaranya yang masuk dalam katagori buah yang mengandung asam folat terbanyak yaitu sebesar 76 mcg / 100 gram. Jagung dapat dikonsumsi dengan cara di rebus ataupun dtambahkan ke dalam suatu masakan. Khususnya bagi ibu hamil, sebaiknya hindari mengkonsumsi jagung dengan cara dibakar karena kandungan gizi di dalamnya akan menjadi rusak.

5. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C dan antioksidan, buah jeruk juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin B9 harian anda karena setiap 100 gram buah jeruk terdapat 50 hingga 75 mikrogram di dalamnya. Jadi, khususnya untuk ibu hamil cukup mengkonsumsi 2 hingga 3 buah jeruk setiap harinya manis sudah memenuhi kebutuhan asam folat harian.

Sebenarnya masih banyak jenis buah lainnya yang mengandung asam folat, tetapi kadarnya lebih rendah jika dibandingkan dari ke 5 jenis buah di atas. Adapun buah tersebut adalah seperti :
  • Pepaya
  • Pisang 
  • Anggur
  • Strawberry
  • Delima
  • Jambu biji merah
  • Kiwi
  • Mangga
  • Dan sebagainya
Bagi bunda yang akan menjalan program hamil atau saat ini sedang hamil muda ataupun menunggu masa persalinan tiba, maka pastikan kebutuhan asam folat harian sebesar 400 microgram atau senilai 0,4 miligram perhari harus terpenuhi untuk menghindari resiko terburuk.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 5 Buah Yang Mengandung Asam Folat Terbanyak Untuk Ibu Hamil

0 komentar: