Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Buah Untuk Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas [Anjuran Dokter]

Mengkonsumsi buah buahan secara rutin sangat dianjurkan oleh sejumlah ahli gizi. Sebab, di dalam kandungan buah terdapat segudang vitamin dan mineral penting lainnya yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh agar sistem metabolisme tetap berjalan secara normal.

Namun, tak semua jenis buah dapat dinikmati oleh semua orang terutama bagi ibu hamil muda.

Contohnya saja, nanas adalah buah yang dilarang untuk dikonsumsi bagi ibu hamil.

Sebab, buah tersebut bersifat asam yang dapat memicu kontraksi otot perut dan dinding rahim. Jika tetap dikonsumsi dikuatirkan si ibu akan mengalami keguguran.

Ingin tahu apa saja buah buahan tersebut. Yuk baca artikel ini.

Khususnya bagi seorang calon ibu tentu saja hal tersebut harus diperhatikan, jika tidak dampak buruknya bukan hanya bagi si ibu akan tetapi jabang bayi dalam rahim akan turut merasakannya.

Buah apa saja yang boleh dikonsumsi ibu hamil ?

1. Buah Naga

Buah ini dimasukkan ke dalam daftar buah untuk ibu hamil muda dikarenakan adanya kandungan zat besi, beta karoten, asam folat, serat, karbohidrat, vitamin C, antioksidan dan mineral alami lainnya.

Kandungan beta karoten pada buah naga setara dengan wortel berfungsi untuk menyempurnakan indra penglihatan janin dalam rahim, sedangkan zat besi berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu pembentukan sel darah merah. Bahkan, buah naga sangat dianjurkan oleh dokter kandungan sebelum si ibu memasuki masa persalinan.

2. Alpukat

Tingginya kadar vitamin B, C, K, serat, asam folat, kolin, magnesium dan kalium dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi si ibu dan perkembangan janin.

Selain itu manfaat lainnya bagi ibu hamil dan janin adalah dapat meredakan rasa mual dan menurnkan hormon prolaktin membuat rasa ingin marah, menghilangkan kram, membantu perkembangan sistem syaraf, otak dan tulang belakang pada janin serta menjaga kesehatan jantung ibu selama masa kehamilan.

3. Kurma

Selama fase kehamilan, ibu hamil sangat membutuhkan energi lebih dalam bentuk glukosa. Tetapi, glukosa tersebut bukan berasal dari gula, namun harus bersumber dari buah buahan.

Kurma salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan glukosa dan zat besi. Sehingga baik bagi si ibu terutama pada ibu hamil penderita anemia.

Selain itu, vitamin B kompleks, kalium dan mineral lainnya memiliki khasiat untuk meningkatkan tumbung kembang sel otak yang dapat membuat bayi, anak menjadi cerdas ketika lahir dan memperkuat dinding rahim guna mencegah keguguran pada saat hamil muda.

4. Pisang

Salah satu alasan kuat kenapa pisang sangat aik dikonsumsi untuk ibu hamil muda adalah karena tingginya kandungan asam folat. Karena hal tersebut, pisang juga kerapkali dijadikan bahan utama untuk pembuatan suplement, susu dan sebagainya diperuntukkan bagi wanita hamil.

Asam folat pada buah pisang berguna untuk mencegah resiko bayi terlahir tidak sempurna dan membantu proses tumbuh kembang sel otak. Selain itu, kandungan kalium pada pisang dapat mencegah pembengkakan di kaki dan daerah lainnya akibat faktor kehamilan.

Namun, disarankan untuk mengkonsumsi pisang yang telah matang dari jenis pisang susu, ambon kuning, raja, kidang merah, mas dan barangan.

5. Apel

Zat quercetin pada buah apel sangat berperan aktif untuk membantu tumbuh kembang sel otak si janin dalam rahim. Tingginya kadar antioksidan pada buah apel juga dapat menjaga sistem daya tahan tubuh si ibu. 

Nah, jika anda ingin mendapatkan manfaatnya disarankan agar memilih untuk mengkonsumsi buah apel berwarna merah bersama dengan kulitnya karena memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dari apel hijau. 

6. Labu Kuning

Labu tergolong ke dalam katagori buah dan sayuran. Beta karoten, vitamin A, vitamin C, serat, asam folat, zat besi, protein nabati, potasium dan kalsium adalah beberapa jenis vitamin dan mineral yang berguna untuk merangsang perkembangan otak janin. 

Untuk mendapatkan khasiatnya, ibu hamil dapat mengkonsumsi labu kuning dengan cara di sayur, dibuatkan kolak labu, puding ataupun kue basah.

Nah, itulah beberapa jenis buah untuk ibu hamil muda yang dapat membuat anak menjadi cerdas dikemudian hari. Selama masa kehamilan agar tidak membosankan, bunda dapat mengkonsumsi buah di atas secara bergantian hingga mendekati fase persalinan. 

Selain itu, buah di atas juga sangat baik untuk diberikan kepada si bayi dan anak sebagai makanan pendamping ASI. Akan tetapi, pastikan sistem pencernaan si anak telah mampu untuk menerimanya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Buah Untuk Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas [Anjuran Dokter]

0 komentar: