Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


4 Jenis Buah Ini Mampu Sembuhkan Amandel Dengan Cepat

Ketika amandel mengalami pembengkakan maka beragam permasalahan kesehatan akan terjadi, seperti pilek, bersin bersin, demam tinggi disertai sakit kepala, kesulitan menelan makanan dan sebagainya.

Ketika hal itu terjadi, jangan biarkan radang amandel semakin parah hingga organ kecil tersebut membengkak menjadi besar. Karena akan mengganggu kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Untuk menghindari hal tersebut, salah satu upaya medis yang dapat anda lakukan di rumah sebelum mengkonsumsi obat - obatan adalah dengan mengkonsumsi jus buah pereda amandel bengkak. 

Beberapa daftar buah - buahan berikut ini sangat efektif untuk menyembuhkan amandel karena memiliki senyawa antioksidan untuk mematikan virus dan perkembangan bakteri di dalam rongga mulut serta meningkatkan sistem imunitas.

Inilah 4 jenis buah untuk amandel bengkak:

1. Buah Mengkudu

Buah mengkudu di pilih karena terdapat kandungan senyawa fitokimia aktif yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti peradangan. Mengkudu sangat direkomendasikan oleh banyak pakar herbal dalam mengatasi amandel karena memberikan reaksi cepat tanpa efek samping.

Cara mengolahnya sebagai berikut :
  1. Sediakan 1 buah mengkudu matang
  2. Cuci bersih dengan air hangat dan potong kecil menjadi beberapa bagian
  3. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan 1 gelas air matang. Kemudian haluskan
  4. Saring untuk mengambil sarinya
  5. Minum jus mengkudu ini dengan cara menambahkan 2 sendok madu murni
  6. Konsumsi rutin selama amandel mengalami peradangan 2 kali sehari setelah makan

2. Jambu Biji Merah

Jambu biji merah dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk meredakan pembengkakan radang amandel terutama bagi anak - anak. Hal ini dikarenakan, ada banyak sekali sumber vitamin dan mineral di dalam buah ini.

Dimulai dari vitamin A, B1, B2, B3,  zat besi, potasium, serat dan sebagainya. Tak kalah pentingnya yaitu kandungan vitamin C pada buah jambu biji merah ini dapat meningkatkan sistem imunitas. Jadi sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang sakit seperti amandel, demam berdarah, types dan sebagainya.

Cara mengolahnya sebagai berikut :
  1. Sediakan 2 buah jambu biji merah matang
  2. Cuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian
  3. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan 1 gelas air
  4. Saring untuk mengambil sarinya
  5. Konsumsi secara rutin selama sakit 3 kali sehari setelah makan besar

3. Lemon

Buah lemon sangat mudah di temukan. Tingginya kandungan vitamin C pada buah ini sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus. Selain itu, zat asam pada buah lemon juga dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak.

Cara penggunaannya sangatlah praktis yaitu dengan menyediakan 1 gelas air hangat kuku kemudian tambahkan sari perasan dari 1 buah lemon matang dalam kondisi segar. Selanjutnya konsumsi air lemon ini sebanyak 2 kali sehari setelah makan.

4. Buah Tin

Senyawa phyto-chemical  dan antiksidan pada buah tin seperti tannins, carotenes, lutein, dan sebagainya memiliki peran sangat efektif untuk mematikan virus dan bakteri penyebab infeksi di saluran pernafasan.


Selain itu, khasiat buah ara juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga buah ini sangat dianjurkan dikonsumsi selama peradangan amandel dan pasca sakit.

Untuk membantu mempercepat penyembuhan, konsumsilah 3 hingga 5 buah tin setiap harinya. Tak perlu di blender, karena tekstur bagian dalam dari buah ini sudah sangat lunak. Jika perlu konsumsi bersamaan dengan 2 sendok madu murni.

Itulah beberapa jenis buah untuk menyembuhkan amandel bengkak yang sangat disarankan oleh ahli kesehatan. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, anda dapat merasakan manfaatnya setelah 2 hari penggunaan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 4 Jenis Buah Ini Mampu Sembuhkan Amandel Dengan Cepat

0 komentar: