Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


5 Bahaya Amandel Bengkak Jika Tidak Diobati Segera

Beberapa gejala akibat pembengkakan amandel seperti demam, sulit menelan, sakit kepala, munculnya bercak putih pada organ tersebut biasanya akan sembuh dalam kurun waktu 4 hingga 7 hari seiring adanya peningkatan sistem daya tahan tubuh akibat pemberian antibiotik dan menerapkan pola hidup sehat.

Akan tetapi, komplikasi radang amandel bisa saja terjadi karena faktor terlambatnya dalam hal pertolongan medis dan pengobatan yang tidak sempurna seperti mngkonsumsi antibiotik tidak sesuai anjuran dokter. 

Walaupun berpeluang sembuh dalam waktu kurang dari 7 hari, ternyata komplikasi amandel sangat membahayakan.

Diantara komplikasi tersebut antara lain :

1. Sleep Apnea

Dikarenakan amandel terletak tak jauh dari saluran pernafasan bagian atas, infeksi yang terjadi dapat mengganggu seseorang untuk bernafas secara normal. Akibatnya, pernafasan si penderita sewaktu waktu dapat terhenti dalam waktu singkat dan kesulitan bernafas. Kondisi ini sangat berbahaya jika sleep apnea terjadi di waktu tidur.

2. Demam Rematik

Infeksi bakteri di amandel akan memicu jaringan limfoid secara keseluruhan akan merespon dengan cara meningkatkan suhu tubuh sebagai upaya guna mematikan bakteri tersebut. Namun, dampaknya si penderita akan mengalami demam tinggi dan merasakan nyeri sendi di sekujur tubuh terutama otot otot terasa lemas dan kelelahan sepanjang waktu serta akan menimbulkan ruam merah di kulit.

Jika tidak tertangani dengan tepat dalam durasi melebihi 18 hingga 48 jam, demam rematik sangat berisiko menimbulkan peradangan katup jantung.

3. Pasokan Oksigen Berkurang

Pembesaran organ amandel akibat infeksi bakteri dan virus juga dapat mengakibatkan saluran pernafasan bagian atas menjadi meradang dan semakin sempit. Pembengkakan juga biasanya diserta pilek dan batuk. Jika pernafasan terganggu, secara otomatis pasokan oksigen akan berkurang.

4. Gangguan Fungsi THT

Infeksi bakteri dan virus dalam kurun waktu 24 jam setelah gejala awal, pada umumnya akan menimbulkan bercak putih dan lambat laun akan membantuk gumpalan nanah di lapisan dinding dalam amandel.

Kondisi tersebut dapat memicu beberapa penyakit lainnya seperti sakit tenggorokan, bau mulut, kesulitan menelan, gangguan pendengaran dan infeksi saluran pernafasan bagian atas. 

5. Amandel Pecah

Bukan tidak mungkin amandel bisa pecah. Jika pembengkakan amandel semakin membesar akibat dari penumpukan gumpalan nanah di selaput dinding organ tersebut, maka kondisi tersebut dapat memicu lapisan dinding bagian luar amandel menjadi rapuh. 

Kondisi rapuh tersebut ketika bersentuhan dengan makanan walaupun bertekstur lunak, maka dapat mengakibatkan amandel pecah. Walaupun jarang terjadi, namun kondisi ini patut di waspadai. Sebab dampak buruknya yaitu bakteri akan menyebar masuk ke saluran pencernaan dan aliran darah di sistem kelenjar getah bening.

Baca: buah untuk penderita amandel

Nah, untuk menghindari beberapa hal tersebut jika telah ditemukan beberapa tanda tanda bahwa amandel terlihat bengkak dan merasa kurang enak badan, bersegeralah untuk mengambil pertolongan medis seperti mengkonsumsi ramuan herbal dan mengunjungi dokter.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 5 Bahaya Amandel Bengkak Jika Tidak Diobati Segera

0 komentar: