Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Penyebab Sakit Kepala Bekepanjangan dan Mual

Pada umumnya penyebab sakit kepala dipicu oleh faktor kurang tidur, terlambat makan dan pilek. 

Namun, tahukah anda bahwa beberapa hal yang sangat sederhanapun dapat memicu rasa sakit di kepala seperti penggunaan parfum tidak tepat dan akibat dari mengkonsumsi makanan tertentu.


Untuk lebih jelasnya, simak 9 penyebab sakit kepala berkepanjangan berkut ini:

1. Cahaya Silau

Ketika mata terlalu sering menerima cahaya terlalu terang dan silau maka akan berdampak pada peningkatan zat kimia tertentu di dalam otak. Akibatnya anda akan merasakan migrain. Untuk itu, sesuaikan intensitas cahaya pada ruang kerja anda. 

Gunakan lampu LED untuk mengurangi radiasi cahaya lampu dan sesuaikan pencahayaan pada monitor komputer jika anda selalu bekerja di depan layar.

2. Cuaca Panas

Panasnya suhu disekitar anda dapat menimbulkan dehidrasi dan mengeluarkan keringat berlebihan. Dehidrasi dapat membuat syaraf di otak menjadi tegang dan kekurangan cairan.

3. Parfum dan Pengharum Ruangan

Untuk menghilangkan bau, terkadang parfum sangat dibutuhkan. Namun, ketika anda menggunakna parfum dengan bau menyengat dan mengandung banyak alkohool maka bisa jadi ini adalah penyebab sakit kepala dan mual yang anda rasakan. Karena pada umumnya tidak semua orang cocok terhadap semua parfum.

Selain itu, pengharum ruangan juga dapat memicu peradangan pada syaraf otak. Jadi gunakanlah pengharum ruangan pada mobil, ruang kerja, tempat tidur dan sebagainya yang sesuai dengan kondisi anda saat ini atau tidak berbau menyengat.

4. Stres Berkepanjangan

Salah satu penyebab sakit kepala berkepanjangan dapat dipicu oleh stres berlarut - larut. Hampir sebagian besar orang mengalami hal ini.

Stres dapat memicu kerja otot jantung tidak beraturan dan cenderung menghasilkan tekanan darah tinggi. Selain itu, stres dapat memicu pelepasan senyawa kimia pada otak yang dapat menyebabkan sakit kepala. Sebaiknya, segera atasi stres dengan pergi berlibur atau melakukan sesuatu hal yang menyenangkan seperti berkumpul bersama keluarga berlibur ke pantai.

5. Marah

Tahukah anda, ketika anda marah pada saat itu juga otot di bagian tulang belakang leher dan di seluruh permukaan kulit kepala akan menjadi tegang. Hal ini akan memicu syaraf di otak akan menjadi tegang pula. Akibatnya nafas anda tidak teratur dan menimbulkan sakit di kepala.

6. Sikap Tubuh

Kebiasaan sehari hari yang dapat memicu sakit kepala yaitu postur tubuh yang salah. 

Misalnya, duduk dikursi tanpa penyangga punggung, terlalu dekat dengan layar monitor dan tv, menggunakan headset terlalu sering untuk menerima telepon dan sebagainya.

Beberapa postur tubuh tersebut dapat memicu ketegangan di punggung bagian atas, leher bahu yang dapat menjadi penyebab sakit kepala.

7. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Histamin

Pada umumnya makanan dengan kandungan tinggi histamin terdapat pada makanan olahan hasil fermentasi dan dalam kemasan seperti keju, alkohool, tape dan sebagainya. Selain itu, beberapa jenis buah seperti anggur, sawo, leci dan lainnya juga mengandung kadar histamin tinggi. 

Makanan tersebut dapat memicu tekanan darah tinggi, sehingga ada baiknya anda hindari.

8. Kurang Tidur

Sebgian besar orang mengeluhkan sakit kepala. Ternyata setelah ditelusuri penyebabnya tidak lain adalah kurangnya aktivitas tidur dan kebiasaan buruk tidur larut malam. Kondisi tubuh yang lelah bukan hanya dapat memicu penurunan sistem kekebalan tubuh tapi berdampak pada kondisi tubuh anda secara keseluruhan. Diantaranya menimbulkan kepala pusing dan mual.

9. Penyakit Tertentu

Biasanya jika sakit kepala berkepanjangan dan terus menerus terjadi secara berulang ulang tak lepas dari petanda gejala penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, demam, stroke, infeksi virus, sakit gigi, gejala kanker dan sebagainya. 

Jika hal ini terjadi pada diri anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan segera mungkin untuk memastikan penyakit yang anda derita.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Penyebab Sakit Kepala Bekepanjangan dan Mual

0 komentar: