Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


10 Jenis Pantangan Sakit Maag Akut dan Kronis

Salah satu faktor pemicu timbulnya penyakit maag adalah dikarenakan peningkatan asam lambung.

Sebenarnya dalam kondisi normal asam lambung memiliki fungsi untuk melunakkan makanan, membunuh kuman, bakteri dan bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan dan lainnya.

Akan tetapi jika jumlahnya berlebihan, maka asam lambung dapat mengakibatkan luka dan iritasi seperti sariawan pada lapisan dalam permukaan dinding lambung. Akibatnya, si penderita akan merasakan nyeri.

Peningkatan asam lambung dapat dipicu oleh banyak faktor seperti menjalani pola hidup tidak sehat seperti menunda makan, kebiasaan mengkonsumsi makanan asam, pedas dan minuman mengandung kafein, stres berkepanjangan dan kebiasaan buruk lainnya.

Inilah beberapa jenis makanan pantangan penderita penyakit maag. Cek diartikel ini.

Untuk itulah penting sekali bagi penderita penyakit maag agar menghindari makanan pantangan sakit maag guna mencegah meningkatnya asam lambung dan maag kambuh.

10 Pantangan Sakit Maag:

1. Makanan Asam

Kandungan asam pada makanan dapat menyebabkan produksi asam lambung secara berlebihan dan memperburuk lambung anda. Ada baiknya beberapa jenis makanan seperti acar, asinan, buah belimbing, jeruk, cuka pempek dan sebagainya dihindari.

Walaupun demikian, anda masih diperbolehkan untuk mengkonsumsinya. Namun, pastikan dalam jumlah terbatas dan kondisi perut tidak dalam keadaan kosong.

2. Makanan Berlemak

Mengapa tidak boleh ?

Karena makanan berlemak pada umumnya membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga, produktivitas asam lambung akan meningkat untuk melunakkan makanan tersebut.

Beberapa daftar makanan mengandung tinggi lemak antara lain:
  1. Brownies
  2. Daging unggas
  3. Kentang goreng
  4. Margarin
  5. Segala jenis makanan digoreng
  6. Telur

3. Makanan Pedas

Rasa pedas pada makanan yang anda konsumsi akan membuat iritasi pada dinding lambung dan menimbulkan sensasi panas. Selain itu, seorang penderita maag akut jika mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan cenderung menimbulkan diare parah hingga mengeluarkan darah.

Untuk itu, hindari makanan pedas seperti:
  1. Cabai
  2. Camilan seperti keripik pedas
  3. Jajanan dalam kemasan dengan kandungan bubuk cabai sintesis
  4. Paprika
  5. Sambal kemasan
  6. Saos kemasan

4. Makanan Pemicu Peningkatan Gas di Perut

Ada beberapa daftar makanan jika kita konsumsi cenderung menimbulkan produksi gas di lambung secara berlebihan. Makanan tersebut antara lain:
  1. Buncis
  2. Bawang merah
  3. Kubis
  4. Kembang kol
  5. Sawi putih
  6. Kacang panjang dan kacang polong
  7. Singkong
  8. Ubi jalar

5. Makanan Cepat Saji

Mie instan, ikan kaleng, roti putih, kentang goreng, es krim, burger, pizza dan sebagainya diantara sebagian kecil dari contoh makanan cepat saji. Makanan tersebut dilarang karena cenderung mengandung bahan penguat rasa, zat pewarna makanan, pengawet dan lainnya. Padahal beberapa zat tersebut tidak baik bagi lambung.

6. Makanan Fermentasi

Makanan hasil fermentasi sejatinya memiliki kandungan kadar alkohool. Padahal, makanan jenis ini tidak baik bagi penderita maag karena dapat memicu perut kembung dan dapat meningkatkan cairan asam di lambung.

Adapun makanan hasil fermentasi tersebut antara lain:
  1. Asinan
  2. Tempe
  3. Manisan
  4. Tape
  5. Tauco
  6. Rusip
  7. Yogurt

7. Minuman Kemasan

Hampir sebagian besar minuman kemasan tidak baik dikonsumsi bagi penderita maag karena memiliki kandungan asam karbonat, perisa, soda, alkohool, gula sintesis, penguat rasa dan sebagainya.

Beberapa bahan ini dapat memicu produktivitas peningkatan asam lambung dan cenderung merusak lapisan dinding usus dan lambung.

Jika tetap dikonsumsi, akibatnya si penderita akan merasakan kembung, begah, nyeri melilit dan sebagainya.

8. Minuman Berkafein

Jika anda memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari, sebaiknya hentikan sekarang juga. Karena kopi mengandung tinggi kadar kafein.

Kafein dapat memicu produksi asam lambung meningkat dan cenderung menimbulkan iristasi pada lapisan permukaan lambung. 

Selain kopi, minuman dengan kandungan tinggi kafein antara lain:
  1. Cokelat
  2. Teh
  3. Minuman bersoda

9. Buah - Buahan Tertentu

Idealnya buah - buahan sangat baik bagi tubuh karena mengandung berbagai vitamin. Akan tetapi, ada beberapa jenis buah tak baik dikonsumsi bagi penderita maag karena memiliki kadar asam dan alkohool.

Buah buahan tersebut antara lain:
  1. Belimbing wuluh
  2. Cermai
  3. Duku
  4. Durian
  5. Jeruk
  6. Jambu air
  7. Kelengkeng
  8. Leci
  9. Nangka
  10. Nanas
  11. Pisang
  12. Rambutan
  13. Salak
  14. Sawo
  15. Strawberry
  16. Tomat

10. Sayuran Mentah

Jika anda gemar mengkonsumsi sayuran untuk lalapan menemani lauk pauk, sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan. Baik bagi orang dengan kondisi lambung yang sehat, akan tetap tidak baik bagi seorang penderita maag. Karena makanan tersebut cenderung sulit dicerna oleh lambung.

Jika anda ingin mengkonsumsinya, makanalah dalam jumlah sedikit dan tidak berlebihan serta hindari mengkonsumsi makanan pantangan sakit maag di atas dalam keadaan perut kosong.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 10 Jenis Pantangan Sakit Maag Akut dan Kronis

0 komentar: