Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung Koroner Hepatitis dan Ginjal

Mengenal tanaman sukun kita kebanyakan mengetahuinya dari buahnya yang dapat diolah menjadi salah satu bahan panganan. Misalnya saja dibuat dengan cara digoreng, direbus, dikukus atau dinikmati dengan cara dibakar. 

Namun, tak banyak yang mengetahui bahwa tanaman sukun mulai dari daun, buah, bunga, kulit batang, hingga getahnya sekalipun memiliki ragam manfaat dan khasiat mengobati berbagai macam penyakit.

Dari buahnya saja, banyak dari kita tak mengetahui bahwa buah sukun ternyata memiliki kandungan mineral, vitamin dan karbohidrat yang cukup tinggi. Buah sukun oleh masyarakat Indonesia biasanya diolah menjadi gorengan yang dijajakan di pinggiran jalan. 


Obat tradisional terbukti ampuh secara ilmiah atasi penyakit jantung, ginjal dan hati (hepatitis) dengan daun sukun, ini ramuan cara membuatnya.

Mungkin hanya segelintir orang yang menikmatinya. Padahal jika dilihat dari kacamata kesehatan, sukun memiliki 16 kali lipat kandungan serat dibandingkan dengan beras dan mengandung 27,12 gram karbohidrat, 17 mg kalsium, 29 mg vitamin C dan 108 kalori energi.

Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai buah pengganti untuk penderita diabetes.

Selain itu, ternyata daun sukun memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner dan hepatitis. Hal ini dikarenakan, bagian daunnya memiliki kandungan senyawa flavonoid sebesar 100,68 mg/g pada daunn sukun tua dan 87,03 mg/g pada daun sukun muda.

Selain flavonoid, kandungan daun sukun lainnya berupa polifenol, saponin, asam hidrosianat, tanin, kalium, ribloflavin, phenol dan asetilcolin

Senyawa kalium yang terdapat pada daun sukun merupakan obat untuk meluruhkan batu ginjal yang membuat batu ginjal berupa Ca Oksalat menjadi dapat terurai atau larut dan keluar bersama dengan urine.

Senyawa flavonoid yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone yang merupakan senyawa aktif atasi diabetes militus, anti kanker serta anti inflamasi, anti asterosklerosis dan anti platelet serta terbukti secara ilmiah melindungi penyakit jantung.

Cara mengolah daun sukun untuk jantung koroner:
  1. Cuci bersih 1 lembar daun sukun
  2. Jemur hingga kering
  3. Potong kecil menjadi beberapa bagian
  4. Rebus dengan lima gelas air hingga mencapat setengahnya
  5. Tambah air lagi hingga air rebusan mencapai seperti semula hingga mendidih
  6. Angkat dan saring
  7. Minumlah diwaktu pagi dan sore dengan dosis minum 1 minggu 3 kali pemakaian
Menyembuhkan hepatitis dengan daun sukun:

Sediakan bahan berikut ini:
  • Daun sukun tua, warna kecoklatan yang masih dipohon 1 lembar
  • Kunyit putih 50 gram
  • Kunyit kuning 50 gram
  • Gula aren dan garam secukupnya
  • Temulawak 100 gram
  • Air bersih 3 gelas
Cara membuat ramuan:
  1. Cuci semua bahan hingga bersih dan potong kecil-  kecil tipis
  2. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas saja
  3. Tambahkan gula aren bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan garam untuk mencegah tekanan darah menurun
  4. Minum air rebusan ini cukup di waktu pagi hari saja 30 menit sebelum makan
  5. Dosis minum untuk penyembuhan gunakan 4 kali dalam seminggu
Perlu anda perhatikan, jangan konsumsi rebusan daun sukun bersamaan dengan obat- obatan dari dokter. Jika dikonsumsi secara bersamaan, maka efek samping yang ditimbulkan akan mengakibatkan gejala mual, pusing atau muntah.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung Koroner Hepatitis dan Ginjal

0 komentar: