Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan memang tidak diragukan lagi. Khasiat daun sirsak telah terbukti bukan berasal dari ucapan katanya lagi atau hanya sebatas dipercaya untuk mengobati serta menyembuhkan segala macam penyakit seperti asam urat.

Melalui sebuah penelitian oleh para ahli, kandungan daun sirsak memiliki 13 senyawa aktif diantaranya :
  • Annohexocin
  • Annomuricin
  • Annonacin
  • Doxorubicin
  • Anomurine
  • Anonol
  • Annocatacin
  • Acetogenins 
  • Annocatalin
  • Caclourine
  • Linoleic acid
  • Gentisic acid
  • Gigantetronin muricapentocin. 
Beberapa senyawa ini memiliki peran bagi tubuh manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menekan peradangan, menghambat - mutasi gen, perkembangan virus, pertumbuhan tumor dan menghambat perkembangan parasit di dalam darah, menormalkan kadar asam urat, menurunkan kadar kolesterol, membantu untuk menguatkan sistem syaraf dan sebagainya.

Sehingga, mereka yang mengkonsumsinya tidak akan menimbulkan efek samping seperti mengalami kerontokan rambut, kulit kering, mual dan sebagainya.

9 Manfaat Daun Sirsak:

1. Mematikan Sel Kanker dan Tumor

Acetogenins adalah senyawa fitokimia pada tanaman sirsak bersifat sitotoksik (dapat meracuni sel - sel kanker) dengan menghambat ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan bagi sel kanker untuk berkembang. Acetogenins akan masuk dan menempel pada reseptor dinding sel kanker dan merusak ATP.

Sehingga, akan membuat terhentinya produksi energi di dalam sel kanker atau tumor.

Senyawa aktif Acetogenins juga menghambat enzim oksidasi ubiquinone pada membran plasma sel kanker yang berujung pada kematian masal sel kanker karena tidak mendapatkan sumber energi untuk tumbuh dan berkembang.

Melalui penelitian Dr. Jerry McLaughlin, senyawa Acetogenins pada daun sirsak sangatlah kuat untuk melawan sel kanker.

Bahkan, dikatakannya Acetogenins memiliki kekuatan 1.000 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan obat Adriamycin yang sering digunakan untuk kemoterapi. Fakta mengejutkannya lagi, Acetogenins sangat selektif  dan hanya menyerang sel kanker saja. Tidak seperti obat Adriamycin.

2. Menyerap Radikal Bebas di Dalam Tubuh

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia ( PDHMI) dr. Hardhi juga menuturkan, sirsak juga kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa polifenol, bioflavonoid dan saponin yang dapat berfungsi untuk menangkal bahaya radikal bebas di dalam tubuh.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker dan Tumor

Selain itu, kandungan daun sirsak juga terdapat senyawa aktif bernama doxorubicin merupakan senyawa anti kanker.

Senyawa ini dapat berperan untuk menghambat aktivitas cloning atau pembelahan masal DNA pada sel kanker.

Sehingga, sel - sel kanker akan sulit tumbuh dan berkembang luas.

Senyawa ini juga dapat meningkatkan sistem imun serta menghindari infeksi mematikan di dalam tubuh kita.

4. Menetralkan Asam Urat

Khasiat daun sirsak berguna untuk menetralkan kadar asam urat dalam darah berlebihan. Hal ini dikarenakan, air rebusan daun sirsak memiliki kandungan senyawa aktif antioksidan tinggi seperti flavonoid dan saponin.

5. Menghilangkan Kutu Rambut

Air rebusan daun sirsak dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan telur kutu dan ketombe membandel di rambut. Senyawa kimia pada daun sirsak juga mampu membasmi kutu parasit dengan cara penggunaan yaitu mencuci rambut anda dengan air rebusan sirsak.

6. Menyembuhkan Diabetes

Senyawa antioksidan pada daun sirsak cukup efektif untuk menetralkan kadar gula pada penderita diabetes tipe 2. Antioksidan tersebut dapat melindungi dinding pembuluh darah dan menghancurkan kristal asam urat. Mengkonsumsi secara rutin sesuai dosis dapat menyembuhkan diabetes.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi rebusan daun sirsak 2 gelas sehari dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Jika anda mengkonsumsinya secara rutin dan sesuai dosis, maka anda akan terhindari dari resiko serangan jantung dan stroke.

8. Mencegah Batu Ginjal

Akibat asam urat tinggi lambat laun dapat menimbulkan endapan kristal asam urat pada dinding pembuluh darah dan organ ginjal. Jika mengendap di ginjal maka cenderung menimbulkan batu ginjal. Senyawa annocatalin dan gentisic mampu mencegah proses pembentukan batu ginjal dan membuang asam urat berlebih melalui urine.

9. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat daun sirsak juga terbukti untuk meningkatkan produksi jumlah sperma bagi pria dan meningkatkan kesuburan bagi wanita dan memperkuat dinding rahim. Seseorang yang memiliki masalah dengan kualitas masa subur dapat mengkonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin.

Cara Pengolahannya dan Dosis Minum

Dosis daun sirsak untuk asam urat dapat menggunakan 6 hingga 7 lembar daun.

Daun tersebut dicuci bersih dan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dengan peralatan rebusan non logam hingga menyisakan 1 gelas air rebusan daun sirsak. Minum selagi hangat tanpa campuran gula di waktu pagi dan malam hari sebelum tidur.

1 gelas air rebusan daun sirsak tadi sebaiknya diminum untuk sekali pemakaian.

Tidak dianjurkan untuk merebus daun sirsak yang sudah direbus tadi untuk kedua kalinya dan jangan biarkan air rebusan daun sirsak dibiarkan selama 8 jam begitu saja. Karena dikuatirkan akan mejadi toxin atau racun bagi tubuh.

Minum air rebusan daun sirsak sebanyak 4 kali dalam 1 minggu diwaktu pagi dan malam hari.

Itu bearti ada waktu 3 hari anda tidak meminumnya. Setelah 1 minggu pemakaian, lakukan pemeriksaan kadar asam urat di puskesmas atau rumah sakit. Jika masih tinggi, lanjutkan untuk mengkonsumsinya.

Jika telah normal, cukup mengkonsumsi air rebusan daun sirsak seminggu sekali saja.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan :
  • Tidak dianjurkan jika anda mengkonsumsi air rebusan daun sirsak bersamaan dengan obat - obatan kimia karena memiliki kemungkinan tubuh akan mengalami keracunan
  • Jangan minum banyak air putih setelah minum rebusan daun sirsak. Hal ini untuk menjaga keseimbangan kinerja ginjal
  • Sebaiknya menggunakan daun sirsak dalam kondisi segar daripada mengkonsumsi dalam daun sirsak dalam bentuk serbuk atau kapsul. Daun sirsak masih segar tidak memiliki aroma menyengat sehingga tidak menimbulkan rasa mual
  • Hati - hati dengan mengkonsumsi kapsul daun sirsak, cek tanggal kadarluarsa obat
Selama pengobatan, anda dianjurkan untuk mengurangi makanan pantangan asam urat dan mengkonsumsi air putih sesuai anjuran medis.  Hal ini untuk memberikan hasil yang maksimal dalam menjalani pengobatan non famakologis. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

0 komentar: