Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagi masyarakat Indonesia, buah sirsak seringkali disebut dengan nama nangka belanda.

Pada umumnya buah sirsak dikonsumsi secara langsung. Selain itu, pengolahan buah sirsak juga seringkali dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai olahan minuman dan makanan sehat seperti jus, permen, dodol, es krim, kue donat, puding dan sebagainya.

Buah sirsak mengandung vitamin apa?

Tahukah anda, bahwa setiap satu buah sirsak utuh, terdiri dari 67% daging buah yang dapat kita konsumsi, 9% biji, 20% kulit dan sisanya 4% adalah bagian poros tengah buah.

Buah ini juga terdiri dari 68% kandungan gula alami.


Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan Indonesia tahun 1996, kandungan gizi buah sirsak setiap 100 gram terdiri dari ;
  • 65 Kcal Energi
  • 1 gram Lemak
  • 16,3 gram Karbohidrat
  • 14 mgram Kalsium
  • 27 mgram Fosfor
  • 2 gram Serat
  • 0.6 mgram Zat besi
  • 1 RE Vitamin A
  • 0,07 mgram Vitamin B1
  • 0,04 mgram Vitamin B2
  • 20 mgram Vitamin C dan 
  • 0,7 mgram Niasin. 
Berdasarkan kandungan gizi tersebut, 

Inilah manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Daging buahnya juga memiliki kandungan senyawa sitotoksik yang aktif dan cukup kuat yaitu acetogenins

Senyawa acetogenins ini dapat berfungsi di dalam tubuh kita untuk menetralkan racun dan sebagai zat anti kanker. Selain acetogenins, senyawa lainnya seperti saponin, polifenol, dan bioflavonoid memiliki khasiat sebagai zat antioksidan alami.

2. Mencegah Osteoporosis

Kandungan mineral dan fosfor pada Anona muricata Linn memiliki manfaat penting bagi pembentukan tulang. Sehingga, bagi mereka yang mengkonsumsinya akan terhindar dari penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang).

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin C, B1, B2, zat besi dan fosfor sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Selain itu, vitamin tersebut dapat mengikat radikal bebas di dalam darah.

4. Menjaga Sistem Saluran Cerna

Khasiat buah sirsak lainnya terdapat pada vitamin B2 dan serat berguna untuk melindungi membran mukosa dinding usus dari serangan bakteri usus. Jika anda mengkonsumsi buah sirsak, anda akan terhindari dari masalah gangguan kesehatan saluran cerna seperti sembelit, diare dan sebagainya.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Senyawa antioksidan seperti vitamin C, serat dan vitamin B1 dapat berguna untuk menetralkan kadar kolesterol darah. Selain itu, khasiatnya juga mampu untuk mencegah resiko serangan jantung, stroke dan gangguan saraf.

6. Membuat Awet Muda

Kandungan vitamin C sebesar 20 mg per 100 gram daging buah sangat baik sebagai zat antioksidan di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan. Sehingga, buah sirsak dapat membantu anda untuk tampil awet muda.

7. Menyehatkan Kulit

Saat ini telah tersedia produk olahan buah sirsak berupa kapsul. Bubuk dari buah sirsak ini memiliki khasiat untuk melembabkan kulit dan memberikan nutrisi pada kulit. Sehingga, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pori pori membesar, menghilangkan garis kerutan dan sebagainya.

8. Mencegah Kerontokan Rambut

Kandungan vitamin C dan beberapa mineral seperti fosfor dan kalsium dapat membantu untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Jika anda rajin mengonsunsi buah sirsak maka rambut akan tampil indah dan kuat.

9. Menghilangkan Ketombe

Manfaat buah sirsak bersifat anti parasit dan mampu untuk menghilangkan ketombe membandel. Cara menggunakannya cukup muda. Blender halus buah sirsak secukupnya dan tambahkan 1 gelas air. Kemudian saring untuk mengambil sarinya. Gunakan air tersebut untuk keramas. Diamkan selama 15 menit dan cuci rambut dengan shampo condisioner.

Efek Samping Samping Buah Sirsak

Dibalik manfaatnya yang luar biasa, ternyata mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh.

Jika dikonsumsi dalam batas tidak wajar, dapat menyebabkan gangguan gerak yang mirip dengan penyakit Parkinson.

Buah sirsak juga tidak baik jika dikonsusmsi oleh penderita tekanan darah rendah.

Selain itu efek samping buah sirsak bagi ibu hamil dapat menimbulkan kontraksi otot dan mengganggu janin dalam rahim karena sifatnya buah sirsak asam.


Kemudian, dilarang keras ketika anda mengkonsumsi jus sirsak secara bersamaan dengan minum obat karena dapat menimbulkan keracunan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

0 komentar: