Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


7 Ciri Ciri Maag Kambuh Yang Sudah Parah

Apa itu sakit maag?

Maag adalah suatu penyakit gangguan sistem pencernaan ditandai dengan rasa nyeri berasal dari  saluran kerongkongan, lapisan dalam lambung (tukak lambung) atau usus halus diakibatkan oleh sejumlah faktor.

Adapun beberapa faktor tersebut sebagian besar disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori dan buruknya pola makan.

Selain itu, stress berkepanjangan dan penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dalam jangka panjang.

Perlu anda ketahui, maag disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori dapat menimbulkan iritasi dan luka pada lapisan dalam lambung. Inilah sebabnya, penderita maag merasakan nyeri terutama pada saat makan ataupun minum

Penderita penyakit maag pada umumnya akan mengalami nyeri akut dibagian perut, terasa kembuh, begah, sesak nafas dan diiringi rasa mual berlebihan.

Lebih parahnya lagi, penderita maag akut akan mengalami muntah muntah jika sedang kambuh dan makanan akan sulit masuk ke lambung dan perut terasa sangat nyeri melilit.

Jangan anggap remeh penyakit maag, kenali gejala penyakit maag sedini mungkin untuk menghindari maag kronis.

Untuk menghindari hal tersebut, kenali beberapa gejala berikut ini.

7 Ciri Ciri Maag:

1. Terasa Panas di Perut

Seringkali gejala maag ini akan dirasakan oleh penderitanya terutama pada perut bagian atas. Rasa panas tersebut muncul akibat adanya luka pada lapisan dinding lambung bagian dalam oleh infeksi bakteri. Biasanya sensasi seperti terbakar akan dirasakan selama 1 hingga 2 jam setelah makan.

2. Nyeri Pada Ulu Hati

Rasa nyeri akan dirasakan ketika penderita maag mengkonsumsi makanan bertekstur keras dan minuman mengandung kafein seperti kopi. Nyeri akan dirasakan terutama di waktu pagi hari. Durasinya pun beragam, terkadang hanya berlangsung sekejap saja. Akan tetapi, maag kronis dapat berlangsung lama.

3. Sering Bersendawa

Ciri ciri penyakit maag kambuh selanjutnya penderita akan sering bersendawa. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan asam lambung da naik ke permukaan. Jika anda sering bersendawa, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan bertekstur keras, asam, pedas dan mengandung tinggi lemak.

4. Perut Kembung

Peningkatan asam lambung dapat memicu terbentuknya tekanan gas dalam lambung. Tekanan tersebut dapat mengakibatkan perut kembung, begah dan terasa berisi. Kondisi semakin parah jika s penderita tidak buang angin maka perut akan membusung.

5. Mual dan Muntah

Mual dan muntah adalah ciri ciri penyakit maag yang sudah parah. Penyebabnya adalah penipisan lapisan dinding lambung, peningkatan senyawa asam dan adanya luka. Terkadang, kondisi mual seringkali disalah artikan bagi seorang wanita setelah berhubungan dengan anggapan bahwa ia sedang hamil.

Asam lambung berlebihan dapat memicu perut kembung dan tekanan angin naik ke permukaan. Akibatnya, ketika penderita maag mengkonsumsi makanan dan minuman maka akan menimbulkan dorongan keluar ke saluran cerna atas dan mengalami muntah - muntah.

6. Cepat Lapar

Berbeda dengan kondisi lambung yang normal, penderita maag biasanya akan merasa cepat lapar walapun belum terlalu lama makan. Akan tetapi jika makan akan cepat kenyang. Hal ini dikarenakan penderita maag terbiasa dengan perut kosong seanjutnya akan makan terlalu banyak untuk mengisi kekosongan lambung.

Akibatnya otak akan terprogram bahwa makanan yang masuk belum mencukukupi asupanan makanan ideal perhari.

7. Gangguan Pencernaan

Biasanya penderita maag akan merasa mulas atau perut terasa sakit saat BAB yang terjadi dikarenakan adanya luka pada usus halus dan tekanan gas asam dari lambung akibat pergerakan fases.

Itulah beberapa ciri ciri maag kambuh yang harus di waspadai. Ketika anda mendapati salah satu atau diantar gejala di atas, jangan mengabaikannya begitu saja karena penyakit maag dapat memicu kanker lambung dan usus. Untuk itu, segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan jangan lupa menjalani pola hidup sehat terutama makan secara teratur.

    Share on Facebook
    Share on Whatapps
    Share on Line
    Tags :

    Related : 7 Ciri Ciri Maag Kambuh Yang Sudah Parah

    0 komentar: