Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


8 Ciri Ciri Kanker Payudara Yang Mudah Dikenali & Penyebabnya

Kanker payudara adalah salah satu jenis tumor ganas dan sangat berbahaya akibat dari pertumbuhan sel kanker pada jaringan kelenjar susu di luar kendali.

Perkembangan penyakit inipun sangat cepat hanya butuh waktu kurang dari 3 tahun sejak stadium awal, sel kanker dapat membentuk struktur jaringan sendiri dan menyebar ke jaringan sekitar sepeti kelenjar getah bening di bagian ketiak dan leher serta cenderung merusak jaringan kulit dan organ vital terdekatnya.

Bahkan akibat buruknya dapat menimbulkan komplikasi hingga merenggut korban jiwa.


Mengingat akan dampak buruknya, penting sekali bagi seorang wanita untuk mengetahui tanda tanda kanker payudara sejak dini dengan cara SADARI. Karena, stadium awal kanker masih dapat diobati dengan peluang kesembuhan secara total lebih tinggi.

Inilah 8 ciri ciri kanker payudara stadium awal:

1. Mengalami Perubahan Bentuk dan Ukuran

Apakah ukuran dan bentuk payudara sebelah kiri dan kanan sama ? Apakah ukurannya dalam waktu beberapa bulan tampak membesar atau mengecil ?

Misalnya, jika biasanya anda menggunakan ukuran bra 34 menjadi 32 dan bentuk payudara mengalami perubahan bentuk yang tadinya kencang dan sekarang tampak menggelambir tanpa sebab, jika dalam kurun waktu beberapa bulan terdapat perubahan bentuk dan ukuran payudara dengan kondisi tersebut, maka kondisi ini patut di curigai.

2. Munculnya Rasa Gatal dan Panas

Biasanya rasa gatal dapat terjadi pada bagian puting dan menimbulkan sensasi panas. Walaupun demikian, kondisi ini belum cukup kuat untuk memvonis adanya sel kanker. Karena penyebab lainnya seperti penyakit mastitis atau infeksi saluran kelenjar susu pada ibu menyusui bisa saja terjadi. Maka dari itu, mengunjugi dokter penyakit dalam adalah pilihan tepat.

3. Keluarnya Cairan Dari Puting

Jika seorang ibu menyusui atau sedang hamil tua kondisi ini sangatlah wajar. Akan tetapi, pada wanita normal ketika pada puting mengeluarkan cairan bening, bewarna kecoklatan, putih susu, bewarna merah darah dengan kental atau encer, maka kondisi tersebut adalah salah satu ciri ciri kanker payudara stadium awal.

4. Perubahan Bentuk dan Warna Kulit

Penderita kanker di payudara tahap awal dapat dilihat dari perubahan bentuk dan warna kulit. Biasanya, warna kulit terdapat bintik bintik kemerahan dan tekstur kulit tampak mengerut terutama disekitaran puting.

5. Nyeri Tak Kunjung Hilang

Rasa nyeri dapat timbul dan hilang dalam waktu sesaat. Akan tetapi, jika terdapat sel kanker di payudara maka anda akan sering merasakan nyeri. Biasanya gejalanya dapat dirasakan hingga ke daerah punggung bagian atas dan sekitara ketiak.

6. Munculnya Benjolan

Benjolan di payudara memang menjadi salah sau indikasi kuat bahwa sel kanker telah membentuk struktur jaringan tersendiri.Akan tetapi, masih ada kemungkinan kecil bahwa benjolan tersebut dapat berupa tumor jinak dan tidak berbahaya.

Ukuran dari benjolan ini pada awalnya hanya menyerupa jerawat batu dengan warna kulit tampak berlinang dan terasa kasar. Jika disentuh terasa ada semacam bulatan gumpalan dan nyeri.

7. Puting Terdorong ke Dalam

Ciri ciri kanker payudara yang mudah dikenali selanjutnya adalah kondisi puting terlihat terdorong ke dalam dan mengerut. Keanehan ini biasanya hanya terjadi pada salah satu bagian dari payudara. Selain itu, bentuknya tampak menggelambir sebelah.

8. Kelelahan Sepanjang Waktu

Hal ini merupakan gejala umum bahwa setiap penderita kanker pasti akan mengalami kondisi kelelahan sepanjang waktu walaupun tanpa melakukan aktivitas. Selain itu, kondisi ini dapat diiringi dengan penurunan nafsu makan.

Setidaknya ada 5 jenis kanker payudara yang tercatat dalam dunia kedokteran menyerang payudara wanita. Namun 85% diantaranya dari jenis Invasive atau Infiltrating Ductal Carcinoma (IDC)  paling banyak terjadi dan menginfeksi sel saluran susu (duktus). Kemudian masuk kedinding duktus dan meyerang dan berkembang di jaringan lemak hingga membentuk struktur jaringan sendiri.
Jika sudah memiliki satu tanda saja atau adanya perubahan yang terjadi pada payudara yang tidak se[erti biasanya perlulah diwaspadai kemudian memeriksakan diri ke dokter terkait dibidangnya.

Ada beberapa pengecekan yang umumnya dokter lakukan antara lain :
  • Pengecekan fisik dilakukan oleh dokter wanita
  • Uji sampel darah
  • Menggunakan metode mammografi dilakukan dengan mengecek payudara dengan sinar rontgen dosis rendah untuk melihat bagian dalam payudara. Dari sinilah akan diketahui seberapa parah dan tingkat penyebaran sel kanker yang akan dikelompokkan menjadi beberapa stadium 1,2,3 dan 4.
  • USG Payudara, tindakan ini perlu dilakukan ketika sudah terdapat gejala fisik seperti adanya benjolan. Hal ini untuk memastikan apakah bejolan tersebut berupa padat atau adanya cairan.

Penyebab Kanker Payudara

Kanker payudara dapat dicegah. Salah satu tindakan kongkrit yaitu dengan mengetahui penyebabnya berikut ini.
  • Berat badan berlebih (obesitas)
  • Kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi alkoohol dan merokook
  • Usia lanjut terutama pada usia 50 tahun ke atas
  • Faktor genetika (riwayat keluarga)
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat termasuk makanan berlemak tinggi
  • Penggunaan terapi hormon dan penggunaan obat obatan
Ketika telah ditemukan salah satu adau beberapa gejala kanker payudara pada diri anda, maka jangan tunda lagi untuk segera mengunjungi dokter penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan pengobatan secara intensif.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8 Ciri Ciri Kanker Payudara Yang Mudah Dikenali & Penyebabnya

0 komentar: