Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


5 Ciri Ciri Kanker Kulit Stadium Awal dan 6 Penyebabnya

Apa yang dimaksud dengan kanker kulit?

Kanker kulit adalah suatu penyakit disebabkan oleh mutasi DNA sel pada lapisan epidermis kulit sehingga mengakibatkan pertumbuhan sel secara masif dan berkembang menjadi ganas tak terkendali serta menimbulkan kecenderungan merusak jaringan otot dan tulang.

Bukan hanya itu saja, akibat kanker kulit juga dapat mengakibatkan komplikasi serius karena sel kanker dapat menyebar ke dalam aliran darah dan jaringan kelenjar getah bening dan area vital lainnya seperti organ paru paru.

Pada stadium awal, sulit mengenali pada tubuh seseorang terdapat sel kanker di kulit.

Karena ciri ciri kanker kulit stadium awal dapat menyerupai penyakit kulit pada umumnya seperti gatal gatal, rasa panas di kulit, kulit bersisik dan munculnya ruam bewarna merah.

Bahkan, tanda - tanda kemunculnya dapat di awali dari tahi lalat.

Sebagian besar pertumbuhannya dapat terjadi pada bagian tubuh yang terekspos sinar matahari seperti wajah, tangan, bibir, kaki dan kulit kepala. Akan tetapi, ada jenis kanker di kulit lainnya dapat tumbuh pada daerah tertutup seperti area kemaluan, punggung dan dada.

Cobalah anda perhatikan gambar berikut ini:

Coba anda perhatikan. Inilah tanda tanda di kulit terdapat sel kanker.
Perubahan Warna di Kulit dan Tahi Lalat
Tanda Kemunculan Kanker Kulit di Telapak Tangan
Stadium awal kanker dapat disembuhkan.

Untuk itu, penting sekali bagi kita terutama anda yang sering terpapar sinar matahari, hidup pada suhu beriklim panas dan memiliki pigmen kulit bewarna cerah agar mengetahui gejala awalnya. Dengan begitu tindakan pengobatan dapat segera dilakukan dan memiliki peluang besar untuk sembuh.

Inilah 5 ciri ciri kanker kulit yang harus di waspadai:

1. Perubahan Warna Kulit Area Lokal

Perubahan warna kulit hanya terjadi secara lokal dan dapat terjadi dibagian tubuh manapun. Dapat ditandai dengan bercak kulit berwarna putih, ruam kemerahan, kecoklatan dan biru kehitaman. Bentuknya pun terkadang tidak beraturan.

Kondisi tersebut menandakan bahwa seseorang mengidap kanker kulit melanoma, salah satu dari jenisnya yang paling berbahaya. Pertumbuhannya semakin cepat ditandai dengan lesi semakin meluas ke daerah sekitarnya bahkan lambat laun dapat menumbulkan luka borok.

2. Tahi Lalat Mengalami Perubahan Bentuk dan Ukuran

Waspadai jika tahi lalat anda memiliki kecenderungan perubahan bentuk dan ukuran. Karena kondisi ini merupakan gejala lanjutan dari melanoma.

Selain ukurannya bertambah besar, warnanya pun dapat bervariasi.

Tahi lalat normal hanya memiliki satu warna secara keseluruhan. Dapat berwarna hitam, kecoklatan, kebiruan dan sebagai tergantung pingmen kulit dan ras genetik manusia.

Lain halnya jika tahi lalat terdapat sel kanker, maka warnanya cenderung bervariasi dan terlihat lebih dari satu warna seperti hitam kebiruan bercampur coklat dan sebagainya. Selain itu, jika disentuh akan terasa nyeri dan jika ditekan akan mengeluarkan darah.

3. Muncul Benjolan di Atas Permukaan Kulit

Sebagian besar kasus ditemukan, tanda tanda ini dapat terjadi pada daerah kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti kulit wajah, tangan, kaki dan kulit kepala. Benjolan tersebut bertekstur keras atau lembut dengan warna dasar kemerahan, coklat memiliki bintik bintik hitam dan tampak mengkilap. Terkadang tidak menimbulkan rasa sakit sedikitpun.

4. Kulit Bersisik

Pancaran sinar ultraviolet kepada orang berkulit cerah dapat merubah warna dan tekstur kulit. Perubahan tersebut biasnya dapat ditandai dengan kulit mengering, bersisik, bercak bercak puitih, penebalan kulit dan sebagainya. Kondisi ini juga dapat dikatakan sebagai gejala pra kanker.

5. Gatal Gatal dan Sensasi Kulit Terbakar

Ciri ciri kanker kulit ini dapat berawal dari munculnya perubahan warna kulit yang terjadi pada daerah lokal seperti kulit wajah, tangan dan sebagainya. Dapat ditandai dengan warna kemerahan, bercak putih atau coklat kebiruan.

Kemudian berlanjut ditandai dengan gejala gatal gatal disertai nyeri dan sensasi kulit seperti terbakar tak kunjung hilang. Jika sudah terdapat luka, maka cenderung mengeluarkan darah dan berair.

6 Penyebab Kanker Kulit:

  1. Terlalu lama dan sering terpapar sinar matahari jenis (ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB)
  2. Pigmen kulit berwarna putih
  3. Akibat dari terapi radiasi
  4. Mengkonsumsi makanan dengan cara pengolahan diasin, diasap, dipanggang atau memiliki kandungan kimia berbahaya dalam maaknan yang dapat mengaktifkan sel kanker
  5. Dipengaruhi faktor usia antara 40 - 60 tahun dan faktor genetik yang mempunyai anggota keluarga pernah terkena penyakit ini
  6. Memiliki banyak tahi lalat
Ada baiknya jika terdapat kelainan pada kulit anda seperti gejala di atas, maka segeralah mengunjungi dokter kulit. Diagnosa untuk memastikan apakah benar penyakit ini diderita oleh seseorang, biasanya secara medis akan dilakukan tindakan seperti pemeriksaan darah dan pengambilan sampel kulit untuk di uji.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 5 Ciri Ciri Kanker Kulit Stadium Awal dan 6 Penyebabnya

0 komentar: