Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan Cepat dan Tidak Perih

Sebenarnya, tanpa pengobatan sariawan dapat sembuh total dengan sendirinya dalam waktu 5 hingga 9 hari seiring dengan peningkatan sistem daya tahan tubuh.

Akan tetapi, selama itukah anda sanggup merasakan rasa sakit ?

Berbicara tidak nyaman, kesulitan menelan ketika makan dan minum, emosional tidak stabil karena mudah marah, merasakan perih sepanjang waktu dan akibat lainnya.

Tentu saja jawabannya tidak!

Sariawan mengganggu ? atasi saja dengan beberapa cara ini.
Bibir sariawan parah
Hal yang harus kita lakukan ketika sariawan datang di bibir, gusi dan lidah adalah mempercepat proses penyembuhan. Sehingga, aktivitas keseharian tidak terhambat oleh penyakit tersebut.

Bagaimana caranya ?

Kami memiliki beberapa tips alami untuk mengobati sariawan dengan cepat tanpa menimbulkan rasa perih dan aman digunakan. Diantaranya sebagai berikut.

6 cara menyembuhkan sariawan:

1. Berkumur Dengan Rebusan Daun Sirih

Beberapa kandungan daun sirih seperti riboflavin dan vitamin C memiliki khasiat sebagai senyawa antioksidan dan antiseptik alami untuk mempercepat proses penutupan luka sariawan. Penggunaannya dengan cara berkumur dengan air rebusan daun sirih hijau atau mengunyah mentah.

Petunjuk penggunaan:
  1. Sediakan 5 lembar daun sirih hijau tua
  2. Rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih
  3. Diamkan hingga dingin
  4. Gunakan rebusan daun sirih untuk berkumur setiap kali makan besar
  5. Lakukan secara rutin hingga sariawan sembuh

2. Oleskan Minyak Cengkeh

Untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat dan tidak perih kita dapat menggunakan bahan alami berupa minyak cengkeh murni. Senyawa eugenol pada minyak cengkeh berperan sangat aktif untuk meredakan rasa sakit, mematikan bakteri dan mempercepat proses regenerasi sel pada luka sariawan.

Penggunaannya pun sangat lah mudah. Cukup oleskan minyak cengkeh pada bagian luka dengan kapas. Anda juga dapat menggunakannya sebagai obat kumur dengan cara menuangkan 2 sdm minyak cengkeh pada 1 gelas air. Kemudian berkumurlah dengan air tersebut.

3. Larutan Garam

Larutan air garam hangat memiliki sifat disenfektan alami. Ini bisa anda jadikan obat alami untuk mengatasi sariawan. Cukup larutkan 1 sdt garam halus pada 1 gelas air hangat. Kemudian, berkumurlah dengan larutan tersebut secara rutin. Paling tidak dalam 1 hari, gunakan 4 kali terutama setelah makan besar.

4. Temulawak Putih

Rasanya sangat pahit, akan tetapi cara ini sangat ampuh untuk mengobati sariawan parah sekalipun karena kandungan temulawak berupa minyak atsiri dan senyawa anti inflamasi lainnya. Penggunaannya dapat dilakukan dengan 2 cara. Diantaranya yaitu.

Cara membuatnya:
  1. Sediakan secukupnya temulawak putih
  2. Kupas kulitnya dan cuci bersih
  3. Tumbuk temulawak hingga halus
  4. Bersihkan rongga mulut dengan cara sikat gigi terlebih dahulu
  5. Tempelkan temulawak halus tadi pada daerah luka
  6. Diamkan selama 20 menitan
  7. Berkumurlah dengan air hangat
Selain itu, mengkonsumsi jamu temulawak dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anda juga dapat menggunakannya untuk berkumur. Akan tetapi rasanya sangat pahit. Jika ingin sembuh dengan cepat, car ini harus anda lakukan.

5. Gunakan Daun Binahong

Daun binahong dikenal dengan tanaman ajaib untuk menyembuhkan beragam penyakit kulit, mengatasi luka bakar termasuk menyembuhkan luka sariawan dengan begitu cepat tanpa menimbulkan rasa perih.

Semua itu berkat adanya kandungan senyawa asam askorbat, oleanolik dan minyak atsiri.

Petunjuk penggunaan:
  1. Sediakan 4 lembar daun binahong tua
  2. Cuci bersih dan rebus bersama dengan 4 gelas air hingga mendidih
  3. Angkat dan diamkan hingga dingin
  4. Gunakan air rebusan untuk berkumur 1 hari 4 kali pemakaian
Selain digunakan untuk obat kumur, anda dapat menggunakan daun binahong untuk lalapan atau dikonsumsi dengan cara diminum. Kegunaannya banyak sekali untuk mengatasi ragam penyakit.

6. Gunakan Daun Kemangi

Kemangi sangat kaya akan senyawa anti microba, anti inflamasi dan antiseptik alami.

Sangat baik untuk kesehatan terutama untuk meningkatkan imunitas tubuh guna melawan infeksi bakteri, kuman dan virus. Penggunaan daun kemangi untuk menyingkirkan sariawan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi secara langsung atau dengan cara ditumbuk halus kemudian tempelkan pada luka sariawan.

Selain itu, untuk mempercepat proses penyembuhan sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut ini:
  • Hindari mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak
  • Hentikan sementara menikmati minuman mengandung caffein dan bersoda
  • Stop melakukan kebiasaan buruk seperti merookok dan mengkonsumsi alkoohol
  • Hentikan stres segera karena kondisi ini dapat memicu peningkatan hormon estrogen dan progesteron
  • Perbanyak konsumsi buah dengan kandungan tinggi antioksidan seperti apel, buah naga, sunkist dan sebagainya
  • Jagalah kebersihan mulut dan gigi anda dengan cara menyikat gigi secara benar dan teratur seiap harinya
Diantara banyak cara alami menyembuhkan sariawan di atas, cukup memilih salah satunya saja.

Jika beberapa cara di atas tidak cukup efektif menghilangkan luka sariawan dalam waktu 3 hingga 5 hari sedangkan sariawan tak kunjung sembuh, ada baiknya permasalahan ini anda bicarakan ke dokter ahli untuk mendapatkan perawatan.

Hal ini dikarenakan, sariawan sulit sembuh atau sering mengalami sariawan disinyalir tubuh anda mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh, petanda penyakit serius seperti kanker, infeksi gigi dan sebagainya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan Cepat dan Tidak Perih

0 komentar: