Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


6 Cara Menghilangkan Komedo Dalam Semalam 100% Aman

Apa itu komedo?

Komedo adalah istilah kesehatan yang digunakan untuk menggambarkan kondisi pori - pori wajah berisikan cairan atau kotoran berupa sel - sel kulit mati berwarna hitam ataupun putih.

Menghilangkan komedo dengan cara di pencet atau menggunakan komedo stick memang dapat anda jadikan salah satu solusi.

Selain menyakitkan, sebagian besar mereka yang menggunakan cara tersebut justeru menimbulkan masalah lainnya dikemudian hari seperti pori pori kulit jadi membesar, iritasi pada kulit, munculnya jerawat dan sebagainya.

Atasi komedo membandel dengan beberapa cara alami berikut ini.

Diartikel ini kami memiliki solusi lainnya untuk mengatasi komedo membandel dengan cara alami dan aman 100 % untuk semua jenis kulit.

Jika anda tertarik, pilih salah satu cara di bawah ini.

6 Cara menghilangkan komedo:

1. Menggunakan Kayu Manis

Mengapa kita menggunakan kayu manis ?

Kayu manis memiliki sifat anti bakteri untuk mengangkat sel kulit mati dan mengangkat komedo yang terjebak di lapisan dalam kulit. Menggunakannya secara rutin sebagai masker wajah dapat mencegah timbulnya jerawat.

Petunjuk penggunaan:
  1. Sediakan 1 sendok makan bubuk kayu manis
  2. Tambahkan sedikit air dingin bersih 
  3. Aduk merata hingga terbentuk adonan pasta
  4. Oleskan lapisan tipis di atas permukaan kulit berkomedo
  5. Tunggu selama 25 menit
  6. Basuhlah wajah anda dengan air bersih

2. Daun Teh Hijau

Kandungan vitamin dan antioksidan pada daun teh hijau dapat membantu untuk mengeluarkan minyak berlebihan dan mencegah komedo meradang. Selain itu, khasiat teh hijau untuk wajah lainnya dapat mengangkat sel kulit mati.

Jika anda ingin menggunakannya, pastikan daun teh di petik langsung atau masih dalam kondisi hijau dan segar. Bukan berasal dari daun teh dalam kemasan.

Cara menggunakan:
  1. Sediakan secukupnya daun teh hijau dalam kondisi bersih
  2. Tumbuk hingga halus
  3. Tambahkan 1/8 gelas air dingin
  4. Saring dan tempatkan di wadah
  5. Gunakan sari daun teh hijau dan oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah hingga merata
  6. Diamkan selama 20 menit
  7. Bersihkan wajah dengan air
Gunakan cara ini secara rutin. Paling tidak dalam waktu 1 minggu 4 kali pemakaian.

3. Gunakan Komedo Black Mask

Untuk menghilangkan komedo secara alami dalam 1 hari salah satu cara ampuhnya yaitu menggunakan masker komedo hitam atau black mask. Cara ini cukup populer dikalangan artis dan remaja masa kini. Selain unik, penggunakan masker hitam memberikan hasil sangat cepat.

Anda dapat membeli produk black mask pada toko online atau apotek kecantikan. Akan tetapi, pastikan produk tersebut berbahan herbal dan tidak mengandung bahan kimia seperti mercury.

4. Jeruk Lemon

Kandungan asam sitrat alpha-hydroxy acid (AHA) pada buah lemon memiliki manfaat sebagai senyawa astrigen berguna untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah pori pori tersumbat dan merangsang kulit untuk memproduksi kolagen serta mencegah munculnya jerawat.

Petunjuk menggunakan lemon untuk menyingkirkan komedo:
  1. Peras lemon untuk mengambil sarinya dan tempatkan ke dalam wadah
  2. Gunakan handuk hangat untuk membersihkan wajah
  3. Keringkan wajah dengan handuk lembut
  4. Oleskan sari lemon ke seluruh permukaan kulit wajah secara merata
  5. Diamkan selama 20 menit
  6. Bersihkan wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk lembut
Pastikan air dingin yang anda gunakan berasal dari air matang. Karena, jika anda menggunakan air mentah maka air tersebut mengandung banyak bakteri. 

5. Gunakan Alat Penyedot Komedo

Jika anda ingin mendapatkan hasil secara cepat, maka salah satu cara menghilangkan komedo dalam semalam bahkan dalam hitung menit yaitu dengan menggunakan alat penyedot komedo.

Alat ini seringkali digunakan hampir diseluruh salon kecantikan. Fungsinya sama seperti vacum cleaner. Cukup efektif untuk mengangkat komedo putih dan hitam yang terjebak di bawah lapisan kulit serta mengangkat minyak berlebihan di wajah.

Banyak alat penyedot komedo dijual bebas di toko online. Untuk mendapatkan hasil secara maksimal, pastikan anda membeli produk asli dengan kisaran harga antara Rp 450.000,- hingga Rp 700.000,-. 

Ketika anda telah memiliki alat ini, dimana saja kapan saja anda dapat membersihkan wajah dan terhindari dari komedo dan jerawat. Bersihkan secara rutin setelah pemakaian untuk menghindari timbunan bakteri.

6. Bubuk Kopi

Kafein dan senyawa antioksidan memiliki manfaat untuk kulit wajah. Diantaranya mengangkat sel kulit mati, menghilankang komedo dan menyamarkan noda hitam di wajah. 

Akan tetapi, anda harus menggunakan bubuk kopi murni yang belum di sangrai dan bukan biji kopi berasal dari sisa pembuangan hewan luwak atau sejenisnya. Bukan pula bubuk kopi dalam kemasan.

Petunjuk penggunaannya:
  1. Sediakan 1 sdm bubuk kopi murni
  2. Teteskan minyak zaitun dan aduk merata hingga terbentuk adonan pasta
  3. Gunakan pasta kopi untuk membuat masker di seluruh permukaan kulit wajah
  4. Diamkan selama 25 menit
  5. Bersihkan wajah dengan air dingin steril
  6. Usapkan wajah dengan handuk lembut
Gunakan cara ini secara berulang jika komedo datang kembali.

Itulah beberapa cara alami menghilangkan komedo yang dapat anda pilih salah satu atau diantaranya.

Perlu anda ketahui bahwa komedo tidak dapat hilang secara permanen.

Karena, selagi ada kelenjar minyak di wajah kita, sering terkena pulusi udara, kekurangan cairan tubuh, mengkonsumsi makanan berminyak dan mengandung tinggi lemak serta lainnya, selama itu pula komedo akan muncul dan datang kembali.

Untuk itu lakukan perawatan secara rutin menggunakan salah satu cara di atas. Paling tidak dalam waktu 1 minggu gunakan 2 hingga 4 kali pemakaian.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 6 Cara Menghilangkan Komedo Dalam Semalam 100% Aman

0 komentar: