Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Mengapa Kolesterol Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung dan Stroke?

Sebenarnya kolesterol adalah suatu zat yang sangat diperlukan untuk membantu agar proses sistem metabolisme di dalam tubuh kita tetap berjalan normal. Seperti untuk membantu pembentukan sel - sel dan vitamin D, ikut serta membentuk hormon seperti hormon esterogen, testoteron serta manfaat lainnya.

Akan tetapi, jika kadar kolesterol total dalam darah melebihi batas normal justeru akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan terutama berimbas pada organ jantung dan mengganggu sikulasi peredaran darah.

Mengapa ?

Kondisi tersebut dapat terjadi kapan saja seiring dengan peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah yang sifatnya menahun.


Kolesterol jahat tersebut dapat meningkat biasanya terjadi akibat dari pola gaya hidup seperti sering mengkonsumsi makanan berminyak, mengandung lemak hewani, merookok, mengkonsumsi minuman beralkoohol, kurangnya aktivitas olahraga dan sebagainya.

Apabila kadar kolesterol LDL tinggi menunjukkan angka lebih dari 160 md/dL dan berlangsung dalam hitungan tahun, maka kondisi ini dapat menyebabkan terbentuknya penyumbatan pada dinding pembuluh darah atau yang lebih dikenal dengan plak. 

Penyumbatan tersebut dapat terjadi diberbagai pembuluh darah termasuk pembuluh darah korener jantung. Akibatnya, sistem peredaran darah yang membawa sel - sel dan oksigen ke seluruh organ tubuh akan terhambat.

Apabila penyumbatan tersebut terjadi, maka seseorang akan merasakan nyeri dada, jantung berdebar dan gejala lainnya. Bahkan, jika kondisi tersebut berlangsung lama tanpa adanya pengobatan maka dapat menimbulkan serangkaian penyakit mematikan seperti stroke, jantung koroner dan hipertensi.

Penderita kolesterol parah dapat menimbulkan penyakit serangan jantung koroner dan stroke.

Stroke adalah suatu kondisi ketika dinding pembuluh darah pecah akibat dari timbunan kolesterol. Ketika pecah, darah akan membeku dan menimbulkan kelumpuhan sistem gerak bahkan dapat meningkatkan resiko gangguan fungsi kesadaran hingga dapat merenggut korban jiwa.

Itulah alasannya, mengapa kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke? 

Jika anda saat ini memiliki faktor resiko, ada baiknya mulai dari sekarang untuk merubah pola hidup anda mejadi lebih baik dengan menjalani rutinitas olah raga secara teratur, mengkonsumsi buah dan sayuran hijau, hindari makanan pantangan kolesterol tinggi dan hilangkan kebiasaan buruk.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Mengapa Kolesterol Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung dan Stroke?

0 komentar: