Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9+ Komplikasi Diabetes Melitus No. 7 Pembusukan Kaki

Salah satu komplikasi diabetes melitus yang seringkali terjadi pada kebanyakan penderita diabetes yaitu dapat menimbulkan kerusakan pembuluh darah terutama di bagian kaki dan jaringan disekitarnya hingga berakibat pada pembusukan kaki dan tindakan amputasi

Sangat mengerikan !

Akan tetapi bukan hanya itu saja akibat buruk dari penyakit diabetes menahun. Jika tidak diobati dengan segera, maka diabetes dapat mengakibatkan beragam komplikasi serius di berbagai organ tubuh manusia, bahkan menurut data WHO penyakit ini menempati urutan ke 3 menjadi penyebab kematian di dunia.


Inilah beberapa komplikasi diabetes melitus bagi tubuh kita. Diantaranya sebagai berikut :

1. Gangguan Penglihatan

Tingginya kadar glukosa dalam darah dapat menurunkan kualitas darah hingga menimbulkan terganggunya suplai darah di berbagai organ termasuk mata. Beberapa gangguan penglihatan yang akan terjadi diantaranya retinopati (penglihatan menjadi buram), katarak dan glaukoma (rasa nyeri akibat meningkatkan tekanan dalam bola mata).

2. Kebotakan

Diabetes menahun dapat menimbulkan penebalan pada dinding pembuluh darah arteri di seluruh bagian tubuh, termasuk pada bagian kulit kepala. Berkurangnya suplai darah akibat penebalan tersebut dapat menghambat darah berisi oksigen menuju kulit kepala. Sehingga, penderita diabetes akan mengalami rambut rontok parah.

3. Disfungsi Sexsual

Kadar gula yang tinggi juga dapat menimbulkan gangguan syaraf dan pada pembuluh darah halus di sekitar organ reproduksi pria dan wanita. Akibatnya, aliran darah akan terhambat. Beberapa gejalanya pada pria si P akan sulit berdiri dan untuk wanita berkurangnya cairan pelumas.

4. Gangguan Fungsi Syaraf

Sistem syaraf di dalam tubuh kita juga terkena imbasnya. Dalam dunia medis istilah ini sering disebut dengan nama neuropati.

Gejala neuropati pada penderita diabetes akan sering dirasakan pada bagian kaki seperti merasakan kebas, kesemutan, rasa panas, nyeri, berdenyut terus menerus dan sebagainya. Selain itu, saluran cerna dan kandung kemih juga kena dampaknya. Kontipasi atau susah buang air besar dan infeksi saluran kemih akan sering dirasakan.

5. Lambatnya Proses Penyembuhan Luka

Melalui sebuah penelitian dilakukan oleh ahli kesehatan bahwa pada penderita diabetes melitus di dalam tubuhnya lebih banyak terdapat kuman dan bakteri. Oleh sebab itu, pasien DM akan sering mengalami infeksi jamur, infeksi gigi, sariawan dan sebagainya.

Selain itu, jika terjadi luka sekecil apapun maka luka tersebut sangat lambat proses penyembuhannya. Hal ini disebabkan menurunnya kemampuan sel darah putih atau leukosit untuk membasmi kuman dan bakteri yang masuk melalui luka.

6. Kehilangan Kesadaran (Koma)

Dalam istilah medis kehilangan kesadaran disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah disebut dengan nama hiperglikemi.  Kondisi ini dapat disebabkan oleh kurangnya kandungan insulin di dalam tubuh. Sehingga, peningkatan kadar gula dapat mengganggu pusat kesadaran di otak. Biasanya, koma seringkali ditemukan pada penderita diabetes tipe 1.

7. Pembusukan Kaki

Komplikasi diabetes paling mengerikan adalah pembusukan kaki.

Bagaimana tidak ! penderitanya akan merasakan sakit sepanjang waktu akibat luka koreng di kakinya. Mengapa hal ini dapat terjadi ?

Seringkali kondisi ini terjadi pada penderita diabetes tipe 1 dan 2. Kondisi ini dapat terjadi berawal dari adanya penebalan dinding pembuluh darah dengan gejalanya berupa kulit memerah dan kering, kesemutan, terasa nyut nyutan dan sebagainya kemudian akan muncul luka lesi.


Selain itu, kondisi lainnya dapat disebabkan oleh kerusakan jaringan syaraf disekitar kaki akibat sirkulasi peredaran darah tidak lancar dan infeksi bakteri dan kuman berasal dari luka.

Luka lesi yang terbuka jika tidak diatasi dengan segera dapat menimbulkan serangan kuman dan bakteri semakin meluas ke jaringan syaraf dan kulit disekitarnya. Jika kondisi sudah parah, pembusukan kulit hingga ke tulang dapat terjadi.

8. Gagal Ginjal

Tugas ginjal adalah untuk membersihkan darah dari berbagai macam zat - zat berbahaya dan belebihan bagi tubuh, kemudian akan dibuang melalui air seni.

Kelebihan gula darah akan memicu ginjal untuk bekerja semakin ekstra. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus maka organ ginjal sedikit demi sedikit akan menurun fungsinya dan pada akhirnya berakibat resiko terserang gagal ginjal atau kerusakan sel - sel di dalam organ tersebut.

9. Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler adalah suatu penyakit disebabkan oleh terganggunya sirkulasi peredaran darah disebabkan oleh banyak hal diantaranya tekanan darah tinggi, tingginya kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

Diabetes menahun dapat menimbulkan penebalan pada dinding pembuluh darah. Jika dikolaborasikan dengan tingginya kadar kolesterol, maka kompikasi diabetes melitus dapat menimbulkan serangan jantung mendadak dan stroke (pecahnya pembuluh darah).

Dengan adanya informasi ini, semoga kita semua dapat mencegah hal buruk tersebut dengan menjalani pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur. Jangan sampai kondisi tersebut terjadi pada diri kita.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9+ Komplikasi Diabetes Melitus No. 7 Pembusukan Kaki

0 komentar: