Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


4 Kandungan Senyawa Daun Sirih Merah dan Khasiatnya

Berdasarkan hasil penelitian secara kromatografi yang dilakukan oleh Andayana Puspitasari, Apt seorang apoteker dari Biologi Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta,  menemukan kandungan sirih merah terdiri dari senyawa fitokimia alami berupa flavonoid, alkaloid, polifenolat, steroid, terpenoid, tanin dan beberapa komponen minyak atsiri.

Adapun khasiat sirih merah berdasarkan kandungan senyawa tersebut antara lain :

1. Flavonoid

Merupakan senyawa fenol yang dapat menimbulkan denaturasi protein pada tubuh bakteri. Selain itu, senyawa fitokimia ini pula dapat mengganggu sistem metabolisme dan membran sel bakteri. Sehingga, tidak akan mungkin bagi bakteri untuk berkembang luas dan pada akhirnya bakteri akan mengalami kematian. 


Dalam dunia kedokteran, kandungan senyawa flavonoid pada sirih merah seringkali dijadikan sebagai bahan baku obat untuk membuat aspirin, antiseptik seperti sabun, lotion dan obat antibiotik anti bakteri. 

Uji praklinis yang dilakukan oleh Balittro (Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik kota Bogor, membuktikan bahwa senyawa saponin sangat baik untuk menetralkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, senyawa ini pula mengandung zat antioksidan, antiinflamasi, antikanker dan antiseptik. 

2. Saponin dan Tanin

Kedua senyawa ini juga memiliki peran aktif sebagai zat antibakteri yang dapat meracuni membran sel atau dinding sel bakteri, menghambat sintesis protein dinding sel bakteri dan merusak asam nukleat sel bakteri. 

Sehingga, menggangu permeabilitas sel bakteri itu sendiri. 

Akibatnya, aktivitas pertumbuhan sel bakteri akan terhambat, bahkan lambat laun akan mengalami lisis atau suatu kondisi kerusakan membran sel dan menyebabkan keluarnya organel sel. Saponin dan tanin juga dikenal dengan senyawa anti microba untuk melawan bakteri, kuman dan virus.

3. Alkaloid

Senyawa ini paling banyak ditemukan pada bagian daun. Memiliki aktivitas hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan sebagai senyawa fitokimia anti bakteri. Kemampuan dalam melawan bakteri dengan cara mengganggu komponen stuktur peptidoglikan pada sel bakteri, sehingga lapisan membran sel tidak akan terbentuk secara sempurna dan pada akhirnya menjadi penyebab kematian bakteri itu sendiri.

4. Minyak Atsiri

Senyawa fitokimia ini memiliki aroma begitu wangi, namun mudah menguap jika berada ditempat terbuka. Senyawa ini akan tercium ketika kita merobek, meremas ataupun merebus daun sirih merah. Minyak atsiri pada sirih merah memiliki ragam turunan antara lain karvakol,  estragol, eugenol, karbakrol, kavibetol, metileugenol, seskuiterpen, terpen, tanin, dan fenilpropan.

Hampir sebagian besar komponen terbanyak dari minyak atsiri terdiri dari senyawa karvakol, merupakan senyawa yang berperan aktif dalam memberikan aroma bau khas pada tumbuhan sirih. 

Minyak atsiri terdiri dari Karvakol memberikan manfaat bagi tubuh sebagai senyawa desinfektan dan antijamur serta Eugenol bermanfaat sebagai obat alami pereda nyeri atau analgesik. Sehingga, melalui proses pemisahan minyak atsiri seringkali dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat obat - obatan kimia.

Baca : manfaat sirih merah bagi kesehatan

Selain beberapa kandungan senyawa kimia di atas, dalam setiap 100 gram daun sirih merah juga terdiri dari beberapa zat lainnya seperti :
  1. Kadar air (85,4 gram)
  2. Karbohidrat (6,1 gram)
  3. Protein (3,1 gram)
  4. Serat (2,3 gram)
  5. Mineral (2,3 gram)
  6. Asam nikotianat (0,7 mgram)
  7. Zat besi (3,5 gram)
  8. Lemak (0.8 gram)
  9. Kalsium (230 mgram)
  10. Fosfor (40 mgram)
  11. Karoten (dalam bentuk vitamin 6A) 9600 IU
  12. Riboflavin (30 ug)
  13. Tiamin (70 ug), dan 
  14. Vitamin C (5 mgram)
Itulah beberapa zat zat yang terkandung dalam daun sirih merah dengan manfaatnya luar biasanya bagi tubuh manusia. Akan tetapi jika anda ingin mengkonsumsinya, pastikan sesuai dengan dosis minum. Karena penggunaan tanpa dosis yang tepat dapat menimbulkan efek samping seperti menimbulkan gangguan janin pada ibu hamil dan iritasi kulit pada penderita keputihan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 4 Kandungan Senyawa Daun Sirih Merah dan Khasiatnya

0 komentar: