Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Apa Itu Diabetes Tipe 2 ? 7 Gejala 6 Penyebab dan Pengobatan

Apa itu diabetes melitus tipe 2 ?

Diabetes tipe 2 adalah suatu penyakit disebabkan oleh tubuh tidak efektif mempergunakan insulin atau kekurangan hormon insulin sehingga menimbulkan kadar gula dalam darah meningkat melebihi batas normal.

Pada penderita diabetes tipe 2 ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama yaitu organ pankreas mampu memproduksi hormon insulin tetapi jumlahnya tidak mencukupi dan kedua terjadinya resistensi insulin atau organ pankreas tetap memproduksi hormon insulin dalam jumlah normal akan tetapi sel sel di dalam tubuh tidak efektif menggunakannya sebagai bahan baku untuk mengubah glukosa menjadi energi bagi tubuh.

Akibat dari kedua kondisi tersebut, peningkatan glukosa dalam darah akan terjadi.


Perlu untuk anda ketahui bahwa jumlah penderita diabetes tipe 2 seringkali ditemukan daripada diabetes tipe 1. Persentasenya sekitar 96 % didominasi oleh diabetes tipe 2 dari total keseluruhan penderita diabetes. Umumnya terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia atau pada rentang usia antara 20 hingga 75 tahun.

Penyebab Diabetes Tipe 2

Salah satu faktor utama penyebab diabetes tipe 2 yaitu prilaku gaya hidup yang buruk dan riwayat faktor keturunan. Selain itu terdapat sejumlah faktor lainnya yang menyebabkan produksi hormon insulin berkurang atau terjadinya resistensi insulin, diantaranya :
  1. Kegemukan atau obesitas
  2. Usia lanjut seiring dengan menurunnya frekuensi olahraga
  3. Seorang wanita hamil penderita diabetes gestasional
  4. Kebiasaan buruk merookok dan mengkonsumsi alkohool
  5. Sering mengkonsumsi makanan tinggi kadar glukosa tanpa diiringi aktivitas olahraga
  6. Faktor keturunan dari keluarga kandung
Walaupun sebagian besar penderitanya didominasi oleh orang dewasa dan usia lanjut, tak menutup kemungkinan bahwa diabetes tipe 2 juga akan dialami oleh anak - anak dan usia remaja jika didasari oleh berat badan berlebih tanpa diiringi aktivitas olahraga.

Gejala Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 berkembang sangat lambat dan dapat terjadi selama bertahun - tahun. Terkadang, penderitanya tak menyadari bahwa ia menderita diabetes karena tanda - tandanya sulit dikenali.
  1. Berkurangnya masa otot atau terjadi penurunan berat badan
  2. Gangguan penglihatan
  3. Sering merasakan dehidrasi
  4. Kelelahan sepanjang waktu
  5. Gatal - gatal di kulit terutama pada bagian kaki
  6. Sering terserang penyakit infeksi seperti sariawan, gusi bengkak dan infeksi kandung kemih
  7. Proses penyembuhan luka sangat lambat
Jika menemukan salah satu dari gejala di atas, segeralah melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan diangnosa dan pengobatan dini.

Akibat Diabetes Tipe 2

Salah satu komplikasi diabetes melitus tipe 2 yang seringkali terjadi yaitu kerusakan pembuluh darah tungkai dan kaki.

Ketika kadar glukosa melebihi batas normal dalam jangka panjang, maka akan menimbulkan endapan di sepanjang pembuluh darah terutama di daerah kaki. Endapan tersebut lama kelamaan akan membuat penebalan pada dinding pembuluh darah dan berakibat pada terganggunya sirkulasi peredarah darah.

Kondisi ini jika berlangsung lama, maka dapat menyebabkan mati rasa. Bahkan, jika kaki terluka parah sekalipun penderitanya tidak akan merasakan sakit. Jika tidak segera diatasi, kaki yang terluka akan mudah kemasukan kuman dan pada akhirnya akan mengalami infeksi dan luka borok.

Selain itu, bahaya diabetes melitus tipe 2 dapat menimbulkan ragam komplikasi penyakit serius seperti gangguan sistem syaraf, jantung, hati, kebotakan, meningkatkan resiko terserang katarak dan sebagainya.

Baca : 9 komplikasi diabetes melitus

Tindakan Pengobatan

Diabetes tipe 2 dapat sembuh jika tingkat keparahan penyakit belum meluas.

Langkah pertama untuk mengetahui seberapa parah diabetes yang diderita oleh seseorang adalah dengan melakukan pemeriksaan tes darah di laboratorium.

Tujuan utama pengobatan diabetes tipe 2 adalah untuk meringankan gejala dan mengendalikan kadar gula darah agar terhindar dari bahaya komplikasi dengan cara pemberian obat - obatan penurun kadar gula atau dengan suntikan insulin jika pankreas tidak menghasilkan insulin dalam jumlah normal.

Selain itu, penderita diabetes akan diarahkan untuk merubah gaya hidup berkaitan dengan pola makan, diet rendah gula, menghentikan kebiasaan merokook dan mengkonsumsi minuman beralkoohol serta dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Apa Itu Diabetes Tipe 2 ? 7 Gejala 6 Penyebab dan Pengobatan

0 komentar: