Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


7+ Buah Untuk Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2 Paling Ampuh

Salah satu cara menurunkan kadar gula dalam darah secara alami yaitu dengan mengkonsumsi buah untuk diabetes melitus. Karena pada buah - buahan tersebut memiliki banyak kandungan senyawa antioksidan, vitamin C, serat, karbohidrat kompleks dan nutrisi penting lainnya.

Akan tetapi, tak semua buah dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Misalnya saja durian, nanas, nangka, sawo, kelengkeng, buah sirsak, pisang dan sebagainya adalah diantara buah yang mengandung glukosa tinggi. Sehingga, tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.


Lantas, buah apa yang baik untuk diabetes ?

Simak selengkapnya informasi di bawah ini :

1. Jeruk Bali

Dibandingkan dengan jeruk biasa, jeruk bali memiliki kandungan indeks glikemiks rendah sebar 25 per 120 gram. Jeruk bali sangat bermanfaat untuk membantu melepaskan gula dalam aliran darah dan berdampak pada penurunan kadar gula. Selain itu, mengkonsumsi jeruk bali memberikan manfaat untuk meningkatkan cadangan alkali di dalam darah, sehingga tingkat keasaman darah menjadi turun.

2. Apel

Senyawa pektin pada kulit buah apel memiliki khasiat untuk mengobati diabetes dengan cara membantu proses detoksifikasi tubuh dan mengurangi kebutuhan insulin dan merangsang organ pankreas untuk memproduksi insulin lebih banyak. Apel sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 1.

3. Alpukat

Bagi penderita kolesterol tinggi dan diabetes, mengkonsumsi buah alpukat dapat memberikan manfaat ganda yaitu mengurangi kolesterol pada dinding pembuluh darah dan meningkatkan hormon insulin dengan cara menghambat pengikatan glukosa menjadi lipoprotein low density atau kolesterol baik.

4. Stroberry

Buah ini memiliki kandungan tinggi akan serat, nutrisi dan senyawa antioksidan. Makan stroberry sebanyak 4 hingga 6 buah perhari dapat mengurangi resiko serangan jantung, stroke dan menurunkan resiko diabetes semakin memburuk.

5. Kiwi

Alasan kenapa buah kiwi baik untuk penderita diabetes diantaranya mengandung indeks glikemiks rendah, kandungan vitamin A dan C dapat membantu proses penyembuhan luka infeksi diabetes dan menyerap kadar gula di dalam aliran darah.

Baca : ciri ciri diabetes

6. Buah Tin

Senyawa pektin pada buah tin memiliki manfaat samahalnya dengan apel. Selain itu, buah tin memiliki kandungan tinggi akan kalium dan sodium bermanfaat untuk mencegah komplikasi diabetes dan hipertensi. Selain itu, buah tin memiliki senyawa bernama fenol, lemak baik omega 3 dan omega 6 membantu untuk mencegah resiko serangan jantung dan stroke akibat gula darah tinggi.

7. Buah Naga

Bagian buah naga yang memiliki manfaat luar biasa yaitu terletak pada bintik bintik hitamnya karena memiliki kandungan lebih tinggi akan magnesium, kalsium dan omega 3 daripada bagian daging buah.

Nutrisi ini memiliki  manfaat untuk menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah serta memperbaiki kerusakan sistem syaraf dan pembuluh darah akibat tingginya kadar glukosa.

Selain beberapa jenis buah untuk menurunkan diabetes di atas, diantara yang belum kami sebutkan yaitu buah persik, belimbing wuluh, markisa, melon, tomat, jambu biji merah dan lainnya juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes kering dan basah.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 7+ Buah Untuk Diabetes Melitus Tipe 1 dan 2 Paling Ampuh

0 komentar: