Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9+ Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat No 5 & 7 Paling Ampuh

Mengkonsumsi buah penurun kolesterol merupakan salah satu cara alternatif untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Hal ini dikarenakan sebagian besar  buah - buahan banyak mengandung serat, vitamin, antioksidan, mineral dan senyawa fitokimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan melancarkan sirkulasi peredaran darah.

Misalnya saja, salah satu senyawa fitokimia bernama prerostilbene pada buah blueberry memiliki khasiat untuk menstimulasi protein reseptor di inti sel untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah.


Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa jenis buah penurun kolesterol tinggi paling ampuh, diantaranya sebagai berikut:

1.Cokelat

Cokelat mengandung tinggi akan senyawa antioksidan dan flavonoid.

Akan tetapi, cokelat yang dimaksud bukan berasal dari kemasan. Karena cokelat tersebut mengandung kadar natrium tinggi. Jika dikonsumsi justeru akan menimbulkan masalah serius bagi kesehatan seperti meningkatkan tekanan darah tinggi.

Anda dapat menggunakan cokelat dalam bentuk serbuk asli dari biji coklat utuh. Buah coklat matang bewarna kuning bagian daging luarnya juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol.

2. Belimbing Wuluh

Buah ini seringkali dijadikan sebagai tambahan penyedap rasa asam pada suatu masakan.

Selain itu, belimbing wuluh dapat pula kita manfaatkan untuk membuat manisan dan sambal. 

Senyawa saponin dan flavonoid pada belimbing wuluh memiliki peran untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Cukup mengkonsumsi 2 buah belimbing wuluh dicampur dengan 2 sdm madu murni, anda akan terhindari dari resiko kolesterol tinggi.

3. Apel

Manfaat apel untuk menurunkan kolesterol tinggi sudah terbukti dikarenakan memiliki serat larut, antioksidan, pektin dan kaya akan vitamin C. Kandungan beberapa senyawa tersebut paling banyak pada bagian kulit buahnya. Jika anda mengkonsumsi apel, disarankan bersama kulitnya. 

4. Anggur

Peran senyawa flavonoid dan cathecin sangat berguna untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL dalam darah. Selain itu mengkonsumsi buah anggur dalam batasan normal sebanyak 6 hingga 10 butir perhari.

5. Mengkudu

Jika anda mencari buah penurun kolesterol paling ampuh, maka mengkudu merupakan salah satu solusi terbaik untuk anda konsumsi. Senyawa fitomikia bernama praxeronine dan Seopoletin memiliki peran aktif untuk menghancurkan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah sehingga aliran darah akan menjadi lancar. 

Minum 1 gelas jus mengkudu dalam seminggu 3 kali dapat menyembuhkan kolesterol dan mengurangi resiko serangan stroke dan jantung koroner.

Cara menurunkan kolesterol dengan mengkudu yaitu:
  1. Sediakan 1 buah mengkudu matang
  2. Cuci bersih dan potong kecil
  3. Blender halus tanpa air
  4. Seduh dengan 1 gelas air panas dan diamkan selama 25 menit
  5. Saring untuk mengambil sarinya
  6. Minum dengan menambahkan 1 sendok makan madu murni
  7. Konsumsi 1 gelas perhari dan 1 minggu 3 kali pemakaian

6. Alpukat

Banyak orang mengira bahwa alpukat tak baik untuk penderita kolesterol karena mengandung lemak. 

Buah alpukat memang mengandung banyak lemak akan tetapi lemak yang dimaksud adalah lemak tak jenuh. Lemak ini tidak akan menimbulkan peningkatan kolesterol LDL, justeru sebaliknya lemak tersebut akan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Selain itu, buah alpuka juga memiliki banyak kalori. Sangat cocok dikonsumsi bagi seseorang penderita penyakit jantung, stroke, kolestrol tinggi dan tekanan darah tinggi.

7. Blueberry

Buah penurun kolesterol tinggi selanjutnya adalah blueberry. Sejenis dengan anggur. Akan tetapi, khasiatnya lebih baik dari blueberry.

Komponen senyawa berypa pterostilbene pada buah blueberry dapat membantu untuk menstimulasi protein di dalam sel tubuh kita dengan peran untuk menyerap kolesterol jahat dan lemak di dalam darah.

Cara kerja buah ini samahalnya dengan obat - obatan dari jenis ciprofibrate dengan fungsi yang sama. Namun, obat - obatan tersebut dapat menimbulkan efek samping berupa nyeri otot dan mual. Lain halnya dengan blueberry tidak menimbulkan efek samping apapun.

8. Jambu Biji Merah

Khususnya penderita demam berdarah, buah jambu biji merah sangat baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan trombosit darah. Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidan pada buah jambu dapat melindungi jantung dari serangan radikal bebas dalam darah serta membantu meningkatkan kolesterol HDL. Anda dapata mengkonsumsinya sebanyak 300 gram perhari secara langsung ataupun dibuatkan jus. Namun, jangan tambahkan gula.

9.  Tomat

Peran tomat untuk penderita kolesterol berguna untuk melebarkan pembuluh darah dan membuatnya menjadi elastis serta dapat menignkatkan kolesterol baik. Anda dapat mengkonsumsi buah tomat secara langsung atau dibuat jus. Dapat pula ditambahkan pada masakan kesukaan anda seperti sayur sup.

Selain itu ada beberapa jenis buah penurun kolesterol yang belum kami jelaskan seperti pisang, pir, semangka. buah zaitun, buah delima, kiwi, jeruk nipis dan sebagainya. Cukup dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 porsi sekali makan, maka anda akan terhindari dari penyakit kolesterol tinggi dan penyakit degeneratif lainnya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9+ Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat No 5 & 7 Paling Ampuh

0 komentar: