Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


5 Nama Vitamin Untuk Kesehatan Jantung

Vitamin memegang peranan begitu penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita walaupun jumlahnya hanya kecil. Fungsinya dapat beraneka ragam tergantung dari jenis vitamin yang ada, mulai dari untuk menunjang proses pertumbuhan, menjaga kesehatan, senyawa antiosidan alami, pemeliharaan sel-sel tubuh, membantu sistem kekabalan tubuh agar berjalan optimal dan sebagainya.

Tak terkecuali bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantug.

Terutama bagi seorang penderita penyakit jantung, mengkonsumsi makanan mengandung dan minuman memiliki kandungan vitamin sangatlah dianjurkan agar organ tersebut tetap bekerja dengan baik. 

Agar jantung tetap dalam kondisi sehat, mengkonsumsi vitamin berikut ini perlu untuk mencegah penyakit jantung menyerang.

Diantara vitamin yang baik untuk kesehatan jantung yaitu :

1. Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin ini penting sakali dalam memainkan perannya sebagai pengatur proses metabolisme sel. Sumber vitamin B1 dapat dijumpai pada : beras ditumbuk, roti, serealia, biji bunga matahari, buah, dan sayuran hijau. Selain itu, sumber makanan yang mengandung tiamin berupa enzim dapat membantu proses metabolisme karbohidrat, otot, fungsi saraf dan kesehatan jantung.

2. Vitamin B3 (Niacin)

Manfaat luar biasa dari vitamin ini antara lain : membantu saluran pencernaan dalam proses penyerapan karbohidrat, meningkatkan daya ingat, menjaga fungsi normal otak, meringankan efek radang sendi, menjaga kondisi kulit, memperlancar aliran darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Sumber vitamin B3 ini dapat ditemukanan pada makanan antara lain : Buah advokad, telur, ikan tuna, kacang-kacangan, beras merah, gandum, keju dan kentang. Setidaknya dosis untuk orang dewasa membutuhkan minimal 15-20 gr niacin setiap harinya.

3. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Kekurangan vitamin B5 mengakibatkan insomnia, muntah-muntah, kulit yang tidak normal dan mengalami kontraksi otot. Fungsi penting dari vitamin ini untuk mengatasi gangguan pernafasan, mengurangi tingkat stress dan alergi, mengatasi rambut rontok, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengatasi gangguan pada jantung.

Asam pantotenat dapat ditemui pada makanan bersumber dari kacang tanah, kedelai, telur, ikan dan keju. Tanda-tanda kekurangan vitamin B5 dilihat dari mati rasa pada area kaki seperti kesemutan disertai nyeri, dan mengalami kondisi lemah yang terjadi di seluruh tubuh.

4. Vitamin B6

Fungsi vitamin B6 terutama untuk jantung adalah memperbaiki jaringan dan pertumbuhan dan membentuk sel darah merah dan memastikan fungsi normal saraf. Terdapat pada ikan, biji kenari, pisang, advokad, kentang, kedelai, kubis, kembang kol dan tomat.

5. Vitamin A

Seringkali kita mengetahui fungsi dari vitamin A adalah untuk kesehatan mata. Ternyata tak hanya itu, menjaga kesehatan gigi, kulit, rambut dan mencegah penyakit jantung. Hormon tiroid dihasilkan dari vitamin A berfungsi untuk mempertahankan struktur sel dalam saraf, memperbarui sel-sel  rusak Tentunya vitamin ini sangat baik untuk jantung. 

Sumber makanan yang terdapat vitamin A antara lain : pepaya, bayam, daun katuk, labu kuning, tomat dan wortel.

Jika anda ingin mengkonsumsi suplement untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter terkait atau ahli gizi. Karena, kita tidak tahu kandungan apa yang ada di dalam suplemen tersebut. Untuk menghindari senyawa kimia berbahaya masuk ke dalam tubuh.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 5 Nama Vitamin Untuk Kesehatan Jantung

0 komentar: