Gejala penyakit merupakan media informasi kesehatan No.1 di Indonesia yang memberikan informasi akurat tentang penyakit dan obatnya serta ragam tips kesehatan.


9 Tanda Tanda Kehamilan 1 Bulan Yang Pasti Setelah Berhubungan

Salah satu tanda tanda kehamilan dapat dikenali ketika seorang wanita tidak mengalami siklus menstruasi dalam 1 bulan pertama dan berikutnya setelah berhubungan serta merasakan mual di pagi hari.

Akan tetapi, terlambat menstruasi dan mual bukan hanya disebabkan oleh faktor kehamilan saja.

Karena ada banyak hal yang dapat mempengaruhinya seperti disebabkan oleh pola makan keseharian, meningkatkan hormon penyebab stress, masuk angin, kelelahan dan gangguan kesehatan organ reproduksi wanita.

Padahal, mengetahui tanda awal kehamilan sejak dini sangat penting sekali. Guna mempersiapkan segala hal bagi calon ibu dan perkembangan janin di rahim, seperti menjaga kondisi kesehatan ibu, menjalani pantangan semasa hamil, mengkonsumsi makanan bergizi, tidak berhubungan terlalu emosional dan lainnya serta bertujuan untuk menghindari keguguran ketika hamil muda.

Jika anda baru saja merasakan momen kehamilan pertama, ada beberapa ciri ciri kehamilan 1 minggu pertama yang dapat anda ketahui.

Simak uraiannya di bawah ini.

9 Tanda Tanda Kehamilan 1 Bulan

1. Merasakan Mual di Pagi Hari

Pada umumnya, ciri ciri hamil muda ditandai dengan rasa mual dan muntah muntah diwaktu pagi hari setelah bangun tidur hingga menjelang siang hari. Gejala ini juga seringkali disebut morning sickness.

Mual dan muntah biasanya akan dirasakan jika telah memasuki usia kehamilan antara 5 hinga 6 minggu pertama dan akan hilang setelah memasuki usia kehamilan 12 hingga 16 minggu.

Si ibu merasakan mual dikarenakan produksi asam lambung meningkat. Untuk mengatasi rasa mual dan muntah ketika hamil, konsumsilah permen jahe atau mint bertujuan untuk meringankan gejala.

2. Terlalu Sering Buang Air Kecil

Memasuki usia kemahamilan trimester pertama, wanita hamil muda lebih sering mengalami buang air kecil terutama di waktu malam hari. Hal ini disebabkan karena ukuran rahim pada wanita hamil akan melebar untuk mempersiapkan janin, sehingga akan menekan kantong kemih.

3. Perubahan Bentuk Payudara

Tanda tanda kehamilan 1 bulan yang pasti dapat dilihat dari adanya perubahan bentuk payudara dimulai usia kehamilan trimester pertama di 1 minggu pertama. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon.

Perubahan hormon tersebut dapat membuat perubahan bentuk payudara wanita, terasa lebih berisi, padat, kencang dan sensitif terhadap sentuhan.

Selain itu, tanda tanda hamil muda pada payudara yaitu puting susu akan tampak lebih menonjol keluar dan berwarna lebih gelap dari biasanya. Hal ini terjadi karena kelenjar susu mulai terbentuk untuk mempersiapkan produksi ASI ketika kelahiran sang bayi.

4. Terlambat Haid

Dikarenakan sel telur sudah dibuahi, siklus menstruasi pun tidak akan terjadi dan ovarium pun tidak akan memproduksi sel telur selama masa kehamilan. Jika seorang wanita cermat dalam menghitung siklus haidnya, tanda ini bisa menjadi pedoman bahwa seorang wanita sudah memasuki masa kehamilan.

5. Mudah Kelelahan

Tanda hamil 1 minggu pertama juga dapat dilihat ketika wanita menjadi lebih sering merasa letih dan lelah. Jika Anda biasanya tetap bugar dan kuat ketika melakukan aktifitas sehari hari, ketika memasuki masa kehamilan, maka akan banyak perubahan.

Kondisi ini merupakan proses alamiah karena wanita hamil akan memproduksi hormon progesteron yang dapat mempengaruhi perubahan ritme detak jantung, produksi darah dan sistem metabolisme tubuh.

Solusinya, penuhi kebutuhan nutrisi seperti perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran

6. Sensitif Terhadap Bau

Rasa mual disebabkan karena meningkatnya indra penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya. Bau - bauan itu biasanya dapat berasal dari minyak wangi dan aroma berbau menyengat seperti bawang, asap rokok atau polusi kendaraan, telur dan sebagainya.

7. Mengalami Sembelit

Susah buang air besar atau sembelit diakibatkan adanya peningkatan hormon progesterone. Hormon ini dapat mempengaruhi otot didinding usus, sehingga dapat menimbulkan gangguan penyerapan nutrisi. Untuk mengatasi hal ini, konsumsi makanan tinggi serat berasal dari buah - buahan dan sayuran.

8. Munculnya Bercak Darah

Jika sel telur sudah dibuahi oleh sel sperma, tanda tandanya dapat dikenali yaitu munculnya bercak darah dengan jumlahnya tak banyak. Kondisi ini sering membuat keliru bagi wanita hamil muda, karena disangka darah haid, padahal bukan.

9. Merasakan Kram Perut

Tanda tanda hamil muda pada perut yaitu merasakan kram di bagian perut seperti sedang mengalami siklus menstruasi. Untuk mengatasi kondisi ini, anda dapat meredakan rasa sakit dengan mengompres handuk hangat di bagian perut.

Nah, itulah tanda tanda jika anda telah memasuki masa kehamilan 1 bulan. Selanjutnya adalah, jagalah usia kehamilan agar pada masa proses persalinan bayi terlahir sehat.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Tanda Tanda Kehamilan 1 Bulan Yang Pasti Setelah Berhubungan

0 komentar: