Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


11 Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung

Bagi seorang penderita jantung koroner, jantung bengkak, jantung rematik, gagal jantung dan jenis penyakit jantung lainnya, haruslah mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi.

Ada banyak sekali jenis makanan tersebut yang dapat menjaga kesehatan jantung. Akan tetapi, semua makanan itu harus memenuhi beberapa syarat. Diantaranya, memiliki kandungan omega 3, antioksidan, rendah kolesterol dan garam, banyak kandungan serat, terdapat vitamin B kompleks dan sebagainya.


Adapun beberapa jenis makanan untuk penderita penyakit jantung antara lain :

1. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan kolesterol baik cukup tinggi diatara jenis buah lainnya. Bagi penderita jantung, mengkonsumsi jus alpukat atau dimakan secara utuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

2. Kedelai

Melalui sebuah penelitian, air sari kedelai terbukti untuk menurunkan kolesterol sebesar 8 hingga 10% dalam darah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi penderita jantung koroner. Untuk menjaga dan menyembuhkan penyakit jantung, minum sari kedelai asli bukan dalam kemasan sebanyak 1 cangkir 1 hari 2 kali setelah makan.

3. Bawang Putih

Menambahkan 3 hingga 5 siung bawang putih ke dalam masakan dapat bermanfaat untuk menurunkan jumlah kolesterol total trigliserida dalm darah. Namun, pastikan menu masakan tidak mengandung kadar kolesterol tinggi.

4. Tomat

Buah tomat dapat anda gunakan sebagai jus buah untuk sembuhkan jantung dari penyakit karena dapat membantu melebarkan dan menjaga elastisitas serta meluruhkan kolesterol di dinding pembuluh darah. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau menambahkannya ke dalam masakan. Pastikan buah tomat yang anda konsumsi dalam kondisi segar dan tanpa kandungan pestisida.

5. Sayuran Hijau

Beberapa jenis sayuran untuk penderita jantung yaitu harus terdapat kandungan vitamin B kompleks dan niacin. Keduanya dapat membantu mencegah serangan stroke dan jantung koroner. Diantaranya, bayam, sawi, brokoli, kubis dan sebagainya.

6. Minyak Zaitun

Jika anda menyukai makanan digoreng, pastikan menggunakan minyak dengan kandungan rendah kolesterol dan tinggi omega 3. Pilihan terbaiknya yaitu gunakan minyak zaitun. Anda dapat menggunakannya untuk menggoreng, menumis atau dikonsumsi langsung 2 sendok makan setiap hari.

7. Oatmeal

Makanan untuk penderita jantung selanjutnya yaitu oatmeal karena memiliki banyak kandungan serat dan asam folat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda. Anda dapat menemukan oatmeal dalam bentuk kemasan dan pastikan sudah mendapatkan izin resmi.

8. Strawberry dan Anggur

Kedua jenis buah ini memiliki kandungan senyawa pektin paling banyak jika dibandingan dengan buah lainnya. Fungsi senyawa pektin tersebut adalah dapat menurukan kadar LDL dalam darah dan menormalkan tekanan darah tinggi. Sangat dianjurkan 1/2 jam setelah makan besar untuk mengkonsumsi strawberry dan anggur.

9. Ikan Laut

Sangatlah dianjurkan bagi penderita jantung harus makan ikan tiap hari dibandingkan dengan hewan ternak karena pada umumnya ikan laut memiliki kandungan tinggi omega 3. Namun, tak semua jenis ikan dapat anda konsumsi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi ikkan salmon, tuna, kembung, krisi, tenggiri, ikan herring, mackareal dan sebagaiya.

10 Buah Apel

Apel dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan mengangkat kolesterol jahat yang menempel di dinding pembuluh darah. Khususnya penderita penyaki jantung, sangat disarankan mengkonsumsi buah apel setiap harinya sebanyak 1 buah. Anda dapat membuatnya dalam bentuk jus tanpa campuran gula.

11. Kacang - Kacangan

Hasil penelitian membuktikan, jika seseorang sering mengkonsumsi kacang - kacangan seperti kacang kenari, almond, hazelnuts, pinus dan lainnya maka akan menurunkan 27% resiko terserang penyakit jantung. Gunakan minyak zaitun untuk menggoreng guna menghindari lemak trans. Konsumsi dalam batasan wajar sebanyak 50 gram perhari.

Beberapa jenis menu makanan sehat untuk penderita jantung di atas sangat baik untuk dikonsumsi guna mencegah resiko serangan jantung mendadak dan stroke. Akan tetapi, anda harus benar dalam mengolahnya.

Misalnya saja, ikan salmon sangat baik dikonsumsi. Namun, jika anda mengolahnya dengan cara digoreng dengan minyak tinggi kolesterol maka manfaat baik tersebut akan hilang karena ikan salmon digoreng telah mengandung lemak trans.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 11 Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung

0 komentar: