Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


√ Macam Macam Penyakit Jantung dan Ciri Cirinya

Selama ini sebagian besar orang mengira bahwa penyakit jantung hanya terdiri dari jantung krononer saja. Padahal dalam dunia kedokteran, macam macam penyakit jantung ada banyak sekali jenisnya.

Atau diantara kita selama ini pernah mendengar beberapa jenis penyakit jantung seperti gagal jantung, jantung rematik, jantung lemah dan sebagainya.

Akan tetapi kita tidak tahu pasti apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Apakah sama saja ?

Dari beberapa jenis penyakit jantung tersebut, berbeda pula gejala, penyebab dan cara mengobatinya. Sehingga, ketika telah diketahui jenisnya, maka upaya pencegahan akibat penyakit jantung dapat diminimalisir sejak dini.


Simak informasi selengkapnya di bawah ini :

1. Heart Failure

Gagal jantung terjadi dikarenakan aktivitas jantung untuk memompa darah tidak berjalan secara normal. Sehingga mengakibatkan suplai darah keseluruh tubuh tidak terpenuhi. Kondisi ini akan berdampak pada kematian fungsi organ lainnya dalam hitungan detik terutama otak.

Penyakit gagal jantung memiliki banyak jenisnya. Diantaranya yaitu :
  1. Gagal jantung diastolik yaitu ketidakmampuan otot jantung untuk mengembalikan darah dari organ tubuh kembali lagi ke jantung
  2. Gagal jantung sistolik yaitu suatu kondisi ketika otot jantung tidak dapat berkontraksi secara benar yang mengakibatkan jantung tidak dapat memompa darah dengan normal.
  3. Gagal jantung sebelah kiri yaitu bagian ventrikel kiri tidak berfungsi untuk memompa darah. Sehingga, beberapa organ tubuh tidak mendapatkan suplai darah berisi oksigen dalam jumlah cukup
  4. Gagal jantung sebelah kanan yaitu suatu kondisi ketika ventrikel kanan jantung fungsinya terganggu. Akibatnya, paru - paru tidak mendapatkan suplai oksigen dalam jumlah cukup
Pada umumnya penyebab gagal jantung dipengaruhi oleh faktor penyakit darah tinggi atau hipertensi dan diabetes. Akan tetapi, faktor resiko lainnya turut mempengaruhi gagal jantung diantaranya karena cacat jantung bawaan sejak lahir, anemia berat, radang selaput jantung dan kerusakan katup jantung.

Ciri ciri gagal jantung dapat diamati secara fisik yaitu :
  • Kelelahan sepanjang waktu tanpa sebab
  • Sering mengalami sesak nafas terutama setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat
  • Pembengkakan pergelangan kaki

2. Aritmia Jantung

Artimia adalah suatu kondisi ketika irama dan denyut jantung tidak normal seperti biasanya, terlalu cepat, terlalu lemah dan tidak teratur disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah jantung dan kurangnya kalsium.

Penyakit aritmia jantung akan menyerang impuls listrik pada jantung. Sehingga denyut jantung akan terganggu dan tak beraturan.

Aritmia dapat terjadi tanpa adanya gejala apapun. Beberapa gejala yang dapat muncul karena penyakit aritmia jantung, seperti:

Ciri ciri artimia jantung :
  • Denyut jantung cepat atau lambat
  • Merasakan pusing disertai sesak nafas
  • Nyeri dada sebelah kiri
  • Jantung berdebar seperti orang nerves
Sedangkan penyebab aritmia jantung dapat ditenggarai oleh komplikasi penyakit diabetes, stres berkepanjangan, seorang perookok dan pengguna narkooba, gangguan kelenjar tiroid, terpapar polusi udara seperti asap kendaraan terlalu sering dan gangguan tidur sleep apnea.

3. Jantung Koroner

Jantung koroner adalah penyakit jantung disebabkan oleh tersumbatnya dinding pembuluh darah utama pada otot jantung karena adanya timbunan lemak atau kolesterol. Sehingga, aliran darah menuju ke jantung menjadi terhambat dan jantung tidak mendapatkan suplai oksigen dalam jumlah cukup.

Faktor utama penyebabnya adalah merookok, darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol tinggi.

Akan tetapi, jika seseorang dengan berat tubuh tidak ideal (obesitas) dan penderita diabetes, maka resiko terserang jantung koroner akan semakin tinggi.

Beberapa gejala penyakit jantung koroner yang dapat kita kenali :
  • Perasaan cemas berkepanjangan
  • Nyeri dada seperti tertimpa benda berat dan menjalar ke leher, bahu dan lengan 
  • Sakit kepala tanpa penyebab pasti
  • Keluar keringat walaupun tanpa melakukan aktivitas
  • Nafsu makan menurun
  • Sesak nafas terutama setelah beraktivitas

4. Perikarditis

Perikarditis adalah gangguan kesehatan jantung ditandai dengan peradangan kantung disekitar otot jantung disebabkan oleh infeksi virus. Kondisi ini akan menimbulkan penebalan dan penimbunan cairan pada jantung.

Perikaditis letaknya berada diluar permukan jantung berfungsi untuk melindungi katup, otot dan pembuluh darah di dalam jantung terhadap infeksi dan aliran darah yang masuk ke jantung dalam jumlah besar.

Penyebab perikarditis dapat dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya :
  • Infeksi virus flu sejenis flu burung
  • Cendera otot jantung
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh
  • Kanker mesothelioma
Ciri ciri seseorang menderita perikarditis yaitu merasakan nyeri dada secara tiba - tiba seperti tertusuk disertai batuk kering, sesak nafas dan demam ringan dan pembengkakan disekitar perut.

5. Jantung Rematik

Penyakit jantung rematik adalah gangguan jantung disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang katup jantung.

Bakteri tersebut pada umumnya bersumber dari gigi dan tenggorokan bernama bakteri streptokokus tipe A atau bakteri streptococcus pyogenes.

Bakteri ini pada mulanya menginfeksi tenggorokan dan berkembang biak. Namun ia dapat masuk ke dalam aliran peredaran darah menuju ke jantung dan menyerang katup jantung. Akibat infeksi bakteri ini dapat menimbulkan pembengkakan dan menimbulkan jaringan parut pada katup jantung.

Penyebab utama jantung rematik yaitu karena faktor gizi buruk, genetik dan gangguan sistem kekebalan tubuh. Penderitanya akan mengalami beberapa gejala berikut ini :
  • Kelalahan sepanjang waktu
  • Nafas pendek
  • Sakit kepala disertai nyeri dada

6. Jantung Bocor

Faktor utama penyebab jantung bocor yaitu ketidaksempurnaan tumbuh kembang organ jantung selama masa kehamilan dalam rahim si Ibu. Sehingga, ketika lahir perkembangan sel - sel di dalam organ jantung di tumbuh secara normal mengakibatkan cacat jantung bawaan.

Kelainan jantung bawaan ini dapat menimbulkan lubang pada sekat - sekat serambi bilik jantung. Sehingga, darah pada masing - masing sekat akan tercampur menjadi satu. Akibatnya, fungsi jantung akan terganggu.

Selain itu, penyebab jantung bocor dapat dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya :
  • Kekurangan gizi selama kehamilan
  • Seorang ibu penderita diabetes
  • Seorang ibu pengguna narkooba, perookok dan mengkonsumsi alkohool
  • Terinfeksi virus rubella
  • Hamil di usia 40 tahun ke atas
Penderitanya akan mersakan sesak nafas, permukaan kuku terlihat cembung, kesulitan menaikkan berat badan dan sering pingsan.

Bagi siapa saja yang menderita penyakit jantung, kenali lebih spesifik gejala penyakit jantung yang dialami dengan berkonsultasi pada dokter khusus spesialis jantung untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Mengontrol kembali pola hidup sehat (mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, bila perlu minum suplemen jantung yang terbuat dari bahan herbal yang sudah terbukti klinis).

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : √ Macam Macam Penyakit Jantung dan Ciri Cirinya

0 komentar: