Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Berapa Batas Kolesterol Normal ? Cek Disini Segera !

Untuk mengetahui seseorang memiliki kolesterol tinggi atau tidaknya yaitu dengan memperhatikan gejala fisik pada tubuhnya seperti sering merasakan sakit kepala disertai pegal - pegal terutama di bagian bagu, telingan berdengung, pandangan kabur dan sebagainya.

Namun, beberapa ciri ciri tersebut tak cukup bukti untuk memvonis seseorang mengidap penyakit kolesterol tinggi. Karena gejala penyakit lainnya juga memberikan reaksi yang serupa, misalnya saja tekanan darah tinggi.

Satu satunya cara paling akurat untuk mengetahui tingkatan normal atau tidaknya kolesterol di dalam tubuh kita yaitu dengan melakukan tes darah di laboratorium.

Kapan Saya Harus Melakukan Pemeriksaan ?

Ketika kita sudah berusia di atas 20 tahun, maka sangat dianjurkan untuk mengecek kadar kolesterol dalam darah paling lambat setiap 6 bulan sekali. Pengecekan ini bertujuan untuk menghindari resiko penyakit degeneratif seperti jantung koroner, stroke, hipertensi dan sebagainya sejak dini.


Sebelum dilakukan pengecekan, dokter mewajibkan anda untuk berpuasa selama 10 jam. Kemudian, sampel darah akan di ambil dari tubuh. Biasanya, pengecekan akan dilakukan dengan 2 tahapan yaitu berpuasa selama 10 jam dan setelah makan.

Hal ini sangat diperlukan untuk membuat perbandingan, apakah ada perbedaan tingkat kolesterol  selama berpuasa dan setelah makan.

Kolesterol Normal Pria dan Wanita

Kolesterol akan diukur berdasarkan satuan miligram per desiliter dalam darah (mg/dL), setidaknya ada 4 komponen yang akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium rumah sakit atau puskesmas. Diantaranya yaitu kadar LDL, HDL, triglisserida dan jumlah kolesterol total secara keseluruhan.

Anda juga dapat mengecek kadar kolesterol sendiri di rumah dengan bantuan alat easy touch 3 in 1. Namun, hasilnya tak selengkap pemeriksaan di rumah sakit karena hanya menghitung jumlah kolesterol total saja.

Jika anda bingung dari hasil pemeriksaan tersebut karena datanya berupa angka - angka, coba perhatikan gambar kolesterol normal pada orang dewasa pria dan wanita menurut depkes di bawah ini.


Tabel di atas dapat anda jadikan acuan resmi untuk mengukur kadar kolesterol normal wanita dan pria untuk orang diwasa di atas 20 tahun.

Baca : Apa itu HDL dan LDL?

Jika anda belum mengetahui arti dari LDL, HDL dan triliserida, kami sarankan untuk membaca tautan tersebut.

Jika hasil pemeriksaan ternyata normal, maka anda paut bersyukur dan harus dipertahankan dengan cara cek rutin minimal 6 bulan sekali jangan sampai melebih ambang batas normal.

Jika melewati batas normal, maka kondisi tersebut dapat membahayakan kesehatan anda dikemudian hari. Karena penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah dapat menigkatkan resiko serangan jantung koroner dan stroke.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Berapa Batas Kolesterol Normal ? Cek Disini Segera !

0 komentar: